Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Luna Maya Luncurkan Koleksi Batik Luna Habit Jelang Hari Batik Nasional

Hal ini dilakukan Luna sebagai bentuk penghormatan terhadap budaya Indonesia.

Luna Maya Luncurkan Koleksi Batik Luna Habit Jelang Hari Batik Nasional
Courtesy of Instagram @lunamaya

Dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2021, Luna Maya merilis 12 koleksi batik yang terdiri dari atasan, bawahan dan juga setelan batik bertajuk Saujana Pesisir yang mengangkat tema Melancong ke Pesisir Jawa Barat di bawah naungan Luna Habit, brand fashion yang didirikan oleh Luna Maya pada tahun 2015 silam. 

Sembari mengenakan katalog dari Saujana Pesisir, wanita kelahiran Bali ini menjelaskan inspirasi di balik peluncuran koleksi batik tersebut. Menurutnya, hal ini bermula dari keinginannya untuk memberi penghormatan kepada warisan budaya Indonesia hingga Luna akhirnya mendapatkan ide untuk berkontribusi terhadap warisan budaya tanah air.

“Kita tahu kalau memang Batik ini merupakan heritage dari Indonesia itu sendiri dan ini merupakan motif yang sudah ada sejak lama dan sampai sekarang masih menjadi budaya di Indonesia. Inspirasinya lebih kepada ‘kenapa tidak kalau kita juga memberikan sesuatu kepada budaya kita juga?’. Saya pikir ini saatnya kita berkomitmen juga untuk budaya kita dan supaya kita bisa mengingatkan kepada yang lainnya bahwa batik ini merupakan peninggalan budaya yang luar biasa sekali dan batik juga bisa modern, urban dan juga edgy. Menepis anggapan kalau batik itu kaku dan old school, jadi batik ini nantinya akan mengikuti tren, namun tetap dengan unsur kearifan lokal.” Tutur sang aktris. 

Courtesy of Luna Habit
Courtesy of Luna Habit

Batik ini juga memiliki DNA khas Luna Habit yang selalu menampilkan pakaian kasual dan santai. Karena Luna Maya ingin membuat brand ini sebagai sesuatu yang bisa menjadi bagian dari keseharian serta membuat para pemula tertarik untuk menggunakan batik. Untuk pemilihan motif batik, sang pencetus brand mengaku memilih batik ringan agar bisa menyesuaikannya dengan kesan kasual yang ingin ditampilkan dan juga dapat dengan mudah dipadu padankan, oleh sebab itu, batik yang dipilih merupakan batik Sunda yang cenderung berwarna netral dengan motif floral seperti bunga lokcan dan juga motif kepang.

Courtesy of Luna Habit
Courtesy of Luna Habit

Merilis koleksi pada saat pandemi tentu bukan hal mudah, Luna Maya mengaku ia optimis dan ia juga membagikan apa saja tantangannya pada masa sulit ini. Menurutnya, dalam bisnis pasti ada jatuh-bangun, namun harus tetap maju. 

“Optimis pasti optimis. Ups and downs pasti ada di semua bisnis, ya. Terutama pada sektor ritel dan fashion yang pasti mengalami penurunan. Tapi itu bukan berarti kita harus berhenti. Bukan berarti kita harus merasa ‘oh sekarang lagi lesu, pandemi, ya sudah.’ Kita harus tetap maju, life goes on. Harus tetap optimis, dan semua usaha juga harus kita lakukan, baik itu dari marketing, desain hingga harga juga kita pikirkan, supaya bisa bagus secara hasil dari penjualan dan lainnya. Karena kalau pandemi atau tidak, harus tetap mengeluarkan koleksi. Jadi saya pikir harus maju terus.”  Ucap Luna. 

Selain merilis koleksi batik, Luna Maya juga akan ikut mengenakan batik sebagai bentuk perayaan Hari Batik Nasional agar bisa menggairahkan kembali antusiasme orang-orang terhadap batik karena batik akan selalu menjadi bagian dari tanah air kita. 

Koleksi batik dari Saujana Pesisir ini juga dimulai dengan harga terjangkau, yakni mulai dari 200.000 rupiah.

“Saya tidak memasang terlalu mahal, karena memang tidak sampai 250.000 rupiah. Tapi karena kita ingin semua teman-teman bisa mendapatkan koleksi ini, kita ada promo sampai tanggal 3 Oktober menjadi Rp. 199,000.” Jelas founder dari Luna Habit ini. 

Anda bisa mendapatkan koleksinya pada website Luna Habit atau marketplace Luna Habit di Tokopedia atau Shopee. 


Baca juga : 

Kolaborasi Axton Salim & JKT Creative dengan One Fine Sky yang Hadirkan Koleksi Batik Edisi Terbatas

Raline Shah Hadiri Pembukaan Academy Museum di LA dengan Gaun Serba Putih

(Penulis : Jeslin L. Tang, Foto : Courtesy of Instagram @lunamaya, Luna Habit, Video : Courtesy of Instagram @lunahabit)