Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Tips Menyiapkan Pernikahan dengan Konsep Vintage

Sebab vintage dan inspirasi vintage adalah dua hal yang sangat berbeda.

Tips Menyiapkan Pernikahan dengan Konsep Vintage

Memadukan elemen vintage pada upacara pernikahan Anda tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga sentimental. Mungkin perabot keramik milik keluarga atau pakaian dari rumah mode yang sudah lama Anda kagumi, terkadang terasa lebih istimewa untuk menyertakan benda-benda masa lalu yang kayak akan sejarah, dibandingkan selalu menghadirkan sesuatu yang baru. Terlebih dengan menyertakan sesuatu yang vintage, desain, pakaian, dan dekorasi Anda dipastikan berbeda dari yang lain serta tidak mudah ditiru.

Penting untuk dicatat bahwa unsur vintage yang otentik, benar-benar disimpan dan digunakan sesuai kebutuhan sangat berbeda dari sesuatu yang terinspirasi dari vintage, beberapa benda yang diperlakukan seolah-olah sebagai warisan keluarga, tetapi tidak jauh berbeda dengan membeli baru. Pilihan terakhir, meski memiliki patina yang sama dengan vintage sesungguhnya – dan mungkin lebih efektif dari segi biaya – tidak jauh berbeda dengan membeli sesuatu yang baru. Inspirasi vintage memang tampak cantik dan sesuai dengan tema pernikahan Anda, tetapi jangan tertipu – tidak ada yang ramah lingkungan maupun dapat digunakan kembali dari hal tersebut.

Saran dari kami? Luangkan waktu untuk mencari sumber dari vintage sesungguhnya, mungkin sedikit lebih menantang ketika mengumpulkan berbagai peralatan rumah tangga, gelas, atau objek yang Anda butuhkan tetapi dampak yang dirasakan tidak akan sia-sia melihat potensi dapat dijual kembali. Carilah pakar untuk mengetahui apakah busana, perhiasan, kain meja, dan dekorasi yang Anda cari adalah benda yang otentik sebelum Anda membeli dengan harga yang mahal – penjual benda-benda kuno akan memiliki surat-surat yang diperlukan (dan beberapa cerita menarik) untuk benda rancangan desainer atau perhiasan berharga, serta dapat mendiskusikan asal dan detail dari benda yang mereka jual.

Dimulai dari gaun…

Mencari gaun vintage adalah langkah awal untuk menyatukan berbagai benda-benda lama ke dalam pernikahan Anda. Gaun-gaun lama tidak hanya bagian dari catatan sejarah fashion, tetapi – jika berasal dari sumber terpercaya – akan menjadi mahakarya yang jauh lebih berharga dari gaun yang diproduksi di pabrik serta awet dalam waktu yang lama.

Pilih penjual yang paham tentang garmen yang mereka jual dan dapat menyebutkan kerusakan yang ada di gaun tersebut. Mereka juga dapat menjadi sumber terpercaya berkaitan dengan penjahit untuk beberapa perbaikan dan perawatan gaun tersebut sehingga Anda dapat menyimpannya setelah pernikahan. BAZAAR Bride yang khusus memahami pernikahan vintage, Happy Isles, menguasai berbagai arsip desain dan gaun vintage bagi mempelai perempuan, tamu, serta pecinta fashion – dan pemilik Lily Kaizer juga memiliki mata yang tajam untuk aksesori vintage terbaik untuk menata penampilan Anda dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Pilihlah tempat-tempat bersejarah

Memilih tempat bersejarah – baik di kawasan setempat atau di dunia – menjamin pernikahan Anda akan kaya dengan sejarah. Sebelum melakukan reservasi, kenali tempatnya, cerita di baliknya, dan penghuni yang menempat lokasi tersebut sehingga menginspirasi elemen, motif, tema, dan banyak lagi.

Terus mencari inspirasi dari lokasi selama menentukan tampilan dan nuansa dari resepsi Anda serta memanfaatkan perabotan antik, pemandangan, dan arsitektur ketika mempersiapkan upacara itu sendiri. Ketika memilih gaun, pertimbangkan juga lokasinya, masa ketika lokasi tersebut dibangun, dan bagaimana busana Anda akan terlihat di dalam tempat ini.

Gunakan peralatan dengan lebih ramah lingkungan

Menggunakan kertas lama serta dapat didaur ulang adalah cara berpikir yang baik untuk membuat sebuah warisan yang dari salah satu elemen yang cenderung sesaat dalam sebuah pernikahan. Ketika menggunakan kertas daur ulang dapat dilakukan, undangan-undangan tersebut mungkin tidak akan tahan alam di tangan setiap tamu.

Carilah undangan yang tahan lama – dan sesuatu yang dapat menjadi warisan selain dibingkai, dikumpulkan, atau dimasukkan ke dalam sebuah album. Kini, sebuah undangan dari Cheree Berry Paper terbuat dari kertas benih sehingga para tamu undangan dapat menanamkan kembali ke dalam tanah, dan melihat benih tersebut tumbuh menjadi sesuatu yang dapat mereka nikmati di masa depan. Ambil langkah lebih jauh, dengan benar dan cap yang terinspirasi dari vintage.

Ketika menikmati minuman bersama

Tidak ada yang lebih cantik, tajam, dan seksi dibandingkan jam untuk menikmati minuman favorit Anda – dengan pilihan minum yang dibuat khusus untuk setiap tamu oleh para pelayan menggunakan troil bar antik. Memiliki berbagai jenis troli (setiap troli yang menggambarkan nuansa yang berbeda) ditempatkan selama upacara, dan jangan terlalu memikirkan penampilan mereka dengan seragam; keindahan dari vintage adalah tidak ada dua benda yang benar-benar identik.

Pernikahan sederhana dan intim di rumah atau halaman belakang membuat layanan minuman dapat diakses dengan lebih mudah dan para tamu akan menghargai perhatian Anda dengan detail acara, tetapi juga pilihan minuman serta pengalaman masing-masing.

Ambil langkah lebih jauh dan sajikan koktail klasik, seperti martini. Dengan membeli troli favorit Anda untuk rumah baru bersama pasangan, akan menjadi warisan bagi generasi mendatang. Percayalah: Anda akan mengingat pernikahan Anda setiap kali berkreasi dengan minuman di rumah.

Semua terletak pada detail

Dalam mencoba gaun Anda serta menyesuaikan dengan tubuh Anda, masukkan detail yang memiliki sejarah dalam teknik perancangannya dan cari inspirasi dari dekade favorit Anda. Dalam hal ini adalah gaun Oscar de la Renta dengan multitiered bustle dari Happy Isles.

Semua tentang perhiasan

Koleksi perhiasan yang vintage, antik, dan mewah adalah impian setiap kolektor fashion ketika memasukkan unsur nostalgia dalam aksesori pernikahan Anda. Cari ahli perhiasan yang dapat dipercaya untuk mencari batu vintage terbaik (kualitas terbaik selalu disertai dengan sertifikat) dan meminta mereka berikan sentuhan yang lebih modern atau tetap bertahan dengan keantikkannya. Anda mungkin harus membayar harga yang lebih mahal tetapi satu yang pasti adalah, apa yang dibayarkan adalah perhiasan langka yang memiliki catatan sejarah.

Baik warisan keluarga atau perhiasan yang baru Anda beli dari Stephen Russell atau Doyle&Doyle, cari perhiasan dengan sentuhan vintage – baik Old Mine, Old European, Victorian, Deco, Georgian, dan lainnya – adalah cara terbaik untuk menggunakan sesuatu yang tua di hari pernikahan.

Cari inspirasi dari para ikon

Jadikan ikon fashion di dekade-dekade lampau sebagai inspirasi dan perhatikan apa yang mereka kenakan ketika berjalan menuju altar. Pilih dari gaun pernikahan terbaik – seperti Diana Ross, Marilyn Monroe, Audrey Hepburn, Bianca Jagger, Elizabeth Taylor, Priscilla Presley, dan banyak lagi untuk menata busana pernikahan Anda.

Baik terinspirasi dari kerundung Diana yang didominsi dengan renda atau memilih topi seperti Bianca akan memberikan banyak inspirasi dalam fashion vintage Anda yang tidak kalah ikonis.

Perhatikan penerangan ruangan

Terangi ruangan dengan rangkaian lampu antik, serta lilin zaman dahulu untuk nuansa yang tidak hanya romantis tetapi juga tidak lekang oleh waktu dan memperlihatkan kemewahan pesta kerajaan sepanjang sejarah. Lalu, percayalah bahwa tidak ada yang lebih cantik dibandingkan menerangi pesta dengan lilin.

Gunakan cap vintage

Jika Anda memilih undangan dengan desain orisinil, rekatkan amplop Anda dengan cap yang unik dan antik sesuai dengan tema, warna, dan motif dari pernikahan Anda.

Temukan dekorasi meja dan kursi

Pilih objek vintage seperti suvenir, kain meja, dan cara untuk membantu para tamu temukan kursi mereka. Ini adalah sebuah cangkir antik lengkap dengan dekorasi yang membantu para tamu untuk duduk di kursi yang ditentukan dalam sebuah pesta makan malam ala Inggris di Kota New York.

Tidak lupa champagne toast

Meski vintage berarti sesuatu yang bernilai sejarah, tidak berarti sesuatu yang dapat Anda simpan selama bertahun-tahun setelah memilih untuk menikmatinya, Sampanye umumnya dibuat dari serangkaian anggur yang dipanen setelah bertahun-tahun, khususnya di Champagne, Prancis. Namun, dalam tahun yang baik, sebuah rumah akan mengabaikan unsur vintage dan membagikan minuman tersebut untuk merayakan kebahagiaan.

Jika Anda memilih untuk menjalani upacara pernikahan serba vintage, kenapa tidak lakukan ketika Anda melakukan champagne toast? Rayakan tahun yang istimewa dalam sejarah keluarga Anda dengan memilih minuman yang memiliki nilai sejarah untuk pernikahan Anda, baik untuk dinikmati berdua atau dibagikan dengan tamu undangan.

Gunakan keramik warisan keluarga

Gabungkan peralatan makan yang baru dan lama (atau seluruhnya lama) ketika memilih menu makanan yang akan disajikan dalam pernikahan Anda. Padukan motif, warna, dan tekstur pada setiap penataan serta memilih peralatan makan vintage sehingga para tamu memiliki pengalaman berbeda ketika menyantap makanan. Lengkapi dengan linen vintage untuk penampilan yang total.

Rencanakan bulan madu yang tidak kalah antik

Sebuah penghormatan akan tradisi, rencana confetti atau setelah upacara, mengendarai mobil tua menuju tempat resepsi, kamar hotel – atau ke bandara untuk bulan madu Anda.

(Penulis: Carrie Goldberg; Alih Bahasa: Vanessa Masli; Artikel ini disadur dari BAZAAR US; Foto: Courtesy of BAZAAR US)