Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Saran Luna Maya untuk Para Model Muda

"Kita harus bekerja keras, harus berani jatuh, harus berani gagal, dan harus berani belajar dari kegagalan itu."

Saran Luna Maya untuk Para Model Muda

Telah berkecimpung di dunia modeling dan industri hiburan selama kurang lebih 13 tahun telah membuat sosok Luna Maya mengantongi segudang pengalaman dan pembelajaran serta pengalaman berharga. Ketika kembali diundang sebagai tamu di seri Brunch With Dave Hendrik yang disiarkan hari ini Kamis, 22 Oktober 2020 dari Fountain Lounge, Grand Hyatt Jakarta, Dave pun meminta Luna sebagai sosok model senior di industri ini untuk dapat memberikan sedikit masukan kepada para juniornya yang mungkin baru akan masuk terjun ke industri yang telah membesarkan namanya hingga sekarang. 

Nah, yang aku ingin tahu what advice can you give to aspiring model out there supaya bisa juga melakukan apa yang Luna lakukan, model itu menjadi pintu pembuka karena kita kan sering membaca di majalah modeling memberikan sejuta opportunity tapi opportunity kalau tidak ditangkap dan tidak dimanfaatkan kan tidak akan menjadi apa-apa, benar tidak Lun?” tanya Dave.


“Benar-benar, I mean semua hasil yang kita lihat sekarang ini bukan terjadi seketika. Semua ada kerja keras, semua ada usaha, semua ada kegagalan juga, so it’s not always about success story yang dilihat di depan sekarang tetapi ada berbagai kegagalan yang pernah dialami juga. So itu juga jangan dianggap sebagai aib, jangan dianggap sebagai hal yang memalukan, you should proud gitu, di mana kita pernah gagal berkali-kali ternyata kesuksesan itu menghampiri kita mungkin agak jauh di belakang tapi toh proses itu yang membesarkan kita. So buat aku kadang-kadang aku juga ditanya ya seperti apa gitu. I really don’t know the answer, to be honest. Tapi one thing that I know, I think ketulusan dalam menjalani apa yang kita yakini, when you’re in love with your passion, you’re in love dengan apa yang kita lakukan, I think akan ada ketulusan yang lebih di situ, pada saat itu sudah terjadi, automatically uang akan mengikuti. Itu dulu sih, jadi jangan pernah melakukan sesuatu karena uangnya, itu tidak tulus jadinya karena memang mindset-nya gue mau duit, tapi kalau misalnya kita jatuh cinta dan oh ini passion kita, ada hal-hal atau project-project yang mungkin memang tidak ada duitnya tapi it’s good for you. Bisa baik untuk kita sebagai human being, tapi mungkin secara image secara knowledge kita bisa bagus tapi kita seperti ‘ah, tidak ada duitnya tidak mau’, itu sudah bisa memblok kamu. So I think kita harus benar-benar bisa lebih terbuka dan genuine tapi harus bekerja keras, harus berani jatuh, harus berani gagal, dan harus berani belajar dari kegagalan itu. Never give up aja sih, I mean I know it sounds so cliche, ini mungkin sudah diomongin dari Michelle Obama, tapi I think that’s the formula for being a successful person gitu,” papar Luna.


 “Aku pikir it’s safe to say itu adalah investasi yang Luna lakukan dalam perkembangan karier Luna sehingga bisa menjadi seperti sekarang ini ya,” pertegas Dave.


“Ya, I mean dan selalu kita harus bisa beradaptasi kali ya. Jangan kaku banget. I mean I know, kadang-kadang kan it’s not easy, mungkin ada yang sudah pernah di atas sekali tiba-tiba we have to go through something yang akhirnya kita di bawah atau gimana, ya itu proses lagi, we have to climb step by step dengan cara ya kita harus beradaptasi, kita harus mengikuti tren juga,” tambah Luna. 

Nantikan berbincangan lengkap Dave Hendrik bersama Luna Maya di seri Brunch With Dave Hendrik yang akan tayang di kanal YouTube Harper's Bazaar Indonesia segera!

Baca juga:

Dulu, Ini Bagian Wajah Luna Maya yang Tak Ia Sukai 

Luna Maya Bagikan Kiat dalam Berinvestasi Barang Fashion

Luna Maya: Ambisi itu Penting Asal Jangan Sampai “Menyetir” Hidup Anda 

(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar Indonesia)