Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Model Tas Era 1990-an dan 2000-an yang Sekarang Kembali Jadi Tren

Model tas di kedua era tersebut kembali menarik minat para pencinta mode dan menjadi barang yang paling diincar oleh banyak wanita!

Model Tas Era 1990-an dan 2000-an yang Sekarang Kembali Jadi Tren

Setelah selesai dengan fenomena tas mikro seperti tas Jacquemus Chiquito dan berbagai tas desainer berukuran sangat kecil lainnya yang bermunculan di panggung runway. Kini, tiba waktunya bagi para tas desainer ikonis di tahun 1990 dan 2000 untuk dijadikan most wanted item

Kembalinya tas era 1990 dan 2000, tentunya turut dipengaruhi oleh gaya para selebriti dan model yang akhir-akhir ini tertangkap kamera menjinjing tas vintage, menyebabkan banyak wanita teringat kembali dan ingin mengenakannya. Salah satu sosok model tersebut termasuk model Bella Hadid yang tak henti mengenakan beragam tas vintage saat menjalankan aktivitas sehari-hari. 

Berikut Bazaar jabarkan jenis tas era 90’an dan 2000-an yang kembali menjadi tren jinjingan terkini. 

1. Lady Dior

Lady Dior yang dahulu menjadi instant hit akibat banyak dikenakan oleh Putri Diana di berbagai kesempatan, nyatanya belum menunjukkan tanda-tanda kejayaannya akan berakhir. Kali ini, justru tas Lady Dior semakin diminati dan termasuk sebagai tas ikonis di era 1990-an yang menduduki tren demam tas vintage terkini.

Dirancang oleh Gianfranco Ferre semasa menduduki jabatan sebagai direktur kreatif sang rumah mode, saat ini tas Lady Dior juga hadir dalam versi modifikasi yang lebih modern dengan berbagai ukuran di bawah arahan Maria Grazia Chiuri.

Christian Dior
Mini Lady Dior Bag

Therealreal.com

2. Louis Vuitton Alma

Tas tipe Alma lansiran rumah mode Louis Vuitton diperkenalkan pertama kali pada tahun 1934. Dengan mengusung siluet arsitektur art deco yang terasa lewat lekukan setengah lingkaran di tas ini, Louis Vuitton Alma mengalami masa kejayaannya di tahun 2000, ketika sosialita Paris Hilton dan Kim Kardashian kerap tertangkap kamera mengenakan tas Louis Vuitton Miroir Alma GM yang dibalutkan kulit dengan finishing seperti kaca berwarna metalik dan emas. 

Louis Vuitton Vert Olive Monogram Vernis Alma GM Bag

1stdibs.com

3. Gucci Horsebit

Tas dengan ornamen Horsebit lansiran Gucci saat masih dikepalai oleh Tom Ford sebagai direktur kreatif, termasuk sebagai jinjingan paling ikonis di era tahun 1990-an. Horsebit yang memang sudah diciptakan sejak tahun 1950-an, kemudian diluncurkan kembali oleh Tom Ford dalam versi lebih modern dan mengadopsi siluet tas Gucci Jackie yang dipopulerkan oleh Jackie Kennedy. Saat ini, Gucci Jackie rancang Alessandro Michele dapat menjadi alternatif jinjingan bagi Anda yang ingin melakukan kilas balik gaya ke era tersebut. 

Exotic Gucci by Tom Ford 2004 XXL Velvet Crystal Encrusted Horsebit Clutch

1stdibs.com

4. Dior Pochette

Ketika Maria Grazia Chiuri didaulat sebagai direktur kreatif rumah mode Dior, ia melansir kembali tas Dior Saddle dalam balutan monogram Christian Dior yang ikonis rancangan John Galliano di masa jabatannya sebagai direktur kreatif Dior. Popularitas tas Dior Saddle dan monogram Christian Dior seketika kembali meroket, membuat banyak pencinta mode kembali menggandrungi monogram sang rumah mode dengan mengenakan kembali koleksi tas vintage milik ibu mereka.

Salah satu tas yang turut diminati kembali dan dibalutkan monogram Christian Dior yang sempat populer di tahun 1990-an adalah tipe Pochette. 

Christian Dior Diorissimo Zip Charm Pochette

Therealreal.com

5. Louis Vuitton Mini Pochette

Tahun 1990-an menjadi era kejayaan tas model Pochette, yang dapat dilihat melalui tayangan serial televisi Sex and The City. Yang mana sang karakter, Carrie Bradshaw banyak mengenakan jinjingan berukuran mikro dan ramping tersebut untuk tampilan yang chic di tengah kota New York.

Salah satu tas Pochette yang tak kalah populer adalah lansiran rumah mode Louis Vuitton yang menggemaskan dan sering kali terlihat dijinjing oleh model seperti Kendall Jenner atau Bella Hadid di berbagai kesempatan. 

Louis Vuitton Monogram Mini Pochette

Therealreal.com

6. Prada Nylon

Kembalinya Prada Nylon versi Reissued di panggung presentasi Prada, dengan cepat menjangkau banyak publik figur kembali mengenakan aksesori Prada Nylon dengan lambang segitiganya yang ikonis dan mencerminkan gaya kontemporer yang clean. Hal itu membuat tas Prada Nylon dari mulai tipe ransel maupun tas bahu dari era 1990-an dan awal 2000, kembali diincar dan dibeli oleh banyak penyuka mode. 

Prada Vela Nylon Backpack

Therealreal.com

8. Chanel Box bag

Ketika Kylie Jenner membagikan momen dirinya mengenakan tas Chanel bersiluet hati dengan struktur yang boxy. Ia pun langsung menciptakan tren baru yang mana banyak orang kembali ingin memiliki tas Chanel lansiran tahun 1990-an yang langka di pasaran. Beberapa tas lansiran Chanel yang didominasi oleh quilted dan mencerminkan era sang rumah mode di tahun 1990-an meliputi tas Chanel quilted bersiluet hati dengan imbuhan logo CC dan tas Chanel Vanity Case yang klasik. 

Chanel Vanity Case Micro Mini 90s Vintage Iridescent Bronze Rare Patent Clutch

1stdibs.com
 
 
 (FOTO: Courtesy of 1stdibs, The Real Real, Harper's Bazaar US, Harper's Bazaar AU, Harper's Bazaar SG, Instagram.com/@kyliejenner, @skims)