Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Inilah Koleksi Dior Terbaru yang Pakai Bahan Kain Endek Bali

Kabar gembira ini datang langsung dari KBRI di Paris.

Inilah Koleksi Dior Terbaru yang Pakai Bahan Kain Endek Bali

Tentu Anda sudah melihat langsung streaming koleksi Dior untuk Spring/Summer 2021 yang lalu lewat website BAZAAR.CO.ID maupun TikTok. Seperti di ulasan sebelumnya, prinsip feminisme dan energi female empowerment selalu melekat di setiap karya dan perspektif desainer Maria Grazia Chiuri.

Namun kejutan lain yang tak kalah membahagiakan adalah ternyata Maria menggunakan kain Endek Bali dalam pembuatan koleksi yang akan dirilis tahun depan tersebut. Tak hanya untuk koleksi pakaian, Maria juga memakai kain Endek Bali untuk koleksi tasnya. Dari sekitar 86 desain koleksi terbaru Dior, ada sekitar 9 motif kain Endek Bali.


"Penggunaan kain Endek Bali untuk koleksi Spring/Summer 2021 oleh Christian Dior, merupakan pengakuan yang tinggi terhadap keindahan dan kualitas kain Endek Bali dan berkontribusi positif terhadap dunia fashion internasional. Semoga ini menjadi penyemangat bagi masyarakat di Bali di tengah tantangan Covid-19," ujar Arrmanatha Christiawan Nasir, selaku Duta Besar RI untuk Prancis, dalam pernyataan pers.

Maria sendiri terinspirasi menggunakan kain Endek Bali sebab ingin mengangkat nilai dari kebudayaan serta craftsmanship terutama hasil para penenun perempuan. Ia melakuan riset, bahwa kain Endek Bali merupakan nilai kebudayaan yang sangat sesuai dengan hasil karya yang ingin diangkat oleh Dior. 

Sebagai bentuk pengakuan terhadap penenun di Bali, Dior berencana akan mencantumkan daerah asal kain Endek tersebut pada setiap label pakaiannya.

Kolaborasi ini juga dilakukan dalam proses yang sangat hati-hati, antara KBRI di Paris dan Dior memastikan bahwa penggunaan kain Endek ini harus sesuai dengan aturan budaya dan adat Bali. Provinsi Bali turut memberi dukungan penggunaan kain Endek Bali, dan meminta Dior untuk sepenuhnya menghormati HAKI Kain Endek. Satu lagi yang tak kalah penting, kain Endek yang digunakannya pun harus asli diproduksi di Bali. 

"Kami memberikan apresiasi yang tinggi atas dukungan dan gerak cepat tim Percepatan Pemulihan Ekonomi Kemlu dan Gubernur Bali beserta timnya, sehingga Christian Dior mendapat dukungan penuh untuk menggunakan kain Endek Bali untuk koleksinya," tutup Arrmanatha.

Berikut adalah beberapa koleksi-koleksi Dior Spring/Summer 2021 dengan bahan dan motif kain Endek Bali yang sangat ikonis:


(Foto: Courtesy of Dior)