Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Koleksi Kate Spade ini Terlihat Sangat Feminin dan Manis

Direktur kreatif Kate Spade memutuskan untuk mengulik betapa kompleks dunia setiap wanita tanpa mengurangi keindahan di dalamnya.

Koleksi Kate Spade ini Terlihat Sangat Feminin dan Manis

Ketika berbicara tentang karya-karya desainer Nicola Glass untuk Kate Spade, seakan desainnya tak pernah luput dari sudut optimisme dan perayaan terhadap berbagai macam hal.

Lewat desain-desainnya yang ekletik, tak ada yang bisa menghalangi Nicola untuk tetap mewujudkan representasi penuh optimisme dan kali ini, ia ingin mengisahkan kehidupan para wanita yang kompleks dan kacau namun tak menutup adanya keindahan di balik kekacauan dan kerumitan yang terjadi.

Meski sudah diluncurkan sejak pandemi mulai memengaruhi dunia, seakan Nicola sudah mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya dan mengisahkannya lewat sederet busana penuh fantasi dan warna yang merayakan kekuatan wanita.


Melalui material tweed, renda, dan jacquard sebagai tekstur utama di koleksi ini, Nicola ingin menyampaikan misi dan prinsip Kate Spade New York yang memperlakukan tekstil sama pentingnya dengan material kulit di dalam aksesori sang label yang dikenal sebagai inti utama dari sang label.

Tetap mengusung spektrum warna lembut yang manis, bukan Nicola namanya jika tidak menuangkan detail dan dekorasi sebagai sentuhan penambah drama di tampilan. Hal itu ia sampaikan dengan terapan ruffles hingga fringe trims sebagai elemen penuh pernyataan. Motif yang menjadi identitas label Kate Spade New York, kali ini diwujudkan dalam motif grafik psychedelic flowers dan bunga liar, animal prints, dan polkadot. Struktur utama yang paling menonjol datang dari detail renda scallop yang klasik dituangkan sebagai padanan gaun little black dress yang tentunya merupakan benda wajib untuk setiap wanita saat berbusana.



Efek airy dari tekstil juga ingin dikedepankan oleh sang desainer, yang kemudian ia translasikan melalui sebuah gaun swirl motif floral yang disempurnakan oleh siluet yang dapat mengkomplementasi segala bentuk tubuh dengan baik untuk tampilan di akhir pekan. Untuk opsi yang lebih praktis, Nicola menyajikan setelan rajutan yang terdiri dari sweater dan rok lipit sebagai alternatif tampilan feminin yang cukup jenaka.


Untuk koleksi musim gugur 2020, aksesori tak lepas dijadikan sebagai fokus utama, kali ini tas bertajuk Spade Flower Jacquard dari bahan kanvas bertabur motif spade beserta bunga ditargetkan sebagai bentuk metafora atas rumitnya aktivitas wanita masa kini. Sehingga mereka memerlukan sebuah jinjingan yang dapat mengakomodir segala kebutuhan esensial di luar rumah yang praktis. Setiap tas dibubuhi setidaknya motif garis atau motif buah yang menggemaskan.


Selai tas Spade Flower Jacquard, model tas Nicola turut mengalami redefinisi di aspek ukuran yang dilansir menjadi bagian dari koleksi musim gugur 2020 sang rumah mode. Dinamakan Nicola Patent Twistlock Micro Crossbody, tas tersebut adalah versi ukuran lebih kecil dibandingkan tas Nicola yang biasanya. Walau diciptakan dengan ukuran mikro, tak mengurangi fungsionalitas tas tersebut yang dapat dikenakan dalam berbagai cara sekaligus.


(FOTO: Courtesy of Kate Spade New York)