Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

20 Pulau Tercantik di Indonesia yang Patut Anda Kunjungi

Dari Sabang sampai Merauke.

20 Pulau Tercantik di Indonesia yang Patut Anda Kunjungi

Sebagai negara kepulauan, Tanah Air kita begitu kaya akan kekayaan alam yang membuat Indonesia unggul di mata dunia. Tidak banyak negara yang dianugerahi dengan kekayaan alam seperti ini. Bayangkan saja, Indonesia memiliki ribuan pulau yang luar biasa indah. Istimewa, bukan?

Dari timur hingga ke barat, setiap titik destinasi pulau yang ada menawarkan pesona eksotis yang berbeda. Ada yang unggul dengan habitat bawah lautnya, pesisir pantai dan kekayaan alam di sekitarnya, atau pasir yang berwarna merah muda. 

Ibarat negeri dongeng, pesona Indonesia selalu menorehkan senyum di wajah. Tidak ada rasa bosan ketika menjelajah rentetan pulau indah di negeri sendiri. Berikut Bazaar suguhkan 20 pulau tercantik yang ada di Indonesia. Mari membangun kastil dari pasir sambil bermain air laut!



1. Pulau Alor


Momen keemasan saat matahari terbenam, sembari berenang di lautan biru Pulau Alor di Nusa Tenggara Timur. Dijamin menjadi masa liburan yang tidak terlupakan.



2. Pulau Seram


Jernihnya perairan biru di Pulau Seram, Maluku, akan menyapa Anda ketika mengunjungi salah satu pulau tercantik di Tanah Air ini. Keramahan penduduk lokal setempat juga menjadi kelebihannya.



3. Pulau Kanawa


Terletak di Nusa Tenggara Barat, pulau seluas 32 hektar ini tergolong asri dan belum terjamah. Untuk itu, Pulau Kanawa menjadi pilihan Bazaar untuk pulau terindah di Indonesia.



4. Pulau Padar


Pulau Padar berada di dalam kawasan Kepulauan Komodo. Gugusan bukit dan tebing unik dengan perairan biru di bawahnya menjadi panorama kontras yang memukau.



5. Kepulauan Mentawai


Mari menuju ke Sumatera bagian Barat, karena indahnya Kepulauan Mentawai siap menghibur para traveler pencinta alam. Air laut sebening kristal dengan lembutnya butir pasir khas kepulauan ini menjadikannya begitu memikat.



6. Pulau Wakatobi


Kaya akan habitat bawah lautnya, Pulau Wakatobi menjadi salah satu destinasi favorit para pencinta diving. Pulau yang berlokasi di Sulawesi ini juga lengkap menghadirkan sejumlah pilihan destinasi resort berkualitas.



7. Pulau Wai


Merupakan sebuah pulau di Maluku Utara, Anda harus menyempatkan diri untuk menyambangi keindahan Pulau Wai. Lokasinya masih tergolong privat, sesuai untuk mereka yang tengah mencari ketenangan diri.



8. Pulau Gili


Tenar di telinga para pencinta travel, di Pulau Gili Anda dapat melakukan berbagai aktivitas menyenangkan. Misalnya saja, diving dan berjemur hingga warna kulit menjadi eksotis. Ditambah, lokasinya tidak jauh dari kota besar.



9. Kepulauan Belitung


Gugusan bebatuan karang unik kepulauan Belitung membuatnya disorot oleh para traveler lokal maupun mancanegara. Ditambah kawasan lautnya yang masih bersih dan terjaga.



10. Pulau Samosir


Sekali mendayung, satu pulau dan satu danau terlampaui. Terletak di tengah perairan Danau Toba, Anda dapat mengunjungi keindahan Pulau Samosir di Sumatera Utara.



11. Pulau Weh


Walaupun secara skala ukuran Pulau Weh dapat dikatakan tidak terlalu luas, namun kecantikannya menyaingi berbagai pulau besar yang ada di Indonesia. Lihat saja unggahan foto di atas, rasanya ingin langsung berenang di tengah perairan biru pulau cantik ini!



12. Pulau Karimunjawa


Cukup mempersiapkan waktu di akhir minggu, Anda pun dapat menikmati keindahan serta pesona Pulau Karimunjawa. Hingga hari ini, pulau yang terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, tetap menjadi salah satu pilihan teratas para pencinta laut dan pantai di Indonesia.



13. Pulau Nusa Penida


Gugusan tebing unik yang menyerupai kepala seekor dinosaurus menjadi keistimewaan lanskap yang ada di Pulau Nusa Penida. Seusai lelah mendaki tebing, Anda dapat langsung menghapus peluh dengan berenang di segarnya air laut pulau cantik di Bali ini.



14. Pulau Wangi Wangi


Repetisi nama yang mudah diingat ternyata didukung pula oleh lanskap pulau yang begitu memukau. Pulau cantik di unggahan foto yang Anda lihat barusan tidak lain merupakan Pulau Wangi Wangi, yang berada di salah satu Kepulauan Wakatobi.



15. Pulau Lombok


Tidak dapat dipungkiri, Pulau Lombok juga kerap menjadi destinasi favorit para traveler. Tidak hanya karena lokasinya yang tidak terlalu jauh, melainkan karena pesonanya yang tidak terbantahkan.



16. Pulau Bintan


Lokasi Pulau Bintan tidak lain terletak di Kepulauan Riau, tepatnya kota Tanjungpinang. Pesona pulau yang satu ini semakin digemari dengan bertaburnya pilihan destinasi penginapan premium yang dapat disinggahi.



17. Pulau Waigeo


Walaupun terletak sedikit jauh, tepatnya di Papua Barat, ketika memiliki kesempatan Anda wajib menjelajah ke Pulau Waigeo. Dikenal pula dengan nama Waigiu, keindahan pulau ini akan membuat mata tidak dapat berpaling.



18. Pulau Wayag


Ketika membahas mengenai keunggulan kawasan bahari di Indonesia, tentunya Raja Ampat tidak dapat kita lewatkan begitu saja. Pulau Wayag hadir melengkapi urutan nama pulau tercantik di negeri kita.



19. Pulau Derawan


Selanjutnya, terdapat pulau cantik yang berlokasi di Kalimantan Timur. Perairan yang masih biru dan jernih seperti di foto atas akan menyapa Anda saat mengunjungi pesona Pulau Derawan.



20. Pulau Tidung


Harga bersahabat dan lokasi yang mudah dijangkau menjadikan Pulau Tidung tidak pernah sepi kedatangan para pelancong. Belum lagi, pesona indah yang ditawarkan oleh pulau yang termasuk di Kepulauan Seribu ini.



(Foto Courtesy of Instagram @emilyytanner @ariefmuhammad @ayudiac @pulaupadar @inkawilliams @wakatobi @waiecoresort @patriciarichelle @batakive @moinaroundtheworld @fenna.xo @karimun.jawa @mimiidz @pesonaid_travel @camilladellion @bayuaditama_ @jalan2menofficial @adrien_marsaud @worldwalkerz @tiarumadi01 @firmanrmadhn)