Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

5 Cara Membersihkan Makeup Sesuai Dengan Kulit Anda

Setiap jenis kulit butuh caranya tersendiri!

5 Cara Membersihkan Makeup Sesuai Dengan Kulit Anda
Courtesy of Pexels

Membersihkan wajah Anda dari makeup ialah salah satu langkah yang tidak boleh Anda lewatkan. Jika Anda tidak membersihkannya dengan maksimal maka wajah Anda dapat muncul jerawat, kelihatan kering, dan kusam. 

BACA JUGA: Tips Membuat Makeup Natural ala Korea

Salah satu cara yang populer dalam membersihkan makeup ialah dengan menggunakan micellar water. Namun perlu diketahui bahwa tidak ada one size fits all ketika membersihkan makeup. Menyesuaikan metode yang tepat dengan kulit wajah Anda dapat membuat Anda terhindar dari efek samping yang kurang diinginkan. Misalnya menggunakan produk yang terlalu lembut, sehingga makeup tidak hilang sepenuhnya. Atau malah kebalikannya, menggunakan produk yang terlalu keras sehingga merusak kulit wajah. 

Nah, tenang saja, berikut ada 5 cara membersihkan makeup yang bisa Anda ketahui lebih lanjut!

Makeup remover wipes

Cocok untuk kulit: Berminyak, kombinasi, dan normal.

Kita mulai dengan cara yang paling simpel dan tidak membutuhkan banyak proses, yaitu menggunakan makeup remover wipes. Dengan ini Anda hanya perlu mengusapkan tisu ke wajah Anda. Ditambah lagi mudah dibawa ke mana-mana. 

Kekurangannya adalah produk ini mampu membuat kulit lebih kering, kasar pada kulit, dan terkadang tidak begitu efektif menghilangkan makeup yang tebal. 

Sebaiknya Anda menggunakan cara ini ketika sedang berpergian saja, ataupun saat menggunakan makeup yang tipis. 

Innisfree Apple seed cleansing tissue 

5 Cara Membersihkan Makeup Yang Sesuai dengan Kulit Anda
Courtesy of Innisfree

Diperkaya dengan minyak biji apel sebagai ingredient utamanya, tisu ini membersihkan sekaligus menutrisi kulit Anda. Selain itu, formulanya yang tidak lengket serta segar dapat menjadi nilai tambah tisu ini. 

Opsi lokal: Luxcrime Refreshing cleansing ripes

Courtesy of Luxcrime

Mengandung ekstrak tea tree, cleansing wipes besutan Luxcrime ini diklaim mampu meredakan kemerahan, antioksidan, dan sesuai untuk kulit sensitif. 

Micellar water

Cocok untuk kulit: Semua jenis kulit. 

Micellar water mengandung molekul surfactant, inilah yang menangkap makeup dan minyak di wajah Anda, kemudian membuangnya. 

Kelebihannya, ia mengandung glycerin yang mampu memberikan hidrasi pada kulit, dan meredakan iritasi. Terlebih lagi Anda tak perlu membutuhkan air untuk menggunakannya, cukup sebuah kapas wajah. 

Sedangkan untuk kekurangannya, bagi beberapa orang cara ini tidak begitu efektif, terkhususnya yang memiliki makeup yang tebal dan waterproof. 

Biorderma Sensibio H2O

5 Cara Membersihkan Makeup Yang Sesuai dengan Kulit Anda
Courtesy of Bioderma

Micellar water yang ini diformulasikan khusus untuk kulit sensitif. Sehingga tidak mengandung fragrance dan juga memiliki kadar pH yang sesuai dengan kulit, yakni 5,5. Tak hanya itu, terkandung juga kombinasi 3 biomimetic soothing sugars yang mampu mengurangi kemungkinan terbentuknya inflamasi.

Opsi lokal: Studio Tropik Micellar rosewater

Courtesy of Sociolla

Salah satu merek lokal yang senantiasa menghadirkan berbagai inovasi di bidang kecantikan. Ya, Studio Tropik! Dengan kandungan rosewater, produk yang satu ini memiliki tekstur yang ringan, serta diformulasikan tanpa alkohol, parfum, dan minyak. Kombinasi yang sesuai untuk kulit sensitif.

Cleansing foam

Cocok untuk kulit: Berminyak. 

Nah, yang satu ini memiliki tekstur yang ringan dan mudah menyebar di wajah Anda. Cleansing foam cocok untuk Anda yang memiliki kulit berminyak, karena ia mampu mengambil sebum yang ada di wajah Anda secara maksimal. Namun, kelebihan ini pula yang menjadi kekurangannya. Bagi kulit kering ini dapat membuat kulit Anda semakin kering, dan terasa terlalu ketat. 

Caudalie Gentle foaming cleanser

5 Cara Membersihkan Makeup Yang Sesuai dengan Kulit Anda
Courtesy of Caudalie

Memiliki tiga bahan utama yakni ekstrak anggur yang melembapkan, tanaman herbal sage untuk membersihkan, dan chamomile yang menenangkan. Cleansing foam ini mengklaim bahwa ia aman untuk segala jenis kulit, dan juga untuk kulit sensitif. 

Opsi lokal: Rose All Day Foaming face wash

Courtesy of Sociolla

Tiga formulasi utama terdapat di dalamnya. Pertama Hyaluronic Acid, yang mampu melembapkan kulit. Kemudian rosewater yang meredakan kemerahan, dan terakhir ekstrak tea tree yang mampu menghilangkan jerawat. 

Cleansing balm

Cocok untuk kulit: Kering.

Untuk yang satu ini memiliki formula lebih lembut di kulit sebab ia oil base, namun tetap efektif dalam menghapus makeup tebal dan waterproof. Terlebih lagi cleansing balm tidak mengambil sebum alami Anda, ataupun merusak lapisan kulit wajah Anda. Untuk kekurangannya, terkadang cleansing balm memiliki harga yang cukup menguras kantung Anda. Selain itu bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, wajah Anda akan terasa lebih berat daripada biasanya. 

Elemis Pro-Collagen cleansing calm

5 Cara Membersihkan Makeup Yang Sesuai dengan Kulit Anda
Courtesy of Elemis

Salah satu produk unggulan dari Elemis ini mengandung mawar dan mimosa yang mampu membersihkan makeup sekaligus memberikan kelembutan dan kilau pada wajah Anda. Ditambah lagi ia mengandung 9 essential oils, di antaranya lavendel, chamomile, dan eukaliptus. Ketiga ini mampu memberikan aroma yang menenangkan. 

Opsi lokal: Somethinc Omega butter deep cleansing balm

Courtesy of Somethinc

Jika Anda sedang mencari produk yang vegan maka cleansing balm yang satu ini dapat menjadi solusinya. Diperkaya oleh Vitamin A dan E, OMEGA 3-6-9, dan ekstrak botanical yang menutrisi kulit wajah. Ditambah lagi balm ini mengklaim bahwa ia dapat membersihkan wajah dalam waktu 20 detik. 

Oil cleansers

Cocok untuk kulit: Semua jenis kulit. 

Cara yang satu ini memiliki banyak persamaan dengan cleansing balm, bedanya hanya pada bentuknya yang lebih berupa cairan dan memiliki intensitas minyak lebih sedikit. Cara kerjanya pun lebih cepat daripada cleansing balm, namun dengan tingkat efektivitas yang sama! Namun, Anda harus memastikan oil cleansers benar-benar tidak bersisa di wajah Anda ketika membilasnya. Sebab hal ini dapat menimbulkan jerawat. 

Perlu diketahui juga, cara ini paling terkenal di dunia K-Beauty, bahkan beberapa menyebutnya sebagai double cleansing routine!

Clé de Peau Beauté Cleansing oil

5 Cara Membersihkan Makeup Yang Sesuai dengan Kulit Anda
Courtesy of Cle de peau beaute

Cleansing oil ini diklaim memiliki keringanan seperti serum! Mengandung 4 jenis minyak yang bermanfaat untuk kulit Anda seperti: Minyak biji anggur yang mengandung antioksidan, minyak marula yang menghidrasi, minyak meadowfoam yang mencegah kulit kering dan memperkenyal kulit, dan minyak argan yang mempertahan kelembapan kulit wajah Anda.

Opsi lokal: Sensatia Botanicals Rejuvenating pomegranate cleansing oil

Courtesy of Sensatia Botanicals

Kelebihan cleansing oil lokal ini ialah kandungan magnolia berry yang terkenal dapat memberikan manfaat anti-aging seperti mengurangi garis halus pada wajah. Sehingga produk yang satu ini sangat sesuai bagi Anda yang berusia di atas 30, atapun yang sedang melawan berbagai tanda penuaan.

BACA JUGA:
10 Tahapan Makeup Ala Korea untuk Pemula
15 Jenis Kuas Makeup dan Urutan Pemakaiannya

(Foto: Courtesy of Bioderma, Elemis, Innisfree, Caudalie, Clé de Peau Beauté, Sociolla, Somethinc, Luxcrime, Sensatia Botanical, dan Pexels)