Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Gaun Koktail Catherine Walker Tahun 1985 Milik Putri Diana Terjual Lebih dari 5 Miliar Rupiah!

Tak hanya gaun Diana, perlelangan Julien's juga menjual gaun ikonis milik Sarah Jessica Parker, yang ditampilkan di pembukaan Sex and the City.

Gaun Koktail Catherine Walker Tahun 1985 Milik Putri Diana Terjual Lebih dari 5 Miliar Rupiah!
Courtesy of Bazaar US

Pada Kamis malam di Julien's Auctions di Los Angeles, lelang "Unstoppable: Signature Styles of Iconic Women in Fashion" memulai debutnya, dengan menampilkan deretan busana ikonis dan  langka yang dikenakan oleh beberapa wanita paling terkenal dan berpengaruh di abad ke-20 dan ke-21 termasuk Putri Diana dan Sarah Jessica Parker.

BACA JUGA: Gaun Putri Diana Terjual dengan Harga 17 Miliar Rupiah!

Saat para tamu memasuki rumah lelang, gaun koktail Catherine Walker hitam Putri Diana yang  ramping, tentu saja, dipajang di bagian depan dan tengah. 

Gaun ini merupakan gaun mini beludru sutra hitam yang apik dengan garis-garis putih di bagian leher dan ujungnya, yang pernah dikenakan mendiang Princess of Wales ke sebuah acara pribadi. Gaun tersebut terjual seharga $325.000 (sekitar 5 miliar Rupiah), lebih dari tiga kali lipat dari perkiraan awal sebesar $100.000 (sekitar 1,5 miliar Rupiah).

Courtesy of Bazaar US

Julien's masih memegang rekor penjualan lelang gaun termahal yang pernah dikenakan oleh Putri Diana: gaun surgawi Jacques Azagury, yang terjual tahun lalu dengan harga $1,1 juta (sekitar 17 miliar Rupiah) pada lelang "Hollywood Legends" di rumah lelang tersebut.

Pakaian lain yang sangat ikonik yang dilelang tadi malam? Gaun tule yang dikenakan Sarah Jessica Parker di bagian pembuka film Sex and the City. Rok tiga tingkat berwarna putih yang romantis dengan ikat pinggang satin ini terjual seharga $52.000 (sekitar 812 juta Rupiah), enam setengah kali lipat dari perkiraan awal. Perancang kostum SATC, Patricia Field, menemukan gaun tule tersebut seharga $5 (sekitar 78.000 Rupiah) di tempat sampah di New York. 

Courtesy of Bazaar US

Yang juga ikut dilelang adalah ansambel Givenchy wol hijau tahun 1961 milik Putri Grace dari Monako, yang ia kenakan ke Gedung Putih untuk bertemu dengan Presiden John F. Kennedy (terjual seharga 325.000 dolar AS atau sekitar 5 miliar Rupiah); kaftan Karl Lagerfeld berwarna krem yang dikenakan Elizabeth Taylor (terjual seharga 6.500 dolar AS, atau sekitar 100 juta Rupiah); gaun Yves Saint Laurent Rive Gauche tahun 1970 milik Audrey Hepburn, yang ia kenakan pada acara pembaptisan putranya (terjual seharga 13.000 dolar AS); serta trenchcoat Burberry London berwarna keemasan yang dikenakan Whitney Houston saat tampil pada festival musik Mawazine di Maroko tahun 2008 (terjual seharga 4.550 dolar AS, atau sekitar 71 juta rupiah).

Selama dua dekade, Julien's telah menjadi rumah lelang musik dan hiburan terkemuka. "Unstoppable" adalah penawaran terbaru dalam kategori fashion mewahnya.

BACA JUGA:
Ini Wujud Jam Tangan Kolaborasi Patek Philippe dan Tiffany & Co. yang Saat Pelelangan Terjual 6.5 Juta Dollar Amerika Serikat
Busana Ikonis Putri Diana Terjual 4 Miliar Rupiah

(Penulis: Rosa Sanchez; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of BAZAAR US)