Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Tiga Model Indonesia Ramaikan Runway Fashion Internasional

Dari pergelaran Louis Vuitton hingga Milan Men's Fashion Week, para model pria Indonesia tampilkan paras mereka di landasan pacu dunia.

Tiga Model Indonesia Ramaikan Runway Fashion Internasional
Layout by Tevia Putri

Awal 2024 pada dunia fashion dibuka dengan kemeriahaan pergelaran Louis Vuitton Men's koleksi Fall/Winter 2024. Bagaimana tidak? Deretan artis ternama seperti Bradley Cooper, ASAP Nast, hingga boyband Korea Selatan RIIZE, hadir melihat karya Pharrell Williams. 

BACA JUGA: Interpretasi Pharrell Williams Terhadap Gaya Koboi di Koleksi Pria Terbaru Louis Vuitton

Nuansa koboi Americana sangat kental di koleksi ini disuguhkan dengan latar belakang hamparan menyerupai Grand Canyon. Terlihat seorang model dengan setelan warna terakota dengan aksen kantong koboi bernama Raihan Fahrizal. Ya, ia merupakan model dari Indonesia, yang meramaikan pergelaran mode internasional. 

Sebenarnya Raihan juga sudah tampil di fashion week dunia sejak tahun 2022, di mana ia satu-satunya model Indonesia yang berjalan pada koleksi Spring/Summer 2022 Saint Laurent rancangan Anthony Vaccarello. Tak hanya itu, Raihan juga berjalan untuk Wales Bonner Fall/Winter 2024 dan Diesel Fall/Winter 2023. 

Raihan Fahrizal di Wales Bonner Fall/Winter 2024 - Courtesy of @raihanfahrizal__

RAIHAN FAHRIZAL DI DIESEL FALL/WINTER 2023 - COURTESY OF @RAIHANFAHRIZAL__

Fakta lainnya, Raihan sudah memulai karier di dunia permodelan sejak umur 17 tahun, dengan agensi pertamanya (dan sekarang masih berlanjut) bernama Who Knows Models. 

Selain Raihan, ada nama lain yang berjalan untuk pergelaran musim ini, yaitu Viknes Waren. Ia berasal dari Persona Management dan tampil di Zegna koleksi Fall/Winter 2024 pada Milan Men's Fashion Week. Terlebih lagi, beberapa desainer Jepang yang menghelat pergelarannya di Paris, seperti Mihara Yasuhiro Fall/Winter 2024, dan Auralee Fall/Winter 2024. Perlu diketahui juga, Viknes dipresentasikan oleh salah satu agensi model ternama di dunia, yaitu Elite Model Management. 

Viknes Waren di Miharayasuhiro Fall/Winter 2024 - Courtesy of @Viknes_waren

Viknes Waren di Auralee Fall/Winter 2024 - Courtesy of @Viknes_waren

Terakhir, masih dalam agensi yang sama dengan Viknes Waren, ada Rizal Rama yang turut meramaikan Men's Fashion Week. Pada musim ini ia berjalan untuk Sankuanz, label asal China. Sebelumnya ia juga pernah berjalan untuk Kiko Kostadinov Spring/Summer 2024, dan Act No. 1 Fall/Winter 2023. 

Kehadiran model Indonesia di kancah internasional tentu saja menjadi kabar baik untuk industri fashion Tanah Air. Bazaar tak sabar menunggu perkembangan siapalagi yang akan muncul di musim yang akan datang. 

Rizal Rama di Kiko Kostadinov Spring/Summer 2024 - Courtesy of @Rizal_Ramaa

RIZAL RAMA DI ACT. NO 1 FALL/WINTER 2023 - COURTESY OF @RIZAL_RAMAA

Raihan Fahrizal
Courtesy of @raihanfahrizal__

Viknes WarenCourtesy of @Viknes_waren

Rizal Rama
Courtesy of @rizal_ramaa

BACA JUGA:
12 Fakta Tentang Raihan, Model Pria Asal Indonesia yang Berjalan di Runway Saint Laurent
25 Supermodel yang Mendominasi Dunia Mode pada '80-an

(Foto: Courtesy of @raihanfahrizal__, @rizal_ramaa, @viknes_waren)