Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Di Dalam Film Saltburn: Lokasi Kehidupan Nyata dari Film ini.

Di balik layar di mansion berisi 127 kamar yang terkenal berkat kesuksesan Emerald Fennell.

Di Dalam Film Saltburn: Lokasi Kehidupan Nyata dari Film ini.
Courtesy of Bazaar UK

Terdapat banyak momen yang tak bisa dilewatkan dalam film yang kini sedang populer, Saltburn. Beberapa adegan yang menampilkan saluran air dan kuburan langsung terlintas di pikiran, sebagai awalnya. Namun, Anda mungkin juga merasa terpikat oleh sesuatu yang lain, yaitu lokasinya.

BACA JUGA: Rincian Lengkap Sejarah Kencan Jacob Elordi

Para penggemar film sudah ramai mendatangi Drayton House, mansion yang menjadi rumah leluhur Felix Catton, dan lokasi utama pengambilan gambar film ini. Tetapi di mana sebenarnya Saltburn dalam kehidupan nyata, apakah Anda bisa mengunjunginya? dan siapa yang tinggal di sana?

Dimana lokasi Saltburn? 

Saltburn difilmkan di Drayton House, sebuah mansion bergaya Baroque dengan kerangka crenelated dan memiliki 127 kamar yang berasal dari sekitar tahun 1300. Mansion ini terletak di dalam lahan seluas 200 hektar yang dilengkapi dengan kolam-kolam indah dan taman formal. Meskipun mungkin Anda mengira bahwa labirin yang terkenal sebagai titik fokus pada film ini, tetapi faktanya, labirin ini dibangun di tanah untuk syuting dan dibongkar setelah kru meninggalkan lokasi.

Courtesy of Bazaar UK

Estate ini, yang baru-baru ini dihargai sekitar £42,5 juta (sekitar Rp804.097.500.000) oleh Agent Advice, terletak di desa Lowick yang tenang di Northamptonshire dan biasanya tidak terbuka untuk umum. Menurut sutradara Saltburn, Emerald Fennell, lokasi ini "harus menjadi sesuatu yang belum pernah digunakan sebelumnya. Ini bahkan belum pernah difoto, apalagi difilmkan." Ia menambahkan, "Kami selalu ingin memberikan kesan yang persis bahwa ini adalah tempat nyata. Ketika pertama kali masuk ke dalam rumah ini, patung-patung di aula besar memiliki topi konyol, dan saya pikir, 'Itulah persisnya. Itulah yang harus dirasakannya.' Bagi orang yang tinggal di sini, ini hanya rumah dan itu lucu. Hal-hal besar itu hanyalah keributan dari kehidupan sehari-hari Anda. Itu sesuatu yang menurut saya belum pernah kita lihat sebelumnya."

Courtesy of Bazaar UK

Siapa yang tinggal di Drayton House?

Drayton House saat ini ditempati oleh keluarga Stopford-Sackville sejak tahun 1770, tetapi keluarga Charles Lionel Stopford-Sackville adalah penghuni saat ini. Ia dan keluarganya terkenal sangat private, sehingga estate ini biasanya ditutup untuk umum, meskipun tur berpemandu dan pesta pribadi bisa dijadwalkan.

Keluarga ini hanya setuju rumah mereka digunakan sebagai lokasi syuting Saltburn, dengan syarat nama Drayton House tidak pernah disebutkan di layar.

Courtesy of Bazaar UK

Bagaimana Drayton House diubah menjadi Saltburn?

Pemilik pribadi rumah ini ternyata menjadi bonus bagi Emerald dan timnya: umumnya, hukum warisan Inggris melarang perubahan pada bangunan bersejarah selama syuting film, namun dalam hal ini, pemilik memberikan izin mereka kepada Emerald dan desainer produksi, Suzie Davies, untuk mengubah bagian dalam yang diperlukan. Ruang TV, misalnya, biasanya merupakan ruang sarapan, dan Davies mencabut karpet, menambahkan panel sutra, dan melukisnya ulang.

Tim menambahkan topiari, seni, dan patung, serta membawa masuk furnitur dari Lots Road Auctions di London. Beberapa karya seni modern dibuat oleh departemen seni, tetapi tim juga mendapatkan izin untuk mereproduksi karya seniman termasuk Ryan Mosley dan Colin Harris, dan membuat potret keluarga Catton yang dapat dilihat di seluruh rumah.

Courtesy of Bazaar UK

"Di situs National Trust atau English Heritage, saya tidak akan bisa mendekatinya!" ujar Suzie. Kamar Felix dan Oliver sebenarnya adalah ruangan yang ada di rumah, tetapi diubah untuk efek sinematik. "Kami membaliknya, melukisnya, menurunkan taplak meja, dan menggantungkannya kembali," kata Suzie. "Kami mengubah sebuah kamar menjadi kamar mandi dan kamar mandi menjadi ruang ganti." Di kamar mandi bersama yang menghubungkan kamar Felix dan Oliver. Dan ya, tempat adegan itu difilmkan, bak mandi dibuatnya khusus untuk menampung tubuh Jacob Elordi yang setinggi 196 cm.

Kemudian, tentu saja, ada adegan pesta yang krusial. "Kami hanya melakukannya," kata Suzie. "Kami memutar musik dan kami berdandan dengan sangat semarak. Kami merencanakannya hingga ke detail terkecil, bagaimanapun juga. Kami memiliki tim yang menangani tanaman, tim yang membuat patung, tim yang menangani klub malam. Itu pengalaman yang luar biasa." Suasana itu jika Anda sudah menonton Saltburn, seperti yang Anda ketahui, jelas tercermin dalam film itu sendiri.

BACA JUGA:

20 Rekomendasi Film Komedi Romantis Indonesia

Rekomendasi Film Indonesia Tentang Persahabatan yang Wajib Anda Tonton

(Penulis: Clara Strunck; Artikel ini disadur dari: BAZAAR UK; Alih bahasa: Riza Arya; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)