Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Wanita dengan Penampilan Terbaik di Tahun 2023

Dari karpet merah, panggung hingga front row, kami persembahkan selebriti paling stylish pada tahun ini.

10 Wanita dengan Penampilan Terbaik di Tahun 2023
Courtesy of Bazaar UK

Sungguh tahun yang luar biasa untuk fashion selebriti. Tidak hanya ada beberapa busana tur pers yang luar biasa yang harus kami pertimbangkan, dan lebih dari beberapa momen karpet merah yang tak terlupakan. 

BACA JUGA: 10 Momen Pop-Culture Paling Banyak Dibahas Tahun 2023

Namun mereka yang berada di atas panggung juga telah berkembang pesat, dan jangan lupakan juga kemunculan 'quiet luxury' atau momen-momen di luar jadwal yang menginspirasi busana kami.

Dari tur Barbie Margot Robbie hingga kostum panggung Beyoncé yang luar biasa serta gaya ruang sidang Gwyneth Paltrow, ada banyak hal yang dapat dinikmati dalam hal fesyen selebriti selama 12 bulan terakhir.

Di bawah ini, tanpa urutan tertentu, kami merangkum 10 wanita berbusana terbaik di tahun 2023.

1. Margot Robbie

Courtesy of Bazaar UK

Belum pernah ada komitmen yang begitu besar dalam sebuah tur pers. Musim panas ini, seiring dengan merebaknya Barbiemania. Margot Robbie, bintang film Greta Gerwig, dan penata gayanya, Andrew Mukamal, menampilkan serangkaian penampilan karpet merah yang dieksekusi dengan sempurna, yang semuanya terinspirasi secara langsung oleh Barbie di masa lalu.

Tentu saja, bukan hal yang aneh bagi para selebriti untuk memberikan penghormatan pada proyek yang mereka promosikan dalam bentuk busana di karpet merah. Lihatlah busana Little Mermaid yang terinspirasi dari lautan milik Halle Bailey sebagai contoh utama, atau penampilan gothic glam Wednesday milik Jenna Ortega. Akan tetapi tidak ada yang dapat menandingi parade busana yang terinspirasi oleh boneka-boneka yang hadir.

Mulai dari bintik-bintik merah muda Valentino, serta ansambel Prada bermotif kotak-kotak yang ceria hingga Chanel vintage yang sangat diminati, Margot dan Andrew menetapkan standar baru dalam hal busana untuk tur pers, dan kita mungkin akan melihat dampaknya dalam beberapa waktu ke depan.

2. Beyoncé

Courtesy of Bazaar UK

Jika Margot Robbie menentukan standar tinggi untuk busana karpet merah, Beyonce membawa 'busana tur' ke tingkat yang lebih tinggi. Tahun ini, penyanyi ini memulai tur Renaissance-nya yang telah dinanti-nantikan, yang membuatnya tampil di 57 pertunjukan di seluruh dunia dalam balutan busana berkelas dan custom-made.

Beberapa sorotan termasuk gaun pesta Balenciaga yang disulam dengan 8.000 rhinestones kristal, triko merah muda Valentino dengan sepatu bot setinggi paha yang serasi, ansambel Iris van Herpen yang dibuat dengan sangat teliti (yang membutuhkan 12 orang di studio untuk mengerjakannya selama lebih dari 700 jam), dan setelan catsuit Loewe dengan motif tangan trompe l'oeil yang menjadi ciri khas merek ini.

Sang bintang mengenakan pakaian khusus dari hampir semua rumah mode besar, sementara ia juga mendukung banyak desainer yang sedang naik daun.

Dalam hal busana tur, tidak pernah ada yang menyamainya.

3. Jennifer Lawrence

Courtesy of Bazaar UK

2023 adalah tahun 'quiet luxury', dan tidak ada yang lebih baik dari Jennifer Lawrence, yang berjalan di jalanan kota New York dalam balutan busana The Row.

Aktris yang selalu dikagumi karena gaya karpet merahnya ini mendapat banyak perhatian tahun ini karena gaya berbusananya yang keren dan mudah dikenakan, yang menjadi contoh bagus mengapa pakaian berkualitas tinggi dan sederhana adalah hal yang patut kita investasikan.

Koleksi pakaian Jennifer terdiri dari gaun malam berbahan katun putih, pakaian dua potong yang disesuaikan, celana panjang linen yang apik, kaos putih bersih, dan banyak tas tangan yang sangat minim. Sederhana, tidak berlebihan dan merupakan contoh terbaik dari 'quiet luxury' yang dapat Anda temukan.

4. Michelle Yeoh

Courtesy of Bazaar UK

Jika Anda mengingat kembali ke musim penghargaan, Anda akan ingat bahwa ini adalah tahunnya Michelle Yeoh. Aktris ini  yang membawa pulang berbagai penghargaan, termasuk kategori Leading Actress di Oscar. Tampil maksimal di berbagai acara penghargaan yang ia hadiri, dan menampilkan beberapa penampilan yang sempurna.

Salah satu favorit kami adalah untuk SAG Awards, di mana Michelle memilih gaun statement dari Schiaparelli, yang menampilkan detail rumbai-rumbai dramatis di bagian depan. Ia mengenakan payet peplum biru tua berkilauan dari Armani untuk Golden Globes, jubah Carolina Herrera berwarna fuchsia cerah untuk Critics' Choice Awards, dan gaun bulu-bulu mengambang dari Dior untuk Academy Awards.

5. Gwyneth Paltrow

Courtesy of Bazaar UK

Mungkin salah satu momen budaya pop yang paling tak terduga tahun ini adalah persidangan kecelakaan ski Gwyneth Paltrow. Aktris dan pengusaha Hollywood ini, yang dinyatakan tidak bersalah atas kecelakaan yang dialaminya pada tahun 2016. Menjadi berita utama karena pernyataannya yang jenaka, dan juga pakaian pengadilannya yang dipoles tanpa cela.

Selama hari-hari di ruang sidang, Gwyneth mengenakan sejumlah penampilan yang dengan cepat menjadi iklan terbesar untuk 'stealth wealth' atau 'quiet luxury'. Ia mengenakan kardigan kasmir berkancing, setelan wol abu-abu, sepatu bot bersol tebal, dan kacamata dari merek-merek ternama seperti The Row, Prada, dan Loro Piana, yang semuanya berharga mahal, namun tetap terlihat sederhana dan bersahaja.

Karena sifat persidangan yang sedikit unik, yang sekarang menjadi subjek acara televisinya sendiri. 'Courtrobe' Gwyneth menjadi umpan yang sempurna di internet dan tidak mungkin dieksekusi dengan lebih baik lagi.

6. Sofia Richie

Courtesy of Bazaar UK

Gaya Sofia Richie menarik perhatian dunia saat ia menikah pada musim semi ini. Tokoh media, yang menikah dengan produser musik Elliott Grainge di Prancis Selatan pada bulan April lalu. Menjadi berita utama karena gaya pengantinnya yang indah, yang terdiri dari tiga gaun couture Chanel yang dibuat secara khusus, yang menampilkan 'old-money aesthetic' yang telah membuatnya menjadi anak idola.

Popularitas Sofia yang dihasilkan dari selera modenya yang halus di media sosial adalah contoh lain bagaimana fesyen bergerak menjauh dari label-label yang jelas dan barang-barang desainer yang mencolok. Bintang ini telah dipuji karena gayanya yang elegan dan anggun, yang ia tunjukkan dengan cara yang luar biasa, duduk di barisan depan Prada, Chanel, dan Proenza Schouler selama bulan mode.

7. Greta Lee

Courtesy of Bazaar UK

Ini adalah tahun terobosan bagi Greta Lee dalam hal pakaiannya. Aktris yang membintangi acara The Morning Show dan Past Lives ini menjadi salah satu wajah yang paling menarik untuk ditonton di karpet merah pada tahun 2023, dengan secara konsisten mendobrak batasan dan menampilkan penampilan yang paling menarik dan tak terduga.

Kami telah melihat Greta dalam banyak koleksi Prada, Bottega Veneta, dan Ferragamo, namun sang bintang paling sering mengenakan Loewe, merek yang kini menjadi langganannya di setiap acara karpet merah, dan ini merupakan kerja sama yang sangat cocok.

Beberapa koleksi Loewe yang menjadi sorotan adalah gaun putih beraksen draperi yang ia kenakan ke acara after-party Oscar, gaun satin merah off-the-shoulder yang ia kenakan ke acara Academy Museum Gala bulan ini, dan gaun hitam dengan garis leher bundar yang berlebihan yang ia kenakan ke acara CFDA Awards di bulan November.

Selalu berani mengambil risiko, dan benar-benar merupakan iklan terbaik untuk Loewe, kami tidak sabar untuk melihat apa yang akan dikenakan Greta di musim penghargaan mendatang.

8. Kylie Jenner

Courtesy of Bazaar UK

Kylie Jenner telah tumbuh besar di mata publik, tapi tahun ini kita benar-benar melihat gayanya yang semakin dewasa. Bintang reality show ini selalu dikenal dengan fashion yang berani dan menarik perhatian, yang sering kali kontroversional. Tetapi pada tahun 2023, ia beralih ke gaya yang lebih sederhana (yang bahkan digambarkan oleh beberapa orang sebagai 'makeover'). Dan, itu cocok untuknya.

Baik di karpet merah dalam balutan busana khusus Maison Margiela pada after-party Academy Awards atau dalam balutan gaun dan jubah Jean Paul Gaultier di Met Gala, Kylie terlihat lebih berkelas dan anggun dari yang pernah kita lihat sebelumnya. Ia juga menerapkan pendekatan ini pada gaya di barisan depan dan gaya di luar tugas, melangkah keluar dengan kancing putih, gaun fit-and-flare dan gaun-gaun romantis yang melayang.

Meskipun ia masih menikmati sedikit sentuhan glamor khas Kardashian, bahkan Kylie pun tidak kebal terhadap gerakan 'old-money aesthetic' dan kami senang melihatnya memasuki era gaya baru.

9. Rachel Zegler

Courtesy of Bazaar UK

Aktris lain yang memiliki penampilan karpet merah yang luar biasa di tahun 2023 adalah Rachel Zegler, bintang West Side Story dan Hunger Games yang baru. Aktris yang sering bekerja sama dengan Dior ini telah berkali-kali tampil dengan gaya yang luar biasa.

Beberapa penampilan terbaik Rachel ada pada tur persnya untuk Hunger Games, di mana ia mengambil sedikit inspirasi dari film tersebut untuk pakaiannya. Ia mengenakan gaun Alexander McQueen yang terinspirasi dari api (sebuah kilas balik untuk Jennifer Lawrence di film pertama), gaun Dior berenda hitam gotik dan desain berkerudung yang indah dari Elie Saab. Ia juga pernah mengenakan rancangan Fendi, Armani dan Michael Kors, dan terlihat mempesona dalam balutan korset emas Vivienne Westwood untuk acara Academy Gala awal bulan ini.

10. Sydney Sweeney

Courtesy of Bazaar UK

Orang yang berpakaian dengan baik biasanya adalah seseorang yang memiliki gaya pribadi yang sangat khas, dan tidak pernah menyimpang terlalu jauh dari gaya tersebut. Inilah alasan mengapa Sydney Sweeney menjadi salah satu bintang favorit kami untuk ditonton tahun ini. 

Aktris ini yang saat ini sedang melakukan promosi untuk film barunya, Anyone But You tetap berpegang teguh pada prinsip kemenangan yang sama. Yakni dengan penampilannya yang terlihat seperti seorang bintang film yang luar biasa.

Kita telah melihatnya dalam gaun Givenchy tipis yang nyaris tak terlihat, gaun midi merah Balmain yang pas di badan dan banyak payet serta korset yang sesuai untuk film komedi romantis.

Sydney adalah iklan terbaik mengapa kita semua harus memanfaatkan apa yang kita tahu paling cocok untuk kita.

BACA JUGA:
15 Busana Terbaik Para Selebriti yang Hadir di Bazaar Icons Charity Gala 2023
10 Busana Terbaik di The Fashion Awards 2023

(Penulis: Amy De Klerk; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of Bazaar UK)