Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Panduan Lengkap Memilih Tas Kasual untuk Pria

A to Z dalam memilih tas kasual!

Panduan Lengkap Memilih Tas Kasual untuk Pria
Courtesy of @herschelsupply

Dalam kehidupan sehari-hari, tas menjadi salah satu aksesori yang tak terpisahkan bagi sebagian besar pria. Namun, dengan begitu banyaknya pilihan model, desain, dan fungsi, memilih tas yang tepat bisa menjadi tugas yang menantang. Sebuah tas bukan hanya sekadar wadah untuk membawa barang-barang, tetapi juga menjadi bagian dari gaya dan fungsi personal seseorang.

BACA JUGA: Keabadian Tas Tahun '90-an yang Menjadikan Setiap Penampilan Lebih Baik

Untuk itu, panduan ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang faktor-faktor kunci yang perlu dipertimbangkan saat memilih tas kasual untuk pria. Dari jenis-jenis tas yang sesuai hingga ke pertimbangan desain, material, dan gaya. Artikel ini akan membantu menuntun Anda dalam menemukan tas yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya pribadi.

Pertimbangkan jenis tas 

Courtesy of Porter-Yoshida & Co.

Beberapa jenis tas dirancang untuk menyempurnakan busana formal, seperti clutch, dan briefcase. Tetapi jika Anda ingin tetap menggunakannya maka, tukarlah briefcase dengan tote bag. Lirik saja tote bag dengan desain seperti Porter-Yoshida & Co. di atas, bentuknya yang terstruktur, serta memiliki beberapa saku yang dapat menjadi jinjingan sempurna dalam beraktivitas. 

Untuk clutch Anda dapat menggantinya dengan tas selempang (crossbody) dengan desain lebih smart casual. Seperti misalnya tas Coach Bandit shoulder bag 20, yang memiliki permukaan shiny, dan memiliki warna coklat ini, cocok dipadukan dengan berbagai busana santai Anda. 

Anda juga dapat mempertimbangkan tas ransel. Usahakan memilih ransel yang tidak memiliki terlalu banyak kantong di permukaan desainnya. Sebab ini dapat membuat oufit Anda terkesan militer daripada outfit santai. 

Courtesy of Coach

Jadikan nilon dan kanvas teman baik Anda

Bahan nilon, dan kanvas selain memiliki ketahanan yang baik, juga cocok dikenakan untuk sehari-hari. Setiap bahan memiliki kelebihannya tersendiri. Nilon lebih ringan, tahan terhadap panas, dan tidak mudah memudar. Prada, merek luks yang terkenal menggunakan bahan ini, bisa menjadi opsi Anda dalam berbelanja. 

Sedangkan tas berbahan kanvas umumnya memiliki motif yang lebih variatif, karena bahan ini dapat dengan mudah menyerap tinta cetakan. Selain itu, kanvas dapat mengadopsi berbagai treatment spesial. Misalnya mengoleskan wax pada tas kanvas dapat membuat tas tersebut tahan air. Sehingga tak jarang kanvas menjadi bahan favorit para produsen untuk berkreasi. 

Courtesy of Prada

Jangan lupa dengan ukuran serta berat bawaan Anda

Tas yang kebesaran ataupun yang kekecilan dapat merusak proposi tampilan Anda. Sebaiknya hindari menggunakan tas jenis fanny pack yang terlalu besar di depan. Lebih baik menggunakannya dengan mengarahkan tas Anda ke belakang. Jangan pula mengenakan tote bag berukuran masif, dengan bawaan yang berat. Sebab ini akan menyeret baju Anda, dan membuatnya menjadi berantakan. 

Sebelum Anda berbelanja tas, pertimbangkan benda apa saja yang kerap Anda bawa bersama Anda. Kemudian sesuaikan tas dengan banyaknya benda tersebut. Jika Anda memiliki banyak barang, hendaknya pula memilih tas yang memiliki banyak saku di dalamnya. Tentunya agar barang Anda terorganisir. 

Stick to classics!

Courtesy of @henderscheme

Tas kasual yang baik, ialah tas yang dapat Anda kenakan dengan busana santai Anda, tanpa harus membuat sebuah fashion statement. Karenanya, pilihlah warna netral yang mudah dipadukan dengan rotasi pakaian Anda. Misalnya, berbagai warna cokelat, warna hitam, putih, abu dan biru dongker dapat menjadi pilihan.

Perhatikan detail pada tas Anda

Jika Anda ingin lebih personalisasi tas sesuai gaya pribadi Anda namun tidak terlalu mencolok, Anda dapat mencoba dengan bermain di detail tas Anda.

Jika Anda menyukai gaya sporty pilihlah tas berbahan nilon, ataupun yang memiliki ritsleting waterproof. Untuk gaya futuristik, carilah tas dengan sedikit sentuhan hardware perak gloss, bisa jadi di gesper, ataupun pada gerigi ritsletingnya. Dan Anda menyukai gaya klasik, pilihlah tas terbuat dari kanvas berpadu kulit. 

BACA JUGA:
8 Rekomendasi Clutch Pria yang Cocok Dipakai Kerja
5 Tote Bag Kulit Pria Sempurna untuk Sehari-hari

(Foto: Courtesy of @herschelsupply, @henderscheme, Prada, Coach, Porter-Yoshida & Co.)