Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ini Alasan Mengapa Gerakan Kesehatan Mengalahkan Semua Tren Wellness

Aktivitas fisik sederhana mungkin menurun dengan cepat, tetapi sebenarnya gerakan adalah jawaban yang dapat membantu mencegah berbagai penyakit dan kondisi kronis.

Ini Alasan Mengapa Gerakan Kesehatan Mengalahkan Semua Tren Wellness
COURTESY OF BAZAAR UK

MOVEMENT
COURTESY OF BAZAAR UK

Teknologi yang canggih dan biohacking adalah dua kata kunci yang mendominasi dunia kesehatan serta kebugaran saat ini, momentum yang sedang berkembang untuk meningkatkan gerakan kesehatan, yang membuat aktivitas fisik mengalami penurunan yang cukup drastis.

Karena semakin banyak dari kita yang menjalani gaya hidup yang tidak aktif, penelitian menunjukkan bahwa sekitar 34 persen pria dan 42 persen wanita tidak cukup aktif untuk menjaga kesehatan. Ini merupakan sesuatu yang dapat menyebabkan demensia, depresi, obesitas, beberapa jenis kanker, penyakit kardiovaskular, dan kematian dini. Bahkan, menurut Public Health England, sekitar 20 persen populasi di sana dinyakatan kurang aktif dibandingkan tahun 1960-an, dan jika hal ini terus berlanjut, maka pada tahun 2030, populasi kita akan menjadi 35 persen kurang aktif.

BACA JUGA: 11 Kesalahan Umum Saat Olahraga di Rumah Agar Tidak Cedera

"Sangat penting bagi kita untuk meningkatkan kesadaran akan gerakan kesehatan jika ingin memperlambat dan mengembalikan tren ini," kata konsultan kesehatan, Stephen Price. Setelah mendirikan Movementum - merek pertama yang berfokus sepenuhnya pada gerakan kesehatan- bersama pelatih Hollywood, bernama David Higgins, ia memiliki misi untuk membuat kita semua bergerak lebih banyak, dan lebih baik.

"Meningkatkan gerakan kesehatan tidak hanya meningkatkan kesehatan fisiologis kita, tapi juga kesehatan emosional dan psikologis kita - yang semuanya memiliki dampak signifikan pada kualitas hidup, dan harapan hidup secara keseluruhan," katanya kepada Bazaar.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan gerakan kesehatan?

Gerak kesehatan mengacu pada kekuatan pada gerakan yang dapat membantu mencegah serta mengelola kesehatan kita. Baik fisik maupun mental, hanya dengan menjadi lebih aktif dalam kehidupan sehari-hari dan mengurangi waktu diam dalam jangka waktu yang lama.

"Bergerak adalah apa yang biasa disebut sebagai ‘poly pill’," kata Stephen, karena ini adalah "Strategi gaya hidup yang murah dan mudah yang dapat membantu mencegah serta mengelola banyak penyakit kronis".

WALKING
COURTESY OF BAZAAR UK

Apa yang harus kita ketahui tentang gerakan kesehatan?

Konsep dari gerakan kesehatan sangat sederhana, tidak seperti banyak topik lain dalam kebugaran, bersifat inklusif dan gratis untuk semua orang. Pertimbangkan tiga poin berikut ini:

  • Gerakan kesehatan tercipta untuk semua orang di segala usia dan tahap
    Terlepas dari usia, berat badan, kemampuan fisik, tujuan, atau hasil yang diinginkan, setiap orang memiliki potensi untuk membuat kemajuan dalam gerakan kesehatan mereka, menurut Stephen. "Ini adalah perjalanan yang unik, seumur hidup, dan tentang memenuhi potensi Anda. Anda tidak perlu membandingkan diri Anda dengan orang lain, yang penting adalah kemajuan Anda sebagai pribadi yang holistik."

  • Gerakan kesehatan tidak harus berat atau serius
    Anda tidak perlu melakukan latihan HIIT setiap hari atau melakukan lari 10k secara teratur untuk meningkatkan kesehatan gerakan Anda, lanjutnya. "Ciptakanlah olahraga yang sederhana dan yang terpenting, menyenangkan. Hal yang bisa dilakukan seperti: Jalan-jalan dengan teman, berkebun, melakukan peregangan selama lima menit di pagi hari, yang terpenting adalah Anda bergerak setiap hari." Perhatikan penekanan pada aktivitas yang disukai; "Ini akan meningkatkan motivasi Anda untuk bergerak dan sebagai hasilnya membantu menciptakan konsistensi dan membentuk kebiasaan yang sehat," jelasnya. "Mempertahankan rutinitas dari aktivitas berdampak rendah secara teratur akan memberikan banyak manfaat, mulai dari peningkatan kekuatan dan mobilitas hingga persendian yang lentur, jaringan otot yang kuat, dan sistem saraf yang teregulasi dengan begitu semuanya membantu mempersiapkan dan menyiapkan pikiran dan tubuh Anda untuk gaya hidup yang sehat, cekatan, dan bersemangat."

  • Kesehatan gerakan mendorong siklus yang baik
    Investasi dalam gerakan dapat memicu reaksi berantai yang holistik. "Dengan menerapkan aktivitas fisik yang menyenangkan dan realistis ke dalam rutinitas kita, kita akan termotivasi untuk bergerak lebih banyak dan sebagai hasilnya akan membangun kompetensi fisik dan mental serta perasaan kapabel secara keseluruhan," kata Stephen. "Perasaan menyanggupi ini meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri, dan dengan meningkatkan emosi positif seperti ini, kita akan cenderung mengeksplorasi cara-cara baru dalam bertindak atau berperilaku dan mencapai tujuan kita dengan lebih efektif."

STRETCH
COURTESY OF BAZAAR UK

Kesalahan yang bisa kita lakukan dengan kesehatan gerak

Berdasarkan pengalamannya, Stephen melihat ada tiga kesalahan umum yang dilakukan orang saat gerakan kesehatan, baik saat berolahraga secara formal maupun tidak. 

"Kesalahan paling umum yang saya lihat adalah kurangnya konsistensi," katanya. "Baik seseorang yang tidak banyak bergerak, atau yang sangat aktif, keduanya bisa menderita karena rutinitas gerakan yang tidak konsisten." Pedoman Kepala Petugas Medis Inggris merekomendasikan kepada orang dewasa untuk melakukan hal-hal berikut ini setiap minggunya:

  • Minimal 150 menit aktivitas intensitas sedang, 75 menit aktivitas berat, atau campuran dari keduanya
  • Memperkuat aktivitas selama dua hari
  • Mengurangi duduk dalam waktu lama

Kedua, Stephen melihat orang-orang yang tidak banyak bergerak mencoba untuk mencapai terlalu banyak hal dalam waktu singkat. "Mereka menetapkan tujuan yang tidak realistis dan mencoba memasukkan semua jenis gerakan ke dalam satu hari, yang sebenarnya menghalangi motivasi mereka untuk bergerak secara konsisten." Sering kali, orang mungkin melewatkan satu hari, kemungkinan karena motivasi yang memudar, dan mencoba menebusnya dengan berolahraga secara berlebihan di hari berikutnya. "Inkonsistensi ini memiliki dampak yang nyata tidak hanya pada kesehatan fisik tapi juga kesehatan psikologis," katanya, "mengurangi motivasi dan kepercayaan diri yang diperlukan untuk tetap konsisten dalam rutinitas olahraga, yang berdampak pada kesehatan mental dan fisik."

Ketiga, ia mengatakan bahwa orang yang lebih aktif cenderung kurang konsisten karena mereka tidak melakukan apa-apa pada hari-hari 'istirahat' mereka. "Hari pemulihan bukan berarti istirahat tanpa gerakan, justru sebaliknya: ini berarti melakukan jenis gerakan yang tepat untuk membantu mereka beristirahat dan memulihkan diri dengan cara yang paling efektif di antara hari latihan yang lebih berat." Bahkan olahraga ringan atau gerakan ringan pada hari istirahat akan membantu dengan sejumlah manfaat kesehatan seperti peningkatan kualitas tidur, penurunan nyeri otot, peningkatan tingkat energi, kondisi suasana hati yang lebih baik dan motivasi, tambahnya.

Cara untuk meningkatkan gerakan kesehatan Anda

Sebagai saran, NHS Choices memiliki berbagai informasi dan dukungan untuk membantu orang bertahan dan menjadi lebih bugar, termasuk Better Health yang memiliki banyak alat gratis. Public Health England juga merekomendasikan penggunaan aplikasi Active 10, yang membantu Anda membangun rutinitas jalan cepat, dan Couch to 5k untuk membantu para pemula mulai berlari. Lembaga amal, Activity Alliance, memberikan saran bagi para penyandang disabilitas untuk aktif bergerak.

Jika Anda memiliki niat untuk berinvestasi, Stephen merancang Movementum, merek yang bertujuan untuk meningkatkan literasi fisik melalui ekosistem unik dari kelas studio, perawatan spa dan produk premium, yang semuanya tersedia di The Spa di Mandarin Oriental Hyde Park, London untuk memberdayakan siapapun dan semua orang untuk bergerak bebas dan percaya diri secara konsisten.

Rangkaian produk alami, yang terdiri dari minyak dan balsem tubuh yang meningkatkan gerakan serta diffuser yang meningkatkan ruang gerak, selaras dengan persiapan, kinerja, pemulihan dan regenerasi gerakan. Tujuannya adalah agar perawatan semacam ini "dapat mendorong orang untuk melakukan sesuatu untuk diri mereka sendiri setiap hari dan merayakan manfaat luar biasa dan hal positif yang dihasilkannya," kata Stephen. Apa pun yang berhasil bagi Anda, itu penting.

BACA JUGA
Anda Malas Olahraga? 7 Hal Ini Dapat Terjadi Pada Tubuh Anda!
Penjelasan Manfaat Melatih Bagian Dasar Panggul dan Latihan Kegel

(Penulis: Bridget March; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Celine Setiawan; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)