Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Perkembangan Hubungan Romantis Beyoncé & Jay-Z

Dari kolaborasi musik bersama hingga sorotan publik pada kehidupan keluarga mereka.

Perkembangan Hubungan Romantis Beyoncé & Jay-Z
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar US)

Beyoncé dan Jay-Z bisa dibilang adalah pasangan selebritas favorit Amerika di era modern, dan romansa mereka, terlepas dari semua cobaan dan sorotan kontroversi yang dipublikasikan, terus terlihat semakin kuat.

Baca juga: Beyoncé, Jay-Z, dan Blue Ivy Menjadikan Super Bowl Sebagai Agenda Seru Bersama Keluarga

Selalu berkomitmen untuk menjaga privasi mereka, penyanyi dan rapper ini tetap menjadi salah satu pasangan A-lister yang paling berpengaruh sejak awal.

Sepanjang perjalanan romansa dua dekade lebih mereka, Beyoncé dan Jay-Z sering memberi penghormatan kepada satu sama lain lewat lagu. Bahkan beberapa lagu mereka berhasil memenangkan Grammy (jangan pernah lupakan penghargaan musik pertama Beyoncé untuk Jay-Z, "Crazy in Love"). Seperti sudah ditakdirkan, keduanya kini dipandang sebagai tokoh yang paling banyak dinominasikan Grammy dalam sepanjang sejarah.

Di bawah ini, lihat kembali perjalanan kisah cinta pasangan ini, mulai dari penampilan bersama mereka yang bersejarah, penghormatan untuk satu sama lain, hingga kilasan kehidupan pribadi keluarga mereka.

27 November 2022: Mereka pergi kencan malam.

Keduanya tertangkap kamera pada malam kencan di Giorgio Baldi di Santa Monica, California dalam penampilan publik informal mereka yang langka.

29 Juli 2022: Beyonce merilis Renaissance.

Penyanyi itu mendedikasikan album studio ketujuhnya, Renaissance untuk suaminya Jay-Z.

Sepanjang album, ia terus merujuk kepada suaminya, serta perselingkuhannya yang dipublikasikan secara luas. Ia bahkan menyinggung pertikaian di lift antara dirinya dan saudara Solange di "Cozy," sementara ia tampaknya membela dirinya dalam liriknya.

"Ia adalah dewa, ia adalah pahlawan / Ia berhasil selamat dari semua yang ia lalui / Percaya diri, sial, ia mematikan / Bolehkah saya menyarankan Anda untuk tidak bercinta dengan kakak saya / Karena ia terlihat nyaman," Beyoncé bernyanyi.

4 April 2022: Ibu Beyoncé memperingati perayaan hari jadi ke ke-14 tahun pasangan itu.

Tina Knowles-Lawson membagikan penghargaan manis untuk pasangan tersebut dengan montase video di Instagram.

"Selamat Ulang Tahun untuk salah satu inspirasi saya!" ia menulis di keterangan. "Mereka bekerja keras, tertawa keras, dan mencintai lebih keras selama 14 tahun."

30 Maret 2019: Jay-Z mendedikasikan penghargaan untuk Beyoncé.

Pasangan ini menghadiri Penghargaan  NAACP Image Awards 2019 untuk malam kemenangan di mana mereka berdua membawa pulang penghargaan: Beyoncé dihormati sebagai Entertainer of the Year sementara Jay-Z diberikan President's Award. Selama pidato penerimaannya, Jay-Z mendedikasikan penghargaan tersebut untuk semua wanita kuat dalam hidupnya, yang tentu saja termasuk istri Beyoncé.

Jay-Z
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar US)

20 Februari 2019: Mereka "mengambil alih" Inggris di Brit Awards.

Keduanya secara jarak jauh menerima penghargaan mereka untuk Best International Group dan secara ikonis berpose di depan foto berbingkai Duchess Meghan, dan diam-diam menunjukkan dukungan mereka untuk anggota kerajaan kelahiran Amerika di tengah drama Kerajaan Inggris dan Xenophobia.

16 Juni 2018: Mereka merilis album gabungan, Everything is Love.

Keduanya mendedikasikan album bersama pertama mereka untuk cinta mereka. Mereka kemudian memenangkan Grammy untuk album kontemporer terbaik di Grammy Awards tahunan ke -61.

6 Juni 2018: Mereka memulai On the Run II mereka.

Menyusul peluncuran tur pertama mereka yang sukses di Miami pada Juni 2014, keduanya memulai tur kedua di On the Run di Cardiff, Inggris, di mana pasangan itu menampilkan 37 lagu selama dua jam dan tampaknya juga telah memperkuat hubungan pernikahan mereka.

Dalam sebuah klip yang diputar selama pembukaan tur, keduanya muncul di atas panggung bersama anak-anak mereka dengan pakaian serba putih saat mereka menyanyikan duet lagu hit tahun 2009 mereka, "Young Forever," sementara pesan "This Is Real Love" muncul di layar belakang mereka . "Love is Universal" dan "Love Never Changes" adalah pesan tambahan yang muncul di seluruh konser.

Beyoncé & Jay-Z
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar US)

Selama jega tur bulan berikutnya, keduanya tertangkap bersantai di kapal pesiar di Italia.

29 November 2017: Jay-Z bercerita tentang perselingkuhannya.

Dalam percakapan dengan sebuah majalah, rapper itu bercerita bagaimana ia dan Bey akhirnya mencapai rekonsiliasi setelah perselingkuhannya.

"Anda tahu, kebanyakan orang pergi, dan tingkat perceraian bahkan sampai 50 persen," katanya menambahkan bahwa terapi telah membantunya melalui rasa sakit. "Yang paling sulit adalah melihat rasa sakit di wajah seseorang yang disebabkan oleh Anda dan kemudian harus berurusan dengan diri sendiri," lanjutnya. "Kebanyakan orang tidak ingin melakukan itu. Anda tidak ingin melihat ke dalam dirimu. Jadi Anda akhirnya berjalan pergi."

13 Juni 2017: Mereka menyambut anak kembar.

Keduanya menyambut bayi kembar Sir dan Rumi Carter. Untuk membuat ruang bagi keluarga mereka yang semakin berkembang, pasangan ini memutuskan untuk menetap di rumah Bel-Air baru  merekadi bulan Agustus.

"Kami ingin berbagi cinta dan kebahagiaan kami. Kami telah diberkati dua kali," dari "The Carters."

Beyoncé
(Foto: Courtesy of Instagram @beyonce)

Di akhir bulan, rapper tersebut juga merilis album studio ke-13 berjudul 4:44, di mana ia secara eksplisit mengakui perselingkuhannya untuk pertama kalinya.

"Saya minta maaf, cinta kita adalah satu untuk selamanya dan saya  akan mempertahankan kita," rapnya di trek "4:44". "Dan jika anak-anak saya tahu, saya bahkan tidak tahu apa yang akan saya lakukan / Jika mereka tidak melihat saya dengan cara yang sama / saya mungkin akan mati dengan semua rasa malu."

4 April 2017: Mereka hari jadi mereka yang kesembilan.

Beyoncé membagikan penghormatan yang tulus kepada sang rapper di Instagram dengan montase video untuk memperingati sembilan tahun pernikahan (serta 10 tahun hubungan romansa).

View this post on Instagram

A post shared by Beyoncé (@beyonce)

Di akhir bulan, keduanya terbang ke Bora Bora untuk liburan romantis menjelang kelahiran anak kembar mereka.

7 Oktober 2016: Mereka kembali ke atas panggung.

Keduanya tampil bersama untuk pertama kalinya sejak insiden Met Gala selama jadwal terakhir tur dunia Formation Beyoncé. Beyoncé mengundang Jay-Z ke panggung bersamanya dan memberi tahu penonton untuk "give it up for [her] man" sebelum Jay-Z naik untuk berciuman yang tampaknya menegaskan rekonsiliasi.

23 April 2016: Beyoncé merilis Lemonade.

Penyanyi itu merilis album studio keenamnya, Lemonade yang secara brutal membongkar skandal perselingkuhan sang rapper, memicu desas-desus yang terus berlanjut tentang perpecahan mereka. (Meskipun Beyoncé sendiri tidak pernah mengonfirmasi topik bahasan ini, lirik seperti, "Jika Anda mencoba omong kosong ini lagi, Anda akan kehilangan istrimu," dalam "Jangan Menyakiti Dirimu" dan, "Anda hanya bisa merasakan ketidakjujuran / Itu ada di napasmu saat Anda berpura-pura begitu angkuh," dalam "Pray You Catch Me" sepertinya merujuk pada perselingkuhan.)

Rumor keretakan di antara mereka semakin meningkat pada bulan berikutnya ketika Beyoncé tampil solo di Met Gala serta pada tanggal 28 Agustus ketika ia tampil tanpa Jay-Z di MTV VMA.

Ibu Beyoncé, Tina Knowles Lawson kemudian meruntuhkan semua rumor pada saat itu dengan memberi tahu awak media, "[Album] ini bisa tentang pernikahan siapa pun. Saya pikir semua orang pada suatu waktu telah dikhianati, dibohongi, dan ini tentang rasa sakit dan proses penyembuhan dan ini tentang, 'Bagaimana Anda melewati itu dan terus maju.'"

5 Mei 2014: Pertengkaran Met Gala menyulut rumor perselingkuhan.

Menurut rekaman video yang bocor dan segera menjadi viral, saudara perempuan Beyoncé, Solange, secara fisik menyerang Jay-Z di dalam lift di Met Gala. Pertengkaran terkenal itu dikabarkan terjadi sebagai tanggapan atas perselingkuhan yang dilakukan oleh sang rapper.

Beberapa hari kemudian, ketiganya mengeluarkan pernyataan untuk meluruskan rumor pertengkaran publik tersebut, meski gagal menjelaskan mengapa hal itu terjadi.

"Ada banyak spekulasi tentang apa yang memicu insiden itu. Tetapi yang paling penting adalah keluarga kami telah mengatasinya. Jay dan Solange masing-masing memikul tanggung jawab atas apa yang telah terjadi. Mereka berdua mengakui peran mereka dalam masalah pribadi ini yang terungkap ke publik. Mereka berdua telah meminta maaf satu sama lain dan kami telah bergerak maju sebagai keluarga yang bersatu. Laporan tentang Solange yang mabuk atau menunjukkan perilaku yang anarkis sepanjang malam itu adalah tak benar. Di akhir, setiap keluarga memiliki masalah dan kami tidak berbeda. Tapi kami saling mencintai dan di atas segalanya kami adalah keluarga. Kami telah melupakan ini dan berharap semua orang akan melakukan hal yang sama."

Desas-desus perceraian tetapi terus beredar setelah kejadian itu.

"Kabar di dunia industri adalah bahwa segala sesuatunya terlihat sulit di rumah," ujar sumber yang pernah bekerja dengan Jay-Z kepada media pada saat itu. Padahal, teman Jay-Z yang lain menegaskan, "Mereka adalah pasangan yang hebat. Mereka adalah belahan jiwa dan cocok satu sama lain."

Beyoncé & Jay-Z
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar US)

Beyoncé
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar US)

Setahun kemudian, Solange serta Beyoncé dan Jay-Z, terlihat sekali lagi menghadiri acara Met Gala, meski tidak difoto bersama.

15 Februari 2013: Beyoncé membicarakan tentang Jay-Z dalam sebuah wawancara.

Berbicara dengan Oprah Winfrey di acara Oprah's Next Chapter, penyanyi tersebut mengungkapkan rasa terima kasihnya untuk Jay-Z dan semua yang ia lakukan untuk mendukungnya selama hubungan mereka.

"Saya tidak akan menjadi seperti sekarang jika saya tidak bersama pria itu," katanya.

"Kamu tahu kita berteman dulu selama satu setengah tahun sebelum akhirnya kita berkencan walaupun lewat telepon selama satu setengah tahun," tambahnya. "Dan fondasi itu sangat penting dalam suatu hubungan. Dan memiliki seseorang yang Anda sukai sangatlah penting dan seseorang yang sangat jujur."

Keesokan harinya, pasangan ini juga merilis film dokumenter HBO mereka, Life Is but a Dream, menawarkan potret lebih detail tentang kehidupan mereka melalui klip video eksklusif.

7 Januari 2012: Mereka menyambut anak pertama mereka.

Pasangan itu menyambut anak pertama mereka, Blue Ivy Carter. Bey membagikan foto pertama Blue pada bulan berikutnya dirilis di akun Tumblr-nya.

"Kami merilis ini untuk berbagi kegembiraan kami," tulis penyanyi itu di postingan.

28 Agustus 2011: Beyoncé memulai debut baby bump pertamanya.

Setelah rumor kehamilan berbulan-bulan, penyanyi itu akhirnya mengonfirmasi berita tersebut di acara MTV VMA Awards 2011, di mana ia memeluk bayinya saat mengenakan gaun oranye cerah.

Beyoncé
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar US)

Sore harinya, Beyoncé secara terbuka berbicara tentang kehamilannya selama penampilannya di "Love on Top", dengan memberi tahu penonton, "Saya ingin Anda berdiri mandiri. Saya ingin Anda merasakan cinta yang tumbuh di dalam diri saya."

20 Januari 2009: Mereka tampil di pelantikan pertama Presiden Barack Obama.

Dalam acara kepresidenan pertama mereka yang diselenggarakan oleh Barack Obama, mereka akhirnya hadir bersama sebagai pasangan, Beyoncé dan Jay-Z menyanyikan "America the Beautiful" pada upacara pelantikan Presiden Barack Obama di Gedung Putih. Mereka juga membawakan lagu klasik dari Etta James "At Last" untuk tarian pertama presiden dan Ibu Negara, Michelle Obama di pesta pelantikan tersebut.

20 November 2008: Beyoncé bercerita secara terbuka tentang pernikahan.

Penyanyi itu secara terbuka bercerita tentang apa yang ia pelajari dari pernikahannya dengan Jay-Z.

"Kurasa mungkin kita semua hanya manusia biasa," katanya kepada sebuah media. "Saya tidak peduli jika dirimu tidak sempurna atau Anda orang pria paling tampan, sukses, paling keren tapi Anda merasa masih sedih, dan perasaanmu masih terluka, dan Anda masih bingung, rentan, gugup, dan takut. Anda harus menemukan seseorang yang dapat menemani Anda melewati melalui masa-masa sulit."

4 April 2008: Mereka menikah.

Keduanya menikah di sebuah pesta pernikahan intim yang sangat rahasia yang diadakan di penthouse milik sang rapper di Manhattan.

"Itu adalah pernikahan yang sangat emosional — banyak tangisan — dan sangat spiritual," kata seorang sumber dalam kepada media.

Kemudian pada bulan Agustus, Jay-Z menjawab pertanyaan tentang pernikahan tersebut dalam sebuah wawancara untuk sebuah media lain.

"Itu terdengar konyol bagi saya untuk mengonfirmasi," katanya. "Saya pikir itu pertanyaan konyol. Saya hanya berpikir itu benar-benar bagian dari hidup Anda yang harus Anda simpan untuk diri sendiri. ... Anda harus melakukannya, atau Anda akan menjadi gila di dunia ini. Anda harus memiliki sesuatu yang sakral bagi Anda dan orang-orang di sekitar Anda.... Saya berbagi begitu banyak kehidupan, masa kecil saya, dan keluarga saya, kematian dari keponakan saya dengan dunia. Saya harus memiliki sesuatu untuk saya sendiri."

Bey juga berbicara mengenai pernikahannya dalam sebuah wawancara dengan sebuah media.

"Tidak ada yang terburu -buru - tidak ada yang mengharapkan saya lari dan menikah," katanya kepada media itu. "Saya benar -benar tidak percaya bahwa Anda akan menyukai hal yang sama ketika Anda berusia 20 tahun seperti yang Anda lakukan pada usia 30 tahun. Jadi itu adalah aturan saya: sebelum usia 25, saya tidak akan pernah menikah. Saya merasa harus ntuk mengenal diri sendiri, ketahui apa yang Anda inginkan, habiskan waktu sendirian, dan bangga dengan siapa Anda sebelum Anda dapat membagikannya dengan orang lain."

Akhirnya, keduanya mengonfirmasi pernikahan tersebut, ketika Beyoncé menampilkan cuplikan dari pernikahan tersebut dalam video musiknya "All Night" pada November 2016.

29 Agustus 2004: Mereka membuat debut karpet merah mereka.

Penyanyi dan rapper itu membuat penampilan karpet merah pertama mereka sebagai pasangan di MTV Video Music Awards di Miami, di mana keduanya membawa pulang penghargaan Moonmen.

Beyoncé & Jay-Z
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar US)

14 Mei 2003: Beyoncé memulai debut Jay-Z di lagunya.

Beyoncé mengeluarkan lagu pertamanya yang didedikasikan untuk Jay-Z, "Crazy in Love," dari album studio solo debutnya, Dangerously in Love. Lagu tersebut kemudian memenangkan kategori lagu R&B terbaik dan Kolaborasi Rap/Sung Terbaik pada tahun berikutnya di Penghargaan Grammy Tahunan ke-46.

Keduanya belum mempublikasikan hubungan mereka kala itu, tetapi lagu spesial ini memicu rumor hubungan yang sedang berlangsung.

Selama wawancara tahun 2013 dengan penyanyi itu, bertahun-tahun kemudian, Oprah Winfrey mengingatkan Bey bagaimana ia  mengatakan untuk menjaga privasi seputar perselingkuhannya dengan sang rapper selama obrolan pertama mereka.

"Saya ingat pertama kali Anda berada di acara Oprah, saya katakan kepada Anda, 'Jangan seenaknya memberi tahu orang-orang tentang sosok yang Anda kencani,'" kenang Winfrey.

10 Oktober 2002: Jay-Z memulai debut Beyoncé di lagunya.

Rapper ini merilis lagu pertamanya yang didedikasikan untuk penyanyi tersebut bertajuk "03 Bonnie & Clyde," dari album studio ketujuhnya, The Blueprint 2: The Gift & the Curse. Bey itu juga tampil di video musik yang mereka rekam bersama di Meksiko.

November 2001: Mereka mengonfirmasi hubungan mereka di sebuah media.

Pasangan ini secara resmi mengonfirmasi romansa mereka dengan pemotretan pasangan untuk sebuah media, di mana mereka mengungkapkan lebih banyak detail tentang hubungan mereka dan bagaimana mereka bertemu.

"Kami baru saja mulai mencoba berkencan," kata sang rapper kepada media itu, dan menambahkan, "Ya, Anda tahu, Anda harus mencoba dulu. Ia adalah orang yang menawan."

Sekitar 1999–2000: Mereka saling merayu.

Penyanyi dan sang rapper pertama kali bertemu di MTV Spring Break Festival di Cancún, Meksiko, antara September 1999 dan Agustus 2000, ketika penyanyi itu masih remaja.

"Saya berusia 18 tahun saat pertama kali bertemu, 19 tahun saat kami mulai berkencan," kenangnya kepada sebuah media pada 2008.

"Kami berteman dulu selama satu setengah tahun sebelum akhirnya kami berkencan," kata penyanyi itu kepada Oprah Winfrey pada 2013.

Baca juga:

Beyoncé Tampil Bak Ratu dalam Gaun Sheer untuk Acara After-Party Ajang Oscar

Beyonce Terlihat Sangat Memesona dalam Gaun Strapless dan Pink Gloves

(Penulis: Sabrina Park; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)