Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Thierry Mugler, Perancang Busana asal Prancis yang Ikonis Tutup Usia

"Tak diragukan Thierry adalah seorang visioner yang imajinasinya tak terbatas sebagai seorang perancang adibusana, pembuat parfum, dan penggerak citra memberdayakan orang-orang di seluruh dunia untuk menjadi lebih berani, dan bermimpi lebih besar lagi setiap harinya."

Thierry Mugler, Perancang Busana asal Prancis yang Ikonis Tutup Usia

Perancang busana legendaris asal Prancis, Thierry Mugler meninggal dunia pada usia 73 tahun.

Berita itu dikonfirmasi langsung dari akun Instagram resmi sang desainer, yang mengunggah potret hitam putih Thierry dengan keterangan, "Dengan kesedihan yang mendalam House of Mugler mengumumkan meninggalnya Tuan Manfred Thierry Mugler. Seorang visioner yang imajinasinya tak terbatas sebagai seorang couturier, pembuat parfum, dan penggerak citra memberdayakan orang-orang di seluruh dunia untuk menjadi lebih berani dan bermimpi lebih besar setiap hari."

Desain berkonsep teatrikal dan inovatifnya terutama yang terinspirasi oleh era glamor dari 1940-an dan 1950-an dan siluet dekade itu sering kali langsung dikenali sebagai karyanya berkat detail bahu dan pinggul yang ekstra, pinggang yang kecil, dan korset pahatan futuristik.

Thierry dan Diana Ross yang mengenakan busana rancangannya di tahun 1993.
Thierry dan Diana Ross yang mengenakan busana rancangannya di tahun 1993.

Banyak sosok bintang trend-setting terkenal terlihat mengenakan desain milik Thierry, mulai dari David Bowie hingga Diana Ross, George Michael hingga Rihanna, Béyonce hingga Kim Kardashian.

Pada tahun 2019, Thierry sempat kembali ke dunia mode setelah absen selama 20 tahun, untuk menciptakan "wet dress" yang dikenakan oleh Kim Kardashian ke Met Gala. Tampilan yang memiliki ilusi ratusan tetesan air yang berkilauan, membutuhkan waktu delapan bulan untuk dibuat.

Lahir dengan nama asli Manfred Thierry Mugler pada tahun 1948 di Strasbourg, Prancis, ia memulai karier kreatifnya bukan dalam bidang desain, tetapi di dunia tari.

Pada usia 14 tahun, Thierry adalah pemain berbakat dan penari Ballet du Rhin, sebuah lembaga opera di Prancis.

Meskipun ia sangat berbakat di bidang ini, ia selalu tertarik untuk membuat pakaiannya sendiri dan membuka butik pertamanya di Paris selama tahun 1970-an, menurut laporan sebuah media besar.

Thierry tidak hanya dikenal di dunia fashion, tetapi juga kecantikan, karena brand-nya yang dikenal dengan wewangian populer "Angel" dan "Alien".

Dunia mode pun memberikan penghormatan kepada warisan dari sang desainer legendaris.

Irina Shayk

Tracee Ellis Ross

Diana Ross

Coco Rocha

Christian Siriano

(Penulis: Jessica Davis; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)