Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

The Fashionable Life: Menjadi Ibu ala Paula Verhoeven Wong

"Seorang Ibu akan selalu memberikan yang terbaik untuk anaknya," ujarnya.

The Fashionable Life: Menjadi Ibu ala Paula Verhoeven Wong

Ada pepatah mengatakan, "Saat Anda melihat ibu Anda, Anda sedang melihat cinta paling murni yang pernah Anda tahu."

Nyatanya, memang tidak ada yang lebih tulus dari kasih sayang seorang ibu kepada anaknya. Paula Verhoeven Wong pun merasakan afeksi tersebut saat ia dikaruniai seorang putra, Kiano pada akhir tahun 2019.

"Fokus saya berubah, dulu yang lebih ke karier dan diri sendiri, sekarang seluruh waktu dan tenaga dicurahkan ke anak saya," ungkapnya seiring pemotretan The Fashionable Life kali ini.

Baginya definisi ibu yang baik adalah sosok yang mengetahui cara memperlakukan anaknya. "Seorang Ibu akan selalu memberikan yang terbaik untuk anaknya," ujar Paula. "Meski terkadang badan kita tidak bisa selalu mengikuti ego sebagai Ibu yang ingin all out," tambahnya.

Paula mengaku ia secara mandiri mengurus Kiano selama 6 bulan pertama tanpa bantuan babysitter, meski terasa sangat melelahkan, kondisi tersebut mengajarkan banyak hal kepadanya. "Saya belajar banget bahwa menjadi seorang ibu sangat tidak mudah ya, toleransi saya semakin tinggi dan saya merasa tidak banget jika orang memandang sebelah mata terhadap pekerjaan rumah tangga," tutur Paula.

Terlebih lagi, kepedulian dan tanggung jawabnya terhadap anaknya membentuk kebahagiaan tersendiri. "Saya amazed sekali melihat perkembangan Kiano dari balita hingga kini, dari yang bulu mata cuman satu sekarang bisa keluar air mata, dari yang tidak punya gigi lalu bisa mengunyah, panggil mama, kemudian posisi duduk, merangkak, dan indahnya, saya mengalami semua itu," ucapnya.

Saat ditanya apa impian Paula untuk anaknya kelak nanti, ia menjawab, "Tidak muluk-muluk sih. Saya hanya ingin melihat Kiano menjadi anak yang saleh (memiliki fondasi agama yang kuat), sehat, berbakti dengan orang tua, dan sukses. Semoga ia juga bisa berbagi kebahagiaan dengan orang lain, terutama keluarga."

Portofolio ini:

Cape dan dress, Didi Budiardjo.

Foto: Paula Verhoeven Wong

Editor Fashion: Michelle Othman

Retoucher: Raghamanyu Herlambang