Cara Romeo + Juliet Membawa Shakespeare untuk Generasi Baru

Dua puluh lima tahun kemudian, adaptasi drama klasik dari Baz Luhrmann masih bergema.

Courtesy of Bazaar US


Saya berada di kelas bahasa Inggris kelas sembilan ketika saya menonton Romeo + Juliet untuk pertama kalinya. Saat itu awal tahun 2000-an masih berada di era ponsel flip, AIM (platform pesan instan), dan Myspace (layanan jejaring sosial). Karya Shakespeare telah lama membawa reputasi sebagai sesuatu yang sulit untuk diajarkan, karena bahasa telah berkembang selama berabad-abad. Namun di milenium baru, guru sastra justru menghadapi wilayah baru yang belum pernah dibahas untuk rentang perhatian para siswa.

Baca juga: Bagaimana Para Bond Girls Menjadi Wanita Paling "Berbahaya" di Dunia

Ketika kelas saya menonton Romeo and Juliet, adaptasi film tahun 1968 karya Franco Zeffirelli, tidak banyak membantu dalam menerjemahkan kata-kata penulis naskah abad ke-16 untuk penonton abad ke-21. Jadi ketika guru saya memutar TV dan masukan kaset VHS versi 1996 Baz Luhrmann, yang menandai hari jadinya yang ke 25 hari ini, rekan-rekan saya dan saya diduga skeptis.

Tetapi tidak butuh waktu lama bahkan bagi siswa yang paling tidak menyukai Shakespeare untuk menjadi benar-benar terpesona dengan sinematografi yang membingungkan dan bersemangat tentang apa yang sekarang menjadi landasan kanon Baz. Bertempat di pantai Verona fiksional modern (perpaduan kehidupan nyata Miami, Mexico City, dan Boca del Rio, Veracruz), film dibuka dengan narator membaca prolog terkenal drama itu dan mengatur adegan untuk “where civil blood makes civil hands unclean.”

Berikut ini adalah dua jam film aksi dan drama tak henti-hentinya berlatar kisah cinta yang paling banyak dibaca sepanjang masa. Tentu saja, semua orang tahu cerita ini akan berakhir tragis, tetapi sebelum itu, banyak yang harus terjadi. Drama itu mungkin tentang romansa remaja, tetapi juga tentang cara "kelas", keluarga, dan agama membentuk siapa dan apa yang kita cintai.

Courtesy of Bazaar US

Interpretasi Baz yang mewah dan memanjakan secara visual membantu menghidupkan tema-tema ini untuk generasi baru. Dengan Romeo + Juliet yang indah, ada realisme yang meresahkan dalam penceritaan kembali kontemporer Baz tentang kisah kuno itu. Tampaknya sangat masuk akal bahwa anak-anak manja dari keluarga kaya yang bertikai ini akan berpapasan dan akhirnya jatuh cinta satu sama lain. Mungkin tidak dalam rentang waktu 24 jam, tapi tetap saja, rasanya bisa saja terjadi.

Bagian dari apa yang membuat adaptasi Baz begitu mudah diakses adalah para bintang-bintangnya. Leonardo DiCaprio berada di panggungnya sendiri hari ini, tetapi pada tahun 1996, ia masih mempersiapkan Titanic dan telah melakukan sebagian besar televisi hingga saat itu. Membuatnya menjadi Romeo semakin memperkuat status heartthrob-nya dan mendorongnya ke tingkat selebriti baru. Claire Danes mengikuti jalan yang sama setelah melangkah ke peran Juliet, menjadi aktris yang dicari yang masih melayani emosi sebagai ratu "tangisan jelek".

Selain dua pemeran utama, John Leguizamo sebagai Tybalt dan Harold Perrineau sebagai Mercutio juga berperan sempurna, membawa tidak hanya keragaman dalam hal etnis dan warna kulit, tetapi juga keragaman kerajinan dan interpretasi. Tybalt Leguizamo berliku-liku dan didorong oleh kebutuhan terus-menerus akan kemarahan dan balas dendam, Mercutio Perrineau hidup untuk sorotan dan memberantas serta mengaburkan norma gender.

Keduanya melakukan "ping-pong" antara flamboyan dan kerentanan, penampilan mereka benar-benar meninggalkan segalanya di layar. Dan kemudian ada Paul Rudd, yang pesona awet mudanya entah bagaimana membuat Dave Paris, orang tua bangsawan Juliet mencoba untuk menjodohkannya, karakter yang agak menyenangkan, meskipun sama sekali tidak menyadari fakta bahwa Juliet terpikat dengan orang lain.

Courtesy of Bazaar US

Di luar sinematografi dan pemerannya, film ini juga ditandai secara unik oleh soundtrack-nya, yang seimbang antara elektrik dan somber. Ketika kami pertama kali bertemu Leonardo sebagai Romeo kami yang malang, ia duduk di tepi air saat matahari terbenam, mengenakan jas di atas kemeja putih yang tidak dikancing di kerah. Ia menulis jurnal, merenungkan cintanya yang tak terbalas untuk Rosaline, keponakan Lord Capulet yang tak terlihat (dalam adaptasi 1996, nama lengkapnya adalah Fulgencio Capulet).

Saat ia merokok dan berkeliaran di sekitar pantai berpasir oranye yang basah kuyup, "Pembawa Acara Talk Show" Radiohead mulai diputar. Momennya begitu emo sehingga setiap remaja, terlepas dari zamannya, dapat merasakannya. (Apakah kira-kira Olivia Rodrigo sudah menonton Romeo + Juliet?)

Ada juga pertemuan lucu antara Romeo dan Juliet di kamar mandi rumah Capulet, saat "I'm Kissing You" oleh Des'ree diputar di latar belakang, hanya untuk mengungkapkan bahwa Des'ree sendiri sebenarnya sedang bernyanyi di pesta besar di ruangan lain. Saya masih merinding setiap kali memikirkannya.

Momen musik penting lainnya dari film tersebut datang melalui mendiang Quindon Tarver, yang sebagai anak paduan suara menyanyikan covermengharukan dari Prince “When Doves Cry” dan “Everybody’s Free (To Feel Good)" milik Rozalla. Keduanya termasuk dalam soundtrack, yang terjual lebih dari dua juta kopi, mendapatkan status double-platinum.

Dengarkan Romeo + Juliet 1996 Kissing You (Des'Ree) di sini.

Penerimaan terhadap film, sangat beragam pada saat itu. Roger Ebert tidak sepenuhnya setuju dengan penceritaan ulang radikal, menyebutnya sebagai "kekacauan yang dibuat oleh Romeo & Juliet versi punk baru dari tragedi Shakespeare." Kritikus film memberikannya hanya dua bintang, menyebut Leonardo dan Claire "aktor muda yang berbakat dan menarik," tetapi yang setidaknya dari sudut pandangnya, "di atas kepala mereka sendiri."

Meskipun kritik dibagi, film ini meraup hampir 150 juta US Dolar (2.141.940.000.000 rupiah) di seluruh dunia dan kemudian mengalahkan Titanic di BAFTA 1998 untuk penyutradaraan terbaik, musik orisinal, dan desain produksi. Mengingat cara Titanic mendominasi wacana budaya pop selama beberapa tahun terakhir tahun 90-an, itu adalah pencapaian yang nyata.

Beberapa adaptasi kontemporer dari karya Shakespeare telah bergema secara budaya, kemungkinan karena tidak ada yang mampu menangkap kombinasi spesifik dari kekuatan bintang, musikalitas yang bergerak, dan intensitas visual yang dicapai Baz dengan Romeo + Juliet. Satu yang patut dicatat adalah Maqbool, sebuah drama kriminal India tahun 2003 berdasarkan Macbeth, yang dibintangi oleh Irrfan Khan sebagai karakter tituler. Itu tidak menerima pengakuan global yang hampir sama, tetapi jika Anda suka melihat Shakespeare berlatar dunia modern, itu penting.

Courtesy of Bazaar US

Mungkin yang membuat Romeo + Juliet tetap relevan adalah kemampuannya untuk mengakar pada tradisi masa lalu sambil tetap memberi ruang untuk hari esok dan jalan masa depan, apa pun itu. Rasa ketidakpastian yang luar biasa yang meliputi masa muda kita, tidak pernah benar-benar hilang. Waktu yang berubah menjadi sesuatu yang tidak berwujud dan sulit diukur tampaknya menjadi inti dari kedewasaan, terutama dalam iklim kita saat ini.

Saya sering merasa terputus dari sekarang, karena saya tidak dapat memahaminya. Begitulah cara karakter dalam film ini digambarkan juga, dan keputusasaan mereka terasa seperti semacam kekerabatan yang menghibur yang dapat saya kunjungi berulang kali. Dan sebenarnya, Romeo + Juliet membuat Shakespeare tak lekang oleh waktu.

Baca juga:

Kisah Nyata Percintaan Tragis JFK Jr dan Carolyn Bessette yang Dibuat Menjadi American Love Story

Memandang Skandal Bill Clinton dan Monica Lewinsky Melalui Kacamata Feminis

Cara Adele Buktikan Bahwa Banyak Orang Menyukai Lagu Tentang Patah Hati

(Penulis: Mekita Rivas; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Bazaar US)