Search engine Lyst kembali merilis laporan tahunannya yang berfokus di Fashion, yang mana laporan ini berisi tentang kebiasaan berbelanja lebih dari 140 juta orang di dunia. Tak hanya melaporkan dalam bentuk angka, situs ini juga melaporkan berapa banyak orang yang mengunjungi sebuah situs e-commerce fashion dan penjualan produk fashion lebih dari 6 juta produk yang mereka dapatkan dari 12,000 situs online, termasuk data banyaknya media dan media sosial yang melaporkan label, tren dan momen fashion tertentu secara spesifik.
Melalui sebuah laporan, Lyst kemudian mengumpulkan lima produk fashion yang kembali digemari di tahun ini. Dari mulai sepatu clog hingga tas Fendi Baguette, inilah beberapa benda fashion yang kembali.
1. Fendi baguette
Salah satu tas yang pernah menjadi favorit banyak orang beberapa tahun yang lalu dan kembali menjadi benda yang paling dicari adalah Fendi Baguette. Pencarian akan tas Fendi Baguette di tahun ini melonjak pesat menjadi 138 persen dalam satu tahun, angka itu termasuk dengan tas Fendi Baguette versi untuk pria yang langsung terjual habis setelah tanggal rilisnya.
2. Clogs
Maria Grazia Chiuri adalah sosok yang kembali membuat clogs sebagai benda yang paling dicari semenjak dirinya melansir 'Diorquakes' di panggung runway saat awal tahun 2019. Pencarian akan sepasang sepatu dengan elemen kayu melonjak di bulan Juni setelah terlihat dikenakan oleh supermodel Elsa Hosk.
3. Dr. Martens
Pencarian akan sepatu boots lansiran Dr. Martens melonjak hingga 88 persen tahun ini, yang kemudian membuat banyak model sepatu dengan desain sejenis juga kembali menjadi tren.
4. Teva Sandals
Pencarian untuk Teva naik hingga lebih dari 65 persen selama dua kuarter di tahun 2019. Sandal yang mengusung aliran desain sporty ini telah mengalami kenaikan penjualan sebanyak 78 persen setelah berkolaborasi dengan label Anna Sui, model ini kemudian juga menginspirasi banyak desainer dan label high street untuk melansir model yang sejenis.
5. Jelly Shoes
Pencarian jelly shoes naik secara signifikan di bulan April, dan terus naik hingga mencapai 82 persen setiap bulannya. Sebelumnya sepatu model tersebut memang sudah bermunculan di beberapa catwalk desainer seperti Gucci dan Alexachung.
(Penulis: Amy De Klerk; Artikel ini disadur dariBazaar UK;Alih bahasa: Astrid Bestari; Foto: Courtesy of Bazaar UK)