9 Film Horror Lokal Terbaik untuk Rayakan Halloween Tahun Ini

Tak melulu produksi Barat, sinema horor lokal pun makin kredibel untuk dinikmati!

Courtesy of Pexels


Pencinta film horor pasti sedang mencari-cari film seram apa yang seru untuk ditonton jelang Halloween tahun Ini. Baik film Barat atau pun lokal, film horor memang selalu menarik untuk ditonton karena bisa memunculkan adrenalin tersendiri bagi para penontonnya. Termasuk juga Anda. Nah, dalam artikel kali ini, Harper's Bazaar Indonesia akan sajikan deret film horor lokal berkualitas baik dari segi plot, keseluruhan ide cerita, bahkan pilihan pemainnya. Dengan merangkum dari lini masa yang tak terlalu lama, maka boleh dibilang sembilan film horor lokal berikut merupakan film-film baru yang produksinya tak lebih dari tiga tahun terakhir. So, here we go!


1. Pamali (2022)

Dibintangi oleh Putri Ayudya, Taskya Namya, dan Martino Lio, film yang diangkat dari game horor online terviral di masanya ini benar-benar sukses menyajikan film yang menakutkan. Digarap dengan sangat serius sehingga detail yang ditampilkan benar-benar mirip dengan yang ada di game nya, membuat film ini sangat diminati oleh para gamer bahkan penonton biasa sekalipun. Berkisah mengenai seorang wanita hamil tua yang menempati rumah kosong miliki suaminya yang akan segera dijual, ia justru melakukan banyak pantangan (pamali) yang dipercaya oleh penduduk setempat. Lebih dari itu, ternyata rumah kosong ini juga menyimpan banyak misteri yang akhirnya menyeret mereka pada pengalaman mistis yang mengerikan. Permainan kamera, kemunculan sosok tak terduga, hingga cerita yang tak bisa diterka, membuat film ini jadi salah satu film horor lokal paling menarik untuk ditonton. Kisah yang juga sangat denkat dengan keseharian dan kultur lokal seperti kepercayaan, sesajen, hingga kondisi sosial masyarakat yang diangkat, benar-benar menjadikan Pamali jadi film horor yang relate dengan keseharian Kita.


2. Pemandi Jenazah (2024)


Lagi-lagi film horor lokal bagus yang layak Anda tonton pada Halloween tahun Ini. Mengisahkan tentang seorang wanita yang secara terpaksa harus meneruskan tugas ibunya sebagai pemandi jenazah di desa karena sang ibu tiba-tiba meninggal dengan cara tak wajar, membuat wanita ini justru mengungkap kasus aneh yang membuat satu per satu wanita di desa tempat ia tinggal meninggal dengan cara yang mengerikan. Dibintangi oleh Aghniny Haque, Djenar Maesa Ayu, hingga Nola B3, film ini hadir sebagai penyegar film horor lokal dengan cerita dan pengemasan yang tidak begitu-begitu saja. Efek yang keren, sound yang berani dan disturbing, hingga riasan yang layak diacungi jempol, menjadikan film ini jadi salah satu film horor lokal yang punya kualitas baik sehingga bisa bersaing dengan film horor internasional lainnya. Tak percaya? Coba langsung tonton malam ini, ya!


3. Teluh Darah (2023)


Satu-satunya film seri dengan tema horor yang tak boleh Anda lewatkan jika mengaku suka dengan horror movies. Terdiri Dari 10 episode yang sama sekali tak membosankan untuk diikuti, film ini semakin sempurna untuk ditonton karena plot twist yang dihadirkan sangatlah mencengangkan. Ini kekuatan Taluh Darah yang paling luar biasa. Plot twist yang di luar dugaan dan kisah horor intens yang sangat menaik-turunkan emosi, membuat film seri ini sangat worth-to-watch Dari segala sisi. Meski ada kekurangan di satu dan lain hal, namun hal itu tertutup oleh keseluruhan penggarapan cerita yang luar biasa bagus. Akting para pemain yang mumpuni pun membuat film horor lokal ini jadi kian pantas untuk ditonton dan disukai. Banyak wajah lama tapi ada juga wajah-wajah baru yang menyegarkan untuk perfilman Indonesia. Disutradai oleh Kimo Stamboel dan dibintangi oleh Lukman Sardi, Mikha Tambayong, hingga Deva Mahendra, film tentang praktik ilmu hitam ini makin menarik karena juga dipenuhi dengan darah di mana jadi khas film-film garapan Kimo Stamboel.


4. Kuasa Gelap (2024)


Membuka khasanah baru akan film horor lokal dengan nuansa religi non-Islam ini boleh dibilang jadi sebuah gebrakan menarik karena kisah misteri tentu tak hanya bisa dilihat dari POV agama Islam saja. Agama lain pun punya praktik eksorsisme nya sendiri yang mungkin selama ini jarang diangkat ke layar sinema Indonesia. Dengan hadirnya Kuasa Gelap yang kini Masih tayang di biokop, Anda justru seperti sedang diajak untuk melihat praktik penghempas iblis jahat dalam versi lokal yang biasanya hanya bisa Anda tonton di film-film horor Barat. Dibintangi oleh Jerome Kurnia, Astrid Tiar, hingga Lukman Sardi, Anda akan diajak untuk melihat cerita anti-Christ yang berlatarkan kehidupan sosial masyarakat di Indonesia.


5. Siksa Kubur (2024)

Film horor lokal paling kontroversial dan viral pada awal tahun ini dibanjiri oleh bintang bintang besar seperti Slamet Rahardo, Niniek L. Karim, Faradina Mufti, Reza Rahadian, hingga Christine Hakim. Bercerita tentang seorang wajinta yang ingin membalass dendam atas trauma dan amarah masa lalunya pada seseorang sekaligus ingin mencari tahu apakah praktik siksa kubur merupakan hal nyata atau hanya isapan jempol belaka, menjadikan wanita ini melakukan banyak hal aneh dalam kesehariannya. Ketidakyakinannya akan agama karena kepercayaannya pernah dikhianati, membuat ia malah terjebak pada hal-hal mistis yang mengganggu diri bahkan orang-orang di sekitarnya. Dipenuhi oleh adegan-adegan disturbing, membuat film horor lokal karya Joko Anwar ini layak Anda tonton.


6. Tanduk Setan (2024)

Satu hal yang membuat film horor lokal ini sangat menarik adalah, karena berlatar belakang di Banten, Maka sang sutradara, Amriy R. Suwardi dan Bobby Prasetyo, memutuskan untuk langsung mengajak orang-orang lokal asli Banten untuk jadi pemerannya. Oleh karenanya, film ini terasa amat natural karena bahasa yang digunakan merupakan bahasa setempat yang langsung dituturkan oleh orang aslinya. Akting mereka pun lebih terasa mengerikan karena sesuai dengan kultur yang melatarbelakangi. Bercerita tentang dua fase kehidupan manusia yaitu fase kelahiran dan kematian, film ini berkisah tentang pasangan yang sedang menunggu kelahiran anak mereka dan harus mengalami kejadian mistis sepanjang perjalanan menuju tempat melahirkan. Tontonlah dan rasakan bagaimana film ini akan membawa Anda ke pengalaman nonton horor lokal yang benar-benar lokal. Seperti sedang berada di Banten langsung!


7. Susuk (2023)


"Susuk" adalah film yang menggabungkan unsur horor dan drama dengan latar belakang budaya lokal yang kaya. Tidak hanya menampilkan adegan-adegan menyeramkan, tetapi juga menyampaikan pesan tentang bahaya ambisi yang tidak terkendali dan konsekuensi dari memilih jalan pintas dalam hidup. Sembari mengeksplorasi tradisi kuno yang mempraktikkan pemasangan jarum-jarum halus yang dipercaya dapat memberi kekuatan supranatural dan kecantikan nan abadi film ini menjadi semakin seru karena alur ceritanya yang terbilang rapih dan apik. Dengan akting yang kuat dan cerita yang menegangkan, "Susuk" menjanjikan pengalaman menonton yang mendebarkan dan penuh misteri bagi Anda para penyuka film misteri.


8. Tebusan Dosa (2024)

Digarap oleh produser film Exhuma dan Kabut Berduri, film ini merupakan film drama-thriller yang menggali tema-tema penebusan, kejahatan, dan pencarian kebenaran. Mengisahkan perjalanan penuh emosi dan ketegangan dari seorang wanita yang berusaha untuk membebaskan dirinya dari bayang-bayang masa lalu yang kelam, film horor lokal yang dibintangi oleh Happy Salma dan Putri Marino ini merupakan film yang penuh ketegangan, emosi, dan intrik sehingga mengajak penonton untuk merenungkan konsekuensi dari tindakan mereka di masa lalu dan mengingat akan pentingnya kejujuran serta pengampunan dalam mencari kedamaian sejati di kemudian hari. Menjadi salah satu film horor lokal yang berbeda, film ini juga memberi napas segar dalam perfilman horor Indonesia yang tak melulu berkisah tentang hantu, Kuntilanak, Pocong, dan makhluk-makhluk halus lainnya. Karena misteri tak cuma tentang Sosok gaib tapi juga mengenai banyak hal yang menakutkan seperti trauma, pembunuhan, dan segala sesuatu yang bersifat negeri.


9. Menjelang Ajal (2024)

Film horor dengan Shareefa Daanish di dalamnya, tentu langsung menjadi film horor lokal yang menarik untuk ditonton. Ya, Menjelang Ajal salah satunya. Berkisah tentang praktik pesugihan untuk jadi penglaris warung makan miliknya, menjadikan seorang wanita secara tak disadari memiliki sebuah perjanjian tertentu dengan iblis yang sulit untuk dilepas. Mengancam jiwa dirinya dan seluruh keluarganya, menjadikan praktik pesugihan yang ia lakukan justru merusak segala sgi kehidupannya. Film horor lokal yang mengangkat tema kultural seperti ini nampaknya makin menarik untuk disimak karena sangat relate dengan budaya sehari-hari. Dibintangi juga oleh Daffa Wardhana, Caitlin Halderman, hingga Ruth Martini, film yang disutradarai oleh Hadrah Daeng Ratu ini layak Anda tonton untuk Halloween Tahun Ini.