Intip 8 Langkah Menuju Complexion Makeup yang Tampil Prima dan Bebas Cakey!

Tampilan makeup yang sempurna harus diawali dengan "kanvas" yang halus dan memukau.

COURTESY OF FREEPIK


Dalam merias diri, base makeup menjadi bagian paling penting yang bisa memberikan efek makeup memukau secara keseluruhan. Layaknya lukisan, complexion adalah kanvas. Anda perlu menciptakan kanvas yang baik agar produk makeup lainnya juga menempel sempurna dan bisa menjadi satu kesatuan yang indah dipandang.

Bagaimana menciptakan makeup yang halus, tampak mulus, dan bebas cakey? Sebaiknya simak langkah-langkah di bawah ini!

Persiapkan kulit dengan baik

COURTESY OF PEXELS

Skin prep adalah poin krusial, karena makeup dan skincare adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Anda tak bisa memiliki tampilan makeup yang mengagumkan bila perawatan kulit tidak dilakukan setiap hari. Jadi, pastikan kulit dalam kondisi lembap dan terhidrasi sebelum makeup. Gunakan serum danmoisturizer sesuai jenis kulit Anda dan biarkan menyerap sepenuhnya sebelum mengaplikasikan makeup. Eksfoliasi secara rutin 1-2 kali dalam seminggu juga penting, untuk mengangkat sel kulit mati yang bisa membuat makeup terlihat tidak merata. Ingin lebih praktis? Ikuti cara yang banyak dilakukan oleh makeup artist (MUA), yaitu menggunakan hydrating sheet mask dan menyemprotkan face mist sebelum mulai berdandan.

Gunakan primer yang tepat

COURTESY OF LAURA MERCIER

Pilih face primer yang sesuai dengan jenis kulitmu, misalnya primer yang melembapkan untuk kulit kering, atau primer yang mengontrol minyak untuk kulit berminyak. Primer membantu menciptakan lapisan dasar yang halus sehingga makeup lebih menempel dan terlihat natural.

Hindari mengaplikasikan terlalu banyak produk

COURTESY OF FREEPIK

Pakai produk secara bijak. Menggunakan terlalu banyak foundation, cushion, atau concealer dapat membuat makeup terlihat berat dan cakey. Mulailah dengan sedikit produk, lalu tambahkan perlahan jika perlu. Fokus pada area yang butuh lebih banyak coverage, seperti di sekitar hidung atau bawah mata.

Pilih produk yang lightweight

COURTESY OF DIOR

Foundation atau cushion dengan formula yang ringan atau sheer coverage cenderung memberikan hasil akhir yang lebih natural dan tampak halus, seolah kulit Anda terlahir seindah itu. Jika butuh lebih banyak coverage, pakai foundation secara bertahap, aplikasikan tipis dan berlapis. Jangan memilih produk yang berat dan mengaplikasikannya langsung dalam jumlah banyak. Selain hasilnya akan cakey, kulit jadi kesulitan bernapas karena pori-pori tersumbat. Ini bisa memicu jerawat di kemudian hari.

Baurkan dengan sempurna

COURTESY OF FREEPIK

Gunakan spons makeup yang lembap atau kuas khusus untuk mengaplikasikan foundation, dan pastikan kamu benar-benar membaurkannya dengan cermat. Spons lembap membantu menyerap kelebihan produk, membuat foundation lebih mudah diratakan, dan dapat memberikan hasil yang lebih mulus.

Set dengan loose powder secukupnya

COURTESY OF GIVENCHY

Aplikasikan bedak tabur secara tipis hanya pada area yang cenderung berminyak, seperti T-zone. Hindari penggunaan bedak terlampau berlebihan karena bisa membuat makeup Anda terlihat kering, crack, dan cakey.

Aplikasikan setting spray sebagai langkah akhir

COURTESY OF URBAN DECAY

Jangan lupa untuk menyemprotkan setting spray setelah Anda selesai merias diri, untuk membantu mengunci makeup dan memberikan efek natural yang menyatu dengan kulit.

Touch-up dengan benar

COURTESY OF PEXELS

Ketika Anda merasa perlu touch-up, gunakan kertas minyak terlebih dahulu untuk menyerap kelebihan sebum sebelum menambah bedak. Hal ini mencegah penumpukan produk yang bisa membuat makeup terlihat berat atau menggumpal.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, complexion Anda akan tampil lebih segar dan menakjubkan, makeup akan lebih tahan lama dan bebas cakey sepanjang hari.