Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Pernah Dengar Tentang Manfaat Parfum Rambut?

Bazaar kupas tuntas, dari manfaat, hingga cara pakai parfum rambut!

Pernah Dengar Tentang Manfaat Parfum Rambut?
Courtesy of Pexels

Memang belum sering menjadi elemen kesempurnaan. Tapi berpenampilan rapi juga mencakupi sentuhan wewangian untuk rambut. 

BACA JUGA: Apa itu Perawatan Rambut "Dermaplaning"?

Wewangian selalu memikat kita. Lihat saja apa yang dikatakan Patrick Süskind, pada novelnya Perfume: The Story of a Murderer. 

“Aroma lebih persuasif daripada perkataan, penampilan, emosi atau bahkan kehendak. Kekuatannya tidak dapat disangkal, ia masuk kedalam diri kita seperti napas ke dalam paru-paru kita, memenuhi kita, menjiwai kita.”

Perfume: The Story of a Muderer Versi 1991 - Courtesy of Amazon

Tak dapat disangkal, parfum selayaknya busana, merupakan ekstensi dari diri kita. Parfum dapat memberikan rasa kepercayaan diri, serta meningkatkan mood. 

Tapi apakah cukup hanya menggunakan parfum tubuh? Bagaimana dengan rambut? 

Sebelum membahas lebih dalam, mari kenali terlebih dahulu apa itu parfum rambut.

Courtesy of Pexels

Apa itu parfum rambut?

Parfum rambut ialah parfum yang sudah diformulasikan dengan unsur yang dapat menjaga kulit kepala, dan helaian rambut. Misalnya, keratin dan mengandung lebih sedikit kadar alkohol sehingga tidak merusak kulit kepala. 

Apa saja manfaat parfum rambut?

Pertama, tentu saja wangi. Bahkan, beberapa merek ternama di industri parfum seperti Maison Francis Kurkdjian, Diptyque, Byredo, dan Acqua di Parma. Telah memformulasikan aroma khusus untuk rambut. 

Selain memberikan aroma pada rambut, hair perfume juga  dapat menutrisi rambut. Parfum rambut dapat bekerja layaknya leave-in conditioner, dan masker rambut. 

Berapa lama wangi parfum rambut bertahan?

Ketahan parfum rambut sangat bergantung pada satu individu dengan yang lainnya. Umumnya faktor seperti panjang rambut, dan jenis rambut dapat memengaruhi ketahanannya.

Namun, parfum rambut dapat bertahan lebih lama daripada parfum badan. Ini disebabkan rambut lebih kuat dalam membawa wewangian daripada kulit tubuh. 

Bagaimana cara menggunakannya?

Parfum rambut merupakan finishing touch pada rutinitas haircare Anda. Cukup semprotkan parfum, seraya anggukan kepala Anda, agar parfum dapat menyebar ke seluruh bagian rambut. 

Rekomendasi parfum rambut dari Bazaar!

Maison Francis Kurkdjian Paris, Baccarat Rouge 540

Maison Francis Kurkdjian Paris, Baccarat Rouge 540 - Courtesy of Maison Francis Kurkdjian Paris

Bagi para pecinta parfum, tiada yang tak kenal dengan aroma ini. Perpaduan wangi woody yang maskulin, dengan amber yang oriental, menjadikan Baccarat Rouge 540 salah satu aroma yang menempel di benak para penciumnya. Kali ini, wewangian ini juga hadir dalam bentuk parfum rambut. Memiliki tekstur lebih ringan, serta halus. 

Diptyque, Do Son

Diptyque Do Son - Courtesy of Diptyque

Beralih ke wewangian ala feminim ala bunga putih, dengan sentuhan kesegaran nuansa laut. Varian Do Son dari Diptyque hadir dengan tuberoses sebagai bahan utama mereka, dipadukan dengan freshness dari jeruk, dan kelembutan dari bunga melati.

Byredo, Bal D'Afrique

BYREDO BAL D'AFRIQUE - Courtesy of Byredo

Sesuai dengan namanya, parfum rambut ini terdiri dari berbagai bahan dari Afrika. Top notes diisi dengan buchu, rempah asal Afrika Selatan, yang dipadu dengan bunga marigold dari Afrika, dan jeruk. 

Acqua Di Parma, Rosa Nobile

Acqua Di Parma Rosa Nobile - Courtesy of Acqua Di Parma

Bagi para pecinta wewangian floral yang romantis dan lembut, Rosa Nobile ialah pilihan tepat! Parfum rambut ini kaya akan berbagai macam jenis bunga di dalamnya. Centifolia Rose Absolute, Lily-of-the-valley, pada mid notes. Dilengkapi dengan kesegaran jeruk bergamot di top notes. 

BACA JUGA:
10 Manfaat Memakai Serum Rambut
Seberapa Sering Anda Harus Mencuci Rambut?

(Penulis: Angel Lawas; Foto: Courtesy of Maison Francis Kurkdjian Paris, Diptyque, Byredo, Acqua Di Parma, Amazon dan Pexels)