Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

William dan Kate Beri Penghormatan Satu Tahun Kematian Sang Ratu

Menandai satu tahun setelah kematian Ratu Elizabeth II, Pangeran William dan Putri Kate berikan penghormatan. Dilengkapi juga dengan Raja Charles III dan Pangeran Harry.

William dan Kate Beri Penghormatan Satu Tahun Kematian Sang Ratu
Courtesy of Bazaar US

Setahun setelah wafatnya Ratu Elizabeth II, Pangeran William dan Putri Kate menghormati kenangannya. 

BACA JUGA: Gelar Bangsawan Kate Middleton dari Tahun ke Tahun

Pangeran dan Putri Wales, telah resmi kembali bertugas setelah mengambil hiatus pada liburan musim panas anak-anak mereka, serta menghadiri kebaktian pribadi di Katedral St.David hari ini.

Untuk acara bersama pertama mereka sejak akhir masa hiatus, Kate tampak anggun dalam balutan gaun mantel plum dengan bahu berstruktur, garis leher V, dan dua kancing lis emas. Ia melengkapi penampilannya dengan sentuhan monokromatik khasnya: topi fascinator warna senada, clutch ungu tua, dan sepatu suede berwarna ungu anggur. Ia juga menambahkan sentuhan halus mendiang ratu, dengan memilih mengenakan anting-anting mutiara yang dulunya adalah milik Ratu Elizabeth.

Sementara itu, William mengenakan setelan jas biru tua dengan dasi polkadot biru yang serasi, kemeja putih berkancing, dan sepatu hitam.

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

Selama kebaktian sepuluh menit, dekan katedral, wakil dekan, dan pendeta kanon memimpin doa untuk pasangan kerajaan. Selain itu, paduan suara membawakan lagu Henry Purcell, "Engkau Tahu, Tuhan, Rahasia Hati Kami," yang dimainkan selama prosesi peti mati ratu di pemakaman kenegaraannya.

"Lagu ini membangkitkan kesedihan dan emosi saat pemakaman Yang Mulia 12 bulan yang lalu," ujar pihak Istana Kensington dalam sebuah pernyataan kepada Bazaar. "Momen yang paling mengharukan dalam upacara tersebut adalah ketika Pangeran William menemani istrinya, Princess of Wales, meletakkan bunga di samping gambar mendiang ratu. Saat keduanya berdiri dan merefleksikan diri di depan patung tersebut, udara menjadi hening, dengan keheningan yang menggema di sekitar katedral bersejarah tersebut. Selama kebaktian, doa-doa dipanjatkan dalam bahasa Wales dan Inggris."

Setelah kebaktian, William dan Kate menuju ke pastoran katedral, di mana sang putri meletakkan buket bunga di depan potret ratu. Bunga-bunga yang disertakan adalah ivy, salal, uskus, eukaliptus, thlaspi, asparagus, dan pittosporum, dengan mawar putih, mawar jepang, astilbe, veronica, astrantia billion star, kembang bokor, Alchemilla mollis, dan bunga-bunga lilin.

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

Raja Charles III menandai peringatan satu tahun kematian ibunya dan kenaikan tahtanya dengan sebuah pernyataan.

"Dalam menandai ulang tahun pertama wafatnya mendiang Yang Mulia dan kenaikan takhta saya, kami mengenang dengan penuh kasih sayang atas kehidupan panjangnya, pengabdiannya yang penuh dedikasi, dan semua yang ia berikan kepada banyak orang," ujarnya.

"Saya juga sangat berterima kasih atas cinta dan dukungan yang telah ditunjukkan kepada istri saya dan saya sendiri pada tahun ini karena kami melakukan yang terbaik untuk melayani Anda semua."

Pangeran Harry juga mengunjungi London dan Kapel St George di Windsor, di mana ia secara pribadi memberikan penghormatan kepada mendiang neneknya.

BACA JUGA:
Ucapan Selamat Ulang Tahun Pangeran Charles III Pada Pangeran William Melalui Foto Manis
Penampilan Terbaik Kate Middleton di Wimbledon

(Penulis: Chelsey Sanchez; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of BAZAAR US)