Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Mengeksplorasi Visi Direktur Kreatif Kate Spade

Duo Jennifer Lyu dan Tom Mora menuturkan langsung gagasan mereka dalam menangkap semangat segar energi kota New York.

Mengeksplorasi Visi Direktur Kreatif Kate Spade

Antusiasme begitu menarik seketika berderap di  landasan taman The High Line, vibransi Kate Spade kali ini menggetarkan spirit athleisure dengan elevasi elemen "dressy" yang menyambut Bazaar saat itu juga. Duo direktur kreatif Tom Mora dan Jennifer Lyu pun mengajak kami masuk ke dunia warna-warna cerah dan pola-pola berani penuh emosi sembari menjelaskan momen-momen inspiratif terutama di musim semi untuk karya rancangan mereka. 

"It started with a feeling, a feeling that it's the first glimpse of Spring," Jennifer membuka percakapan kami di presentasi itu. Musim ini, mereka mengambil pendekatan yang lebih santai, namun tetap menciptakan intensitas kuat dalam desain. Estetika sporty dengan siluet kasual, garis-garis bersih, dan interpretasi modern tentang setelan, semuanya tetap "100% Kate Spade" ucap Tom Mora. 

Dalam koleksi ini, banyak sekali penggabungan elemen tidak terduga, seperti material crepe dan jacquard namun untuk tracksuit dengan sentuhan mutiara pada ujung drawstring celana. 

Kedua desainer dengan cermat menciptakan keseimbangan antara maskulinitas dan femininitas sekaligus menekankan pentingnya pola geometris dan minimalisme, seperti pada tas-tas yang bersifat skulptural dengan imbuhan detail tegas secara subtil.

Vibe tersebut nyatanya terinspirasi dari orang-orang sekitar mereka, "Wanita seperti Jennifer dan wanita yang bekerja dengan saya setiap hari turut menyatukan segala imajinya. Saya juga suka people watching, karena itu menceritakan kisah sebenarnya, selebriti di Instagram adalah hal yang lain," ungkap Tom. 

"Seperti menariknya apa yang Anda kenakan sekarang, dengan sudut pandang yang berbeda," ujar Jennifer seraya menunjuk gaya busana editor fashion Bazaar dengan setelan Kate Spade penuh motif yang dipadukan dengan kemeja renda bertekstur warna-warni nan kilap dengan anting hijau bebatuan berwujud kumbang. 

Meski mereka mengakui adanya perubahan lanskap fashion yang terjadi di New York, di mana busana santai semakin mendominasi. Mereka berambisi untuk melayani segmen pelanggan baru ini sambil tetap mempertahankan identitas brand. Walau pergeseran tersebut malah membuka peluang baru yakni memperluas daya tariknya ke market yang jauh lebih luas.

Salah satu penampilan menarik lainnya adalah kembalinya desain logo dan motif Noel yang ikonis. Awalnya diluncurkan oleh Kate dan Andy Spade pada tahun 1999. Permainan motif yang pragmatis, diimajinasikan kembali bersama tekstur dan energi baru menjadi suguhan koleksi kapsul serbaguna dalam warna (mengutip Jennifer) wasabi green untuk busana siap pakai, sepatu, baju renang, aksesori, dan tentunya tas. Gubahan ini menandakan pendekatan yang lebih muda dan kian playful bagai kunci untuk direksi kreatif mereka.

Jennifer menegaskan, "We love to surprise and delight our customer." Tom lalu menambahkan bahwa pengikut Kate Spade tengah mengharapkan hal yang tidak terduga, "the whimsy and sort of the wink," sebutnya.