Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Hal yang Menarik Tentang Raffles Bali, Termasuk Wellness dan Kuliner

Jika Anda mempertimbangkan Raffles Bali sebagai destinasi menginap, coba baca 10 pengalaman kami berikut ini.

10 Hal yang Menarik Tentang Raffles Bali, Termasuk Wellness dan Kuliner
Foto: Courtesy of Raffles Bali

Raffles Bali adalah salah satu premium chain resort di Bali. Baru-baru ini Raffles Bali meluncurkan program baru yaitu The Five Senses of Wellness Retreat melalui aktivitas fisik, penyegaran spirit melalui sesi wellness, serta kuliner. Ini hal-hal yang menarik dari Raffles Bali dan program tersebut.

1. Raffles Bali, adalah resor seluas 23 hektar yang terletak di Jimbaran serta  memiliki hanya 32 vila yang luas dan seluruhnya memiliki private pool. Vila terkecil yaitu Hilltop Panoramic Pool Villas luasnya 375 meter persegi, sementara Ocean Pool Villas dan Panoramic Pool Villas luasnya 470 meter persegi, termasuk area ruang luar yang juga luas terdiri dari infinity pool, dan gazebo dengan pemandangan laut lepas.

Raffles Bali
Ocean View-Pool Villa


2. Bila mengikuti program ini, maka ketika Anda menginap, di atas meja sudah tersedia headphone dan mood audio, bath salt, eye mask, essential oil diffuser, serta satu set aromatherapy oil box untuk menemani perjalanan wellness Anda.

3.  Raffles telah mengkurasi sejumlah program, salah satunya adalah Rainbow Healing, yaitu sebuah metode penyembuhan batin dan melepaskan hal-hal negatif yang tidak diinginkan di dalam diri. Founder-nya, Frances Fuller mengajarkan sebuah sistem untuk mengenali diri sendiri, membangunkan, dan menata ulang diri supaya menjadi diri sendiri seutuhnya. Ia menggunakan alat bantu yaitu Rainbow Healing Card, Essential Oil, dan mengisi jurnal.

Kita harus membuat refinement list yaitu hal-hal yang dipilih untuk ada di hidup kita dan hal-hal yang tidak diinginkan. Setelah itu harus dilakukan afirmasi terhadap hal-hal yang dipilih dan membuang hal-hal negatif yang tidak diinginkan. Frances bersama suaminya Steven membuat sebuah yayasan Fuller Life Bali, sebuah healing center yang diberikan secara cuma-cuma untuk warga lokal. 

4. Program lainnya adalah Sistrum Sound Healing di Desa Potato Head, Seminyak.

Raffles Bali
Sistrum Sound Healing

Metode ini dibangun selama 4 tahun dan merupakan pengembangan dari Pyramids of Chi, yang menggunakan sinar, suara dan vibrasi. Pengalaman ini bisa dilakukan secara privat atau grup, Setiap peserta akan dibaringkan di water bed, lalu dengan audio personal dialirkan narasi  dan suara yang memberikan afirmasi dan relaksasi, diiringi dengan sinkronisasi frekuensi cahaya dan getaran pada water bed yang menstimulasi gelombang pikiran. Dengan mata terpejam, kita akan mencapai tahap meditative dan biasanya akan merasakan ngantuk yang luar biasa. Beberapa individu konon bahkan bisa mengalami penyembuhan batin. 

5. Yoga mungkin sudah umum, tetapi yang menarik dari Yoga di sini adalah karena dipandu Eoin Finn, yogi terkenal dari Canada yang juga seorang surfer dan Blissologist. Ia menciptakan konsep Blissology Yoga yang berpusat pada ide sederhana untuk berbagi kebahagiaan dan menghubungkan yoga lebih dalam pada  spritualitas alam.  Eoin tidak hanya mengajarkan yoga tetapi juga menyalurkan spirit.

6. Selain itu ada pula Stephanie Hoo  yang mengajarkan Qigong, sebuah latihan pengaturan napas, gerakan, yang  awalnya merupakan latihan bela diri Tiongkok pada lebih dari 5000 tahun yang lalu. Stephanie selalu menyelipkan sejarah dan filosofi Qigong setiap memulai gerakan. Latihan sambil mendengar desiran ombak di pantai dengan gerakan yang indah dan perlahan diiringi oleh  pengaturan napas, memberikan efek yang sangat meditative. Disamping itu  melalui 5 elemen Qigong, organ utama kita diperkuat dan aliran energi akan semakin besar.

Raffles Bali
Morning Qigong oleh Stephanie Hoo


7. Raffles memiliki beberapa menu Spa tetapi salah satu yang berbeda adalah Body Balancing. Perawatan ini lain dengan terapi atau massage yang biasa, Body Balancing yang dilakukan oleh Stephanie Hoo mengaplikasikan teknik dengan sentuhan yang lembut tetapi tertuju untuk vitalitas organ. Teknik ini menimbulkan rasa nyaman dan relaks yang maksimal.

Raffles Bali
Sunset di Raffles Bali

8. Melukat juga dimasukkan ke dalam program The Five Senses of Wellness Retreat. Sebuah konsep membersihkan diri dari hal-hal negatif yang merupakan tradisi Bali.  Raffles Bali mengundang Priestess Desak Akeno, seorang penyembuh yang kharismatik untuk melakukan “Purification Ceremony” dengan air suci. Diakhir Melukat, setiap peserta diberikan gelang Tri Datu sebagai simbol tiga kekuatan untuk memberikan perlindungan.

9. Raflles Bali menjadikan bersantap sebagai bagian dari wellness journey. Salah satunya adalah picnis breakfast by the beach

Raffles Bali
Picnic Breakfast

Raffles Bali memiliki perkebunan, yang hasilnya menjadi ingredient menu di Farm Terrace.  Konsepnya adalah farm to table yang kaya protein dan rendah kalori seperti smoked grilled eggplant, Java burratta, kakap, udang dan lobster panggang dengan saus chimichurri, dan olahan sayuran yang berlimpah. Makan malam di bawah pergola yang hanya berkapasitas 6 orang terasa sangat privat. 

Untuk makan siang bisa mencoba Loloan Beach Bar & Grill yang lokasinya di beachfront dan dekat dengan area kolam renang. Jangan lupa untuk mencoba Raffles Garden Salad yang colorful sebagai  pembukanya dan  Acquerello Risotto Tamarind sebagai main course-nya.

Raffles Bali
Farm Terrace

Rumari bisa menjadi opsi untuk makan malam. Tersedia 5 course Discovery menu yang diinspirasi dari rasa otentik makanan khas Indonesia, antara lain menu Singaraja yang terbuat dari bebek peking, belimbing wuluh, dan berbagai rempah, serta Tabanan, menu penutup berupa ganache pandan yang diisi dengan karamel gula aren dan sorbet kelapa. 

10. Raffles Bali menyediakan Sleeping Rituals setiap malam. Kita bisa menikmati mandi dengan soothing lavender bath salt yang telah disediakan.  Lalu menyeruput minuman hangat seperti teh secang yang dibuat segar, sambil menyalakan oil diffuser dan mendengarkan mood audio sebagai pengantar tidur.

(Layout teaser: Muhammad Somad; Foto: Courtesy of Raffles Bali)