Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Fakta Menarik Tentang COMO Shambala, Buat Anda yang Ingin Sepenuhnya Healing

Salah satu resor yang paling direkomendasi buat Anda pencari ketenangan.

10 Fakta Menarik Tentang COMO Shambala, Buat Anda yang Ingin Sepenuhnya Healing
Foto: Courtesy of COMO Shambala

COMO Shambala, Ubud Bali yang dikenal sebagai residential retreat dengan konsep holistic wellness, dibuka kembali Maret yang lalu setelah tidak beroperasi selama 2 tahun akibat pandemi.  Berikut beberapa hal yang menarik tentang Como Shambala.

1. COMO Shambala memiliki seluas 9,3  hektar yang rimbun dengan lembah dan Sungai Ayung  di salah satu sisinya. Akomodasinya yang tersebar dan bervariasi mulai dari 5 residences dan 9 villas yang bisa memastikan privasi di saat menginap. Salah satunya adalah Retreat Pool Villa, vila 1 kamar dengan lounge area, private pool, dan steam room. Setiap vila selalu dilayani oleh seorang butler .

COMO Shambala

2. Program holistic wellness-nya bisa disusun sesuai dengan goal individu dan diisi dengan berbagai aktivitas mulai dari yoga, pilates, hydrotherapy, massage, meditasi, trekking atau berjalan di sawah, sampai perencanaan menu yang diatur oleh wellness expert, tapi bisa disesuaikan dengan irama dan kenyamanan setiap individu. 

3. COMO Shambala memiliki beberapa ahli wellness, salah satunya adalah Dr. Prasanth VS, seorang Ayurvedic Doctor. Ayurveda adalah sebuah ilmu kehidupan yang membantu kita untuk mengerti tipe tubuh kita dan mengubah hidup yang lebih sehat dan bahagia.

4. Salah satu ikonnya adalah water garden yang dinamakan Kedara, taman dengan beberapa kolam dan sumber mata air yang terletak di bawah mendekat ke Sungai Ayung. Untuk mencapai Kedara yang indah ini harus turun melalui 300 anak tangga sehingga bisa menjadi sebuah pengalaman untuk asupan tubuh dan jiwa.

5. Di Kedara kita bisa melakukan Picnic Breakfast: duduk dengan pemandangan kolam yang menyejukkan sambil menikmati makanan ringan dan menyesap jus yang sehat, mendengarkan suara gemiricik sungai dan siulan burung-burung, serta dikelilingi oleh atmosfer alam Ubud yang tenang.

COMO Shambala
Picnic by the river

6. Menuju ke Kedara terdapat sebuah sumber mata air, salah satu yang paling murni dan tersuci di Bali. Di situlah biasanya dilakukan Melukat, sebuah tradisi Bali untuk mensyukuri apa yang telah diberikan alam dan dikondisikan untuk menerima energi positif sekaligus melepaskan energi negatif. Seperti biasa  gelang Tridatu akan dikenakan di pergelangan tangan diakhir proses Melukat.

COMO Shambala

7. Massage Therapy adalah komponen kunci di sana. Dengan minyak pijat ramuan khusus yang menjadi signature-nya, kita bisa melakukan mulai dari Deep Tissue Massage, Indian Head Massage, Indonesian Massage, Thai massage, Hot River Stone Massage, Taksu Massage, Prenatal Massage, Manual Lymphatic Massage, Reflexology sampai Sport Masssage

8. Selain Spa, COMO Shambala juga memiliki fasilitas Vitality Pool, sebuah konsep terapi air (Hydrotherapy). Dengan panduan seorang instructor, kita melakukan gerakan-gerakan di dalam kolam renang jacuzzi tersebut dan menjalani bagian demi bagian bertekanan air yang dilakukan secara estafet sampai seluruh bagian tubuh memperoleh terapi tekanan air. Hasilnya adalah rasa segar dan rileks yang luar biasa.

9. COMO Shambala memiliki filosofi untuk menu yang disajikan. Semua harus segar, banyak di antaranya yang mentah, disajikan dari kebun ke meja dalam waktu sependek mungkin. Ini dimaksud agar menjaga enzim, vitamin, dan mineral di dalamnya.

COMO Shambala
Villa Umabona

10. Selain Glow, yang menyediakan menu sehat  dan nikmat, ada Kudus House,  resto yang menyediakan menu Indonesia dan tempat untuk makan pagi. Bukan saja arsitektur rumah Kudusnya yang indah, pemandangan saat duduk di sini juga spektakuler.

COMO Shambala juga menyediakan private dining untuk maksimum 20 orang yang bisa diadakan di area kolam renang. 

(Layout teaser: Mohamad Somad; Foto: Courtesy of COMO Shambala)