Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

8 Hal Menarik Tentang Plataran Menjangan

Menginap di area yang merupakan kawasan Taman Nasional!

8 Hal Menarik Tentang Plataran Menjangan

Daerah di ujung Barat Pulau Bali sangat menarik karena terdapat kawasan Taman Nasional Bali Barat yang kaya akan kekayaan flora dan fauna . Ada dua resor yang beroperasi di situ . Salah satunya adalah Plataran Menjangan. Ini hal-hal yang menarik dari resor itu.


1. Plataran Menjangan, adalah satu-satunya eco tourism resort yang diizinkan untuk mengelola 382 hektar area dari total 190 km persegi hutan Taman Nasional Bali Barat, sebuah taman nasional yang terkenal akan kekayaan alamnya. Kawasan itu merupakan kawasan konservasi yang di dalamnya terdapat ekosistem yang sangat beragam seperti hutan bakau, savana, hutan pegunungan, hutan muson dengan 175 spesies flora dan 167 spesies fauna termasuk Jalak Bali yang dilindungi. Belum lagi kekayaan lautnya.

Plataran Menjangan


2. Memiliki ocean club, spa center sebagai fasilitasnya untuk hanya 19 vila yang tersedia di Plataran Menjangan. Salah satunya adalah Ocean Front Mangrove Villa, vila 150 meter persegi yang dilengkapi dengan mini pantry, living room, kamar mandi luas dan berpendingin ruangan. Yang istimewa dari vila ini adalah hamparan mangrove dan laut lepas, di mana ketika sore hari kawanan menjangan mendekati vila dan menyisir pantai sambil mencari makan.

Plataran Menjangan


3. Salah satu program signature-nya yang tidak boleh dilewatkan adalah “Trails of Life”, trekking ke dalam kawasan hutan Bali Barat yang konsepnya dianalogikan dari naik dan turunnya fase kehidupan . Trekking-nya dijalani sambil menyelami keunikan hutannya, habitat mangrove yang lengkap dan ratusan jenis flora faunanya. Semuanya dijelaskan dan diceritakan oleh seorang guide lokal yang sangat mengenali kawasan ini. Saat trekking kita juga bisa mengunjungi pusat penangkaran Jalak Bali, sebuah program untuk tujuan konservasi dan pengembang biakan burung yang nyaris punah tersebut.

Yang menjadi highlight pada trekking ini adalah juga picnic breakfast. Kita bisa menimati santapan pagi yang ditata cantik dan dimasak segar di tempat, sambil menikmati pemandangan laut dan Gunung Raung yang spektakuler.

Plataran Menjangan

4. Pengunjung juga bisa berkontribusi di dalam projek konservasi hutan yang digagas oleh Plataran melalui penanaman pohon. Salah satu pohon yang sering ditanam adalah pohon sawo kecik, pohon yang dalam 5 tahun sudah menghasilkan buah dan bisa menjadi sumber makanan untuk beberapa dari 100 jenis burung dan fauna lainnya di hutan itu. Setiap pohon yang ditanam akan dicantumkan nama penanam atau donaturnya.

Plataran Menjangan

5. Aktivitas lainnya adalah Cooking Class. Dengan mengenakan pakaian adat Bali sehari-hari di dapur open air khas Bali , kita belajar memasak membuat beberapa masakan dengan bumbu genap, bumbu yang menjadi dasar dari banyak masakan khas Bali. Setelah cooking class, kita bisa langsung menikmati masakan buatan sendiri.

6. Yang juga harus masuk ke dalam agenda selama di Plataran Menjangan adalah berlayar dengan private yacht menikmati matahari terbenam. Sesaat setelah berlayar kita akan disajikan makanan kecil dan cocktail sampai menunggu saatnya matahari terbenam. Baru setelah itu kita menikmati makan malam dengan iringan penabuh gamelan Bali.

Plataran Menjangan

7. Me time juga bisa dijalani dengan snorkeling, kayaking, sailing, dan diving. Perairan di sana memiliki diving spot yang bagus. 

8. Perjalanan menuju Plataran Menjangan bisa melalui Banyuwangi, tetapi bila ingin mendapatkan perjalanan yang lebih berwarna, bisa melalui Ubud. Plataran memiliki sebuah resor yaitu Plataran Ubud yang terletak di jantung Ubud, tetapi tetap bisa merasakan suasana Ubud yang magis dengan konsep suasana pedesaan yang tertata apik.

Butuh waktu berkendara hampir 4 jam untuk mencapai Plataran Menjangan. Tetapi di tengah perjalanan kita bisa singgah dulu untuk makan siang di The View Munduk by Plataran. Pemandangan perbukitan, lokasi yang sejuk dan (kerap) diselimuti kabut membuat makan siang di bawah gazebo menjadi lebih mengesankan.

Sekembali dari Plataran Menjangan, bisa melalui Tanah Lot lalu menginap dulu di Plataran Canggu sebelum bertolak kembali ke kota masing-masing.

(Layout teaser: Mohamad Somad; Foto: Courtesy of Plataran Menjangan)