Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Tahun Kedua Kemitraan Cartier dengan La Biennale di Venezia Penuh Penghargaan, Edukasi, dan Sejarah

Ajang penghargaan, program masterclass, hingga pameran kurasi perhiasan ikonis kembali merayakan kolaborasi lintas disiplin dunia perhiasan dan seni perfilman.

Tahun Kedua Kemitraan Cartier dengan La Biennale di Venezia Penuh Penghargaan, Edukasi, dan Sejarah
(Foto: Courtesy of Cartier)

Sejarah rumah perhiasan Cartier dengan dunia sinema bukanlah sesuatu yang baru.

Pada tahun 1926, jam tangan Tank dari Cartier tampil di layar lebar untuk pertama kalinya, melingkari pergelangan tangan aktor Rudolph Valentino di film "The Son of the Sheik" garapan G. Fitzmaurice. Tren ini kemudian diikuti sederet aktris dan sutradara seperti Jean Cocteau, Josette Day, serta Grace Kelly.

Grace Kelly

Memasuki abad ke-21, hubungan lintas disiplin ini semakin erat melalui kemitraan Cartier dengan La Biennale di Venezia. Untuk kedua kalinya sejak tahun lalu, Cartier kembali menunjukkan komitmennya untuk mengembangkan dunia seni dan perfilman dengan menjadi sponsor utama Venice International Film Festival yang ke-79 tahun ini.

maria félix

Kolaborasi ini dirayakan dengan ajang penghargaan Cartier Glory to the Filmmaker Award kepada sejumlah sosok yang telah memberikan kontribusi baru, dan orisinil terhadap lanskap perfilman kontemporer. Tahun ini, predikat bergengsi ini dianugerahkan kepada sutradara asal Amerika Serikat, Walter Hill. Berkesinambungan dengan prestasi ini, film terbaru garapan Will “Drowning for a Dollar” juga diperdanakan dalam ajang yang berlangsung 6 September lalu.

Piala anugerah "Glory to the Filmmaker" dengan visual emblem ikonis Cartier Panthere

Selain itu, komitmen Cartier terhadap perkembangan dunia seni terutama perfilman juga akan diperdalam melalui program masterclass “Cartier Art Dialogues.” Tahun ini, program ini akan melibatkan sederet komposer dan musisi-musisi di dunia perfilman yang akan berbagi cerita dan pengalaman lewat kelas bertajuk “Composing for Cinema.” Pallazo del Casino di Venice Lido menjadi situs program kali ini, yang mana perbincangan antar musisi akan berfokus seputar hubungan erat antara dunia musik dan sinema.

“Memperkaya keindahan dunia adalah prinsip dasar dari label luks Cartier. Venice adalah kota yang begitu indah dan senantiasa menjadi sumber inspirasi seni. Berkat Venice Biennale dan International Film Festival, kota ini senantiasa memainkan peran esensial terhadap budaya seni dan perfilman. Sebuah kehormatan bagi Cartier untuk dapat terus berkontribusi melalui program masterclass Cartier Art Dialogues,” tutur Cyrille Vigneron, CEO serta Presiden Cartier.

Catherine Deneuve

Hubungan erat Cartier dengan dunia sinema juga akan dimeriahkan melalui eksibisi bertajuk “Cartier & Cinema” yang akan berlangsung dari 30 Agustus hingga 11 September.

Pameran ini akan menampilkan rangkaian kurasi perhiasan yang telah menuai status ikonis melalui layar lebar seperti cincin tunangan Grace Kelly yang tampil di film terakhirnya, “High Society.”

Ada juga gelang penuh kilau yang dikenakan Gloria Swanson di film “Perfect Understanding” dan “Sunset Boulevard”, serta kalung Toussaint imitasi yang dibuat khusus untuk film “Ocean’s 8.” Pameran ini juga akan menampilkan sederet perhiasan yang menjadi legendaris setelah dikenakan oleh tokoh-tokoh tersohor dunia perfilman seperti Josette Day, Simone Signoret, María Félix dan Catherine Deneuve.

Sungguh sebuah puncak perayaan spektakuler yang tak hanya penuh kilau, namun sarat makna. 

Kalung ikonis Toussaint imitasi yang dibuat khusus untuk film "Ocean's 8."

(Penulis: Hans Hambali, Foto: Courtesy of Cartier)