Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

22 Hotel Venue Terbaik di Jakarta dan Bali untuk Merayakan Pernikahan Anda

Inilah saatnya Anda mengatakan "saya bersedia".

22 Hotel Venue Terbaik di Jakarta dan Bali untuk Merayakan Pernikahan Anda
Courtesy of Alila Uluwatu

Seperti kutipan terkenal Aleatha Romig yang mengatakan, "Anda tidak menikahi seseorang untuk tinggal bersama mereka, Anda menikahi seseorang yang Anda tidak bisa hidup tanpa."

Pernikahan adalah sebuah acara sakral yang menggabungkan dua orang dengan cinta. Salah satu acara yang paling penting dalam hidup Anda. Acara yang hampir semua orang membayangkan pernikahan idaman mereka. Dan saat waktunya akhirnya tiba untuk Anda mengatakan "saya bersedia", pernikahan Anda harus berjalan dengan sempurna, dari segi tempat, makanan, hingga dekorasi. 

Bazaar telah mengumpulkan 22 hotel di Jakarta dan Bali dengan lokasi serta pilihan untuk setiap pernikahan terbaik. Mulai dari indoor ballroom yang megah, outdoor di bawah pepohonan, hingga dipinggir pantai yang ditemani gemerlap bintang-bintang di langit.

Jakarta 

1. The Langham

Courtesy of The Langham

Dengan 11 wedding venue, dari indoor hingga outdoor, The Langham Jakarta dapat mencakup kapasitas hingga 600 orang, mempunyai ruangan dari 34m2 hingga 688m2, dan memiliki tim ahli wedding planning untuk membantu para pasangan. Hotel yang baru resmi dibuka di 2021 ini terletak di Sudirman Central Business District (SCBD), dan terhubung langsung dengan mall Ashta District 8. Saat masuk, Anda akan disambut dengan interior klasik putih bergaya Inggris dengan instalasi lampu chandelier besar yang terinspirasi dari kupu-kupu yang beterbangan secara bebas di hutan Indonesia untuk menekankan aura elegan dan glamor The Langham. 

 Bazaar loves: The Hampton Garden, venue outdoor yang memperlihat pemandangan cakrawala kota Jakarta yang menakjubkan. 

2. Four Seasons Jakarta

Courtesy of Four Seasons Jakarta

Terinspirasi dari sejarah Jakarta yang kaya akan pengaruh budaya, desain dari Four Seasons Hotel Jakarta menggabungkan berbagai pengaruh tersebut, dari mural Kota Batavia, karpet masuk khas Eropa, lampu kristal Eropa Timur, dan masih banyak lagi. Bertujuan untuk terus terlihat abadi dan orisinil, sang desainer menginginkan para tamu untuk merasakan keagungan dan ruangan yang lapang alhasil pintu masuknya yang megah. Dengan segalanya yang mewah, Four Seasons Jakarta menyediakan dua paket pernikahan yang tidak kalah besarnya. Dengan pilihan ballroom indoor yang kapasitas 800 dan 1000 orang, setiap pasangan akan dimanjakan dengan food tastings, menu custom, hingga honeymoon getaway

Bazaar loves: Kedua paket yang disediakan mencakup seorang spesialis pernikahan yang akan membantu para pasangan untuk merencanakan semuanya sampai hari pernikahan, dari pertemuan pra-pernikahan, akomodasi keluarga dan tamu, hingga destinasi bulan madu. 

3. Shangri-La Jakarta

Courtesy of Shangri-La Jakarta

Memastikan pernikahan Anda akan berjalan dengan lancar dan memukau, Shangri-La Jakarta menyediakan serangkai layanan personalized, dari menu bespoke, dekorasi megah, hingga venue indoor dan outdoor. Juga menyediakan pelayanan pra-pernikahan, dari makan malam bersama keluarga besar dan sesi memanjakan diri di Chi, The Spa. Dengan banyaknya pilihan venue, Anda dapat memilih yang sesuai dengan gaya pernikahan Anda, dari outdoor yang dihias dengan berbagai bunga atau gemerlap lampu-lampu kuning, hingga ballroom dengan chandelier megah, rayakanlah acara ini penuh dengan gaya dan keanggunan.  

 Bazaar loves: Shangri-La Jakarta dapat mewujudkan konsep perayaan yang mencerminkan diri Anda dan calon pasangan.

4. The Dharmawangsa 

Courtesy of The Dharmawangsa 

Dengan latar belakang oasis dan desain yang lebih terbuka dan dekat ke alam, The Dharmawangsa mempunyai beberapa venue pernikahan yang memadukan pemandangan taman yang rimbun dan suasana santai dan sederhana namun mewah. Terinspirasi dari seni dan kultur Indonesia, desain ballroom mempunyai sentuhan kayu, cocok untuk pernikahan tradisional. Perayaan outdoor-nya pun tidak kalah megah dengan rindang pohon yang membingkai meja-meja makan, memberinya nuansa terbuka namun eksklusif. 

Bazaar loves: Nuansa nusantara dan alam yang dicapai oleh desain alam dan banyaknya pepohonan di The Dharmawangsa. 

5. The Sultan Hotel & Residence Jakarta

Courtesy of The Sultan Hotel & Residence Jakarta

Terletak di tengah Senayan, hanya beberapa menit ke Senayan City, Plaza Senayan dan Jakarta Convention Center, The Sultan Hotel & Residence Jakarta, menyediakan beberapa pilihan venue untuk merayakan pernikahan Anda. Dengan ballroom terbaru mereka, Lagoon Garden, yang dapat mencakup kapasitas dari 300 hingga 2000 tamu. Terdapat juga ruangan yang lebih kecil, seperti Semeru Room, dengan kapasitas ruangan hingga 180 atau 250 orang. 

Bazaar loves: The Sultan Hotel & Residence Jakarta mempunyai taman di halamannya dengan jembatan merah romantis dan Pura Bali yang indah, cocok untuk melatar belakangi foto-foto pernikahan Anda. 

6. Grand Hyatt Jakarta

Courtesy of Grand Hyatt Jakarta

Menyediakan pelayanan khusus untuk memastikan pernikahan Anda berjalan dengan lancar, Grand Hyatt Jakarta menyediakan servis akomodasi untuk pengantin baru, makanan dan minuman yang dirangkai khusus, desain rangkaian bunga, hingga detail rasa dan tampilan kue pernikahan. Dengan serangkai pilihan ruangan, terdapat tiga yang diungguli, Grand Ballroom dengan ukuran 702 m2, yang dapat mencakup hingga 600 orang, The Penthouse yang terletak di lantai 26 dan dapat mengakomodasi 100 tamu untuk resepsi berdiri, hingga The Glass Terrace, untuk ruangan yang lebih intim dengan kapasitas 50 orang untuk makan, dan juga dengan pemandangan cakrawala Jakarta. Terdapat juga The Residence OnFive, sebuah ruangan multifungsi dan tersendiri, dengan ukuran terbesar mereka, 1231 m2. 

Bazaar loves: Grand Hyatt terhubung dengan mall Plaza Indonesia, salah satu pusat perbelanjaan luks yang terkemuka di Jakarta. 

7. Park Hyatt Jakarta

Courtesy of Park Hyatt Jakarta

Satu group dengan Grand Hyatt, Park Hyatt Jakarta menyediakan servis menyeluruh yang sama, dari rangkaian bunga, pemilihan makanan dan minuman, hingga sentuhan gaya pribadi untuk piring, taplak meja, peralatan makan, desain kartu, dan masih banyak lagi. Terletak di Menteng, daerah identik dengan para elit Jakarta, hotel ini baru secara resmi dibuka bulan Juli kemarin. Dengan desain kontemporer, terinspirasi dari keindahan hutan Indonesia, ruangan-ruangan Park Hyatt diberi esensi alam, dari sentuhan kayu hingga warna-warna sederhana namun tetap mewah. 

Bazaar loves: Park Hyatt Jakarta memperlihatkan koleksi seni mereka buatan seniman Indonesia ternama, John Martono, yang dibuat secara khusus untuk mereka. 

8. Hotel Indonesia Kempinski

Courtesy of Hotel Indonesia Kempinski

Jika perayaan besar dengan dekorasi mewah dan agung adalah pernikahaan idaman Anda, Hotel Indonesia Kempinski tepat untuk Anda. Dengan ruangan terbesar mereka, mencakup 2700 m2,  Kempinski Grand Ballroom mereka dapat mengakomodasi hingga 3500 tamu undangan. Namun, bagi Anda yang menginginkan acara yang lebih intim, tersedia ruangan untuk kapasitas tamu kurang lebih 1000 orang. Terlebih, mereka pun menyediakan ruangan The Heritage, terletak di lantai 16 dengan pemandangan cakrawala Jakarta, cocok untuk akad nikah tradisional maupun upacara vow exchange. Tidak terlupakan, Hotel Indonesia Kempinski terhubung dengan mall Grand Indonesia. 

Bazaar loves: Hotel Indonesia Kempinski sudah menjadi hotel bintang lima di Jakarta untuk 125 tahun lamanya, membuktikan desainnya yang abadi, dan membuatnya pilihan klasik untuk banyak pasangan. 

9. Hotel Mulia

Courtesy of Hotel Mulia

Identik dengan kemewahan, hotel Mulia telah menjadi hotel klasik untuk merayakan pernikahan ataupun acara yang besar-besaran. Dengan serangkai pilihan ruangan di tiga lantai berbeda, dan kapasitas yang mencapai 3000 orang, Anda akan dimanjakan dengan servis florist untuk membantu buat rangkaian khusus, all-in bespoke wedding planning, hingga rangkaian makanan dan minuman yang dipersonalisasi. Terlebih, Hotel Mulai mempunyai lokasi yang strategis di Senayan.

Bazaar loves: Chandelier kristal yang menghias setiap ruangan Hotel Mulia. 

10. The Ritz-Carlton Jakarta

Courtesy of The Ritz-Carlton Jakarta

Dengan serangkai pilihan ruangan untuk acara resepsi maupun upacara, The Ritz-Carlton menawarkan paket pernikahan lengkap dan servis planning ahli untuk memastikan acara berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Salah satu hall yang terbesarnya, Grand Ballroom, dapat memenuhi kapasitas maksimal 2500 orang, menampilkan pintu masuk sendiri dan foyer yang luas, untuk perayaan yang lebih intim dan mewah. The Ritz-Carlton juga menawarkan masakan internasional hingga barat untuk menyesuaikan dengan selera setiap pasangan. Tidak hanya itu, hotel luks ini terhubung dengan Pacific Place, salah satu mall premium di Indonesia. 

Bazaar loves: The Ritz-Carlton juga menyediakan custom wine list yang disesuaikan untuk setiap pasangan. 

11.  Hotel Fairmont Jakarta

Courtesy of Hotel Fairmont Jakarta

Terletak di tengah Senayan, hanya beberapa menit dari Senayan City dan Plaza Senayan, Fairmont Jakarta mempunyai berbagai venue, dari ballroom hingga ruangan VIP untuk Anda mengatakan "saya bersedia". Dengan empat ruangan yang diunggulkan, terdapat Grand Ballroom dengan kapasitas ruangan 720 hingga 1500 orang, Peacock Lounge untuk acara yang lebih intim, Rooftop Herbs Garden untuk acara rooftop outdoor yang ditemani dengan pepohonan dan cakrawala Jakarta, dan Jade Room, ruangan VIP dengan aksen panel kayu yang dapat mengakomodasi hingga 80 orang. Fairmont pun memiliki serangkai menu yang dirangkai khusus, dari masakan fusion, barat, custom Chinese, dan masih banyak lagi. 

Bazaar loves: Nuansa tradisional dan modern yang dicapai oleh dekorasi ruangan Hotel Fairmont. 

12. Hotel Raffles Jakarta

Courtesy of Hotel Raffles Jakarta

"Tidak ada dua pernikahan yang sama," karena Raffles akan memastikan pernikahan impian Anda akan berjalan sesuai dengan rencana. Menyediakan servis spesialis pernikahan hingga Wedding Butler, untuk membantu Anda mengalihkan fokus dari wedding planning ke menghabiskan waktu bersama orang-orang yang Anda cintai. Dengan serangkai pilihan ruangan, ruangan terbesar mereka, The Dian Ballroom, mencapai 2500 m2, dan mempunyai langit setinggi 9m. Terletak di Kuningan, Anda akan disambut dengan karya-karya seniman terkenal tanah air, Hendra Gunawan. 

Bazaar loves: Ada pilihan live cooking stations untuk pengalaman bersantap yang interaktif.

13.  InterContinental Jakarta Pondok Indah

Courtesy of InterContinental Jakarta Pondok Indah

Dari pilihan outdoor yang elegan dan outdoor yang tidak kalah mewah, tersedia berbagai venue untuk membantu menyesuaikan dengan pernikahan idaman Anda. Dengan dua ruangan yang diunggulkan, The Grand Ballroom dapat mengakomodasi hingga 3500 orang, dengan langit-langit yang tinggi, memungkinkan Anda untuk menghiasnya semegah yang Anda inginkan. Tersedia juga The Terrace, venue outdoor yang dikelilingi oleh pohon palem, air terjun kecil, gazebo, jauh dari keramaian kota Jakarta, membuatnya lebih cocok untuk pernikahan garden intim. Terlebih, Anda dapat kunjung ke Chef's Table untuk memilih secara langsung menu makanan dan minuman untuk hari pernikahan Anda. 

Bazaar loves: Tersedia berbagai paket wedding, dari acara resepsi hingga Sangjit, yang all inclusive, mencakup ruangan untuk keluarga dan tamu terdekat, planning makanan, pre-wedding photoshoot, dan masih banyak lagi.  

14. Mandarin Oriental

Courtesy of Mandarin Oriental

Mandarin Oriental telah menyediakan empat pilihan tema wedding khusus yang para pasangan dapat customize, dari pilihan style peralatan makan, tipe bunga, hingga detail-detail kecil, untuk membantu memudahkan perencanaan Anda. Memberi perhatian lebih, ada juga konsultan spesialis acara pernikahan, salon pengantin, dan in-house florist untuk destinasi one-stop. Untuk makanannya, ada pilihan set menu Western dan Chinese yang dapat dipersonalisasi juga. 

Bazaar loves: Mandarin Oriental memprioritaskan keinginan pasangan, dengan semua servisnya yang dapat disesuaikan dengan kemauan Anda. 

Bali

15.  Raffles Bali

Courtesy of Raffles Bali

Jika sebuah perayaan intim dengan pemandangan tepi pantai, suara ombak, dan angin sepoi-sepoi, adalah apa yang Anda inginkan, Raffles Bali, di Badung tepat untuk Anda. Terlebih, mereka menyediakan serangkai servis dari bridal makeup & hair, bantu mengoordinasi lisensi non-official vow renewal atau dokumen-dokumen penting, hingga detail-detail kecil seperti wedding dress laundry service, fotografer, hingga flower arrangements. Tidak hanya itu, mereka juga menyediakan serangkai acara yang dapat dilakukan bersama keluarga atau teman-teman terdekat, dari afternoon high tea, barbeque di pantai, hingga sunset cruise di perahu luks. 

Bazaar loves: Setiap perayaan pernikahan akan diakhiri dengan acara "Tree of Love", di mana Anda dan pasangan Anda akan menanam pohon di taman resor itu untuk melambangkan hubungan cinta yang terikat dan akan terus berkembang bersama. 

16. Four Seasons Resort Bali At Sayan

Courtesy of Four Seasons Resort Bali At Sayan

Ucapkan "saya bersedia" dengan latar belakang pemandangan lembah yang menyeluruh. Dengan rangkaian acara yang dapat disesuaikan, dari bersulang bersama keluarga, kerabat, dan teman-teman di Riverside Pool Terrace, hingga kemudian duduk untuk makan malam custom di bawah udara terbuka, Four Seasons Resort Bali menyediakan tim planning ahli untuk menjamin kelancaran di hari pernikahan Anda. Tidak hanya itu, meski terletak di tengah-tengah perhutanan dan banyaknya bunga, lokasi ini mempunyai pilihan indoor dan juga outdoor

Bazaar loves: Anda dapat merasakan keajaiban Bali di vila pribadi Four Seasons, mau itu di Sayan, ataupun di Teluk Jimbaran.

17.  Six Senses

Courtesy of Six Senses

Menyatukan pemandangan laut yang memukau dan suasana intim, rayakanlah pernikahan Anda di Bali bersama Six Senses. Untuk acara yang lebih eksklusif, setiap venue mereka mempunyai kapasitas tamu terbatas, dengan yang terbesar Aarunya Ballroom mencakup 180 hingga 200 orang, dan yang terkecil, Cinema Paradiso, khusus untuk ceremony dan hanya dapat mengakomodasi 30 orang. Namun, bagi Anda yang ingin acara yang lebih mewah, terdapat Grand Destiny Wedding, menggunakan vila pribadi pemilik dan dapat mengakomodasi 400 tamu. 

Bazaar loves: Setiap program wedding komplet dengan pijat holistik untuk pengantin baru dan makan malam romantis bersama di bawah bintang-bintang di Rocka Sky Dining. 

18. Alila Uluwatu

Courtesy of Alila Uluwatu

Mempunyai serangkai pilihan tempat untuk mengatakan "saya bersedia", salah satu yang didambakan adalah tempat khas mereka, Cliff-edge Wedding Cabana, sebuah overhanging cliffside dengan pemandangan dramatis dan megah ke Samudera Hindia. Terdapat juga Hilltop Wedding untuk acara intim, hanya dengan maksimum 12 tamu, yang memperlihat pemandangan indah Bali. Meski demikian, tidak semua venue Alila dapat mengakomodasi tamu dengan jumlah besar, ada beberapa yang kurang dari 50 dan beberapa yang dapat mencapai 400 orang. 

Bazaar loves: Bagi Anda yang ingin perayaan Pemberkatan Pernikahan khas Bali, Alila Uluwatu dapat menyiapkan semuanya bagi Anda, dari rental baju, make-up, hingga pendeta Hindu lokal dan persembahan khusus.

19. The Edge

Courtesy of The Edge

Terletak tinggi di atas tebing Uluwatu, lokasi wedding ini menawarkan pemandangan Samudera Hindia sebagai latar belakang acara Anda. Dengan bantuan wedding planner ahli yang dapat membantu Anda rancang pernikahan impian Anda dari awal. Terlebih, makanan Anda akan disiapkan oleh koki terkenal, Nyoman Suasa. Bagi Anda yang ingin eksklusivitas and privasi lebih, The Edge juga menawarkan akses untuk seluruh vilanya, semua 17 kamar yang tersebar di 8 vila, tetapi perlu menginap minimal 3 malam. 

Bazaar loves: Pemandangan The Edge yang menampilkan luasnya Samudera Hindia. 

 20. Amankila

Courtesy of Amankila

Terkenal sebagai resor luks yang terletak di lereng bukit tepat di bawah Gunung Agung yang suci, dan menampilkan pantai Selat Lombok yang tidak kalah indah. Lokasinya yang sangat eksklusif juga membuatnya tempat yang tepat untuk merayakan pernikahan yang agung namun tetap intim. Saat sampai, setiap tamu akan disambut dengan kolam yang penuh dengan lilin mengambang, aroma bunga kamboja, dan suara orkestra gamelan tradisional. Tetap dengan venue ekslusif, para pasangan dapat memilih dari beberapa lokasi, dari vila, beach club, hingga di pantainya sendiri.

Bazaar loves: Para pasangan dapat menjalani ritual mandi suci, dan setiap ruangan akan diberkahi dengan kehadiran Penjor (bendera bambu) untuk melambangkan Gunung Agung. 

21. Bulgari Resort Bali

Courtesy of Bulgari Resort Bali

Bulgari Resort Bali mempunyai program Water Wedding yang tidak dapat tergantikan. Dengan altar yang terletak di karpet transparan dan terapung di permukaan air untuk pengalaman upacara yang tidak terlupakan. Tidak hanya itu, ada juga Starlight Dinner Experience untuk pengalaman makan malam Anda di bawah gemerlap langit dan juga matahari terbenam. Terlebih, ada juga venue lainnya, dari Bulgari Kapel, dengan panel kaca dan aksen kayu, hingga La Terrazza, suasana outdoor yang berkesan namun lebih santai. 

Bazaar loves: Nuansa seamless yang dicapai oleh altar di air dengan pemandangan luasnya air lautan samudera.  

22. The Ritz-Carlton Bali

Courtesy of The Ritz-Carlton Bali

Sudah tidak asing lagi dengan kapel putih ikonis Ritz-Carlton dengan detail kaca-kaca dan pemandangan luasnya lautan, hotel ini mempunyai serangkai program pernikahan dari Pre-Wedding, Garden Wedding, Indonesian Wedding, hingga In-villa Wedding. Mereka pun menyediakan layanan planning dan servis katering yang komprehensif. Tidak hanya itu, The Ritz-Carlton Bali berhasil memenangkan Luxury Beach Resort Spa, Global Winner 2018 dan Luxury Spa Resort in Southern Asia 2017. 

Bazaar loves: Keindahan kapel kaca tepi pantai yang memperlihatkan terbenamnya matahari, luasnya lautan, hingga putihnya pasir. 

(Penulis: Aimee, Foto: Courtesy of The Langham, Four Seasons Jakarta, Shangri-La Jakarta, The Dharmawangsa, The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Grand Hyatt Jakarta, Park Hyatt Jakarta, Hotel Indonesia Kempinski, Hotel Mulia, The Ritz-Carlton Jakarta, Hotel Fairmont Jakarta, Hotel Raffles Jakarta, InterContinental Jakarta Pondok Indah, Mandarin Oriental, Raffles Bali, Four Seasons Resort Bali At Sayan, Six Senses, Alila Uluwatu, The Edge,  Amankila, Bulgari Resort Bali, The Ritz-Carlton Bali)