Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang 'Microdosing Accutane' untuk Jerawat

Para dokter kulit meresepkan pil kontroversial ini dengan dosis rendah untuk mengekang efek samping. Tapi apakah itu cukup membuat perbedaan?

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang 'Microdosing Accutane' untuk Jerawat

Samantha Robinson menganggap perjuangannya melawan jerawat telah selesai di akhir usia 20-an. Menurutnya, masa jerawatnya telah tuntas saat ia di sekolah menengah, ketika masker benzoil peroksida dan belerang menjadi teman baiknya. Dan selama lebih dari satu dekade, kulitnya sebening kristal.

Namun, tidak lama setelah ulang tahunnya yang ke-27, Samantha mengalami kilas balik ke zaman jerawatannya. Dimulai dengan beberapa biji jerawat di waktu-waktu datang bulannya, yang dalam beberapa bulan telah berkembang menjadi jerawat penuh, menutupi setiap inci wajah dan lehernya. Ia membuat janji dengan dokter kulitnya, dan keduanya membuat rencana serangan yang mencakup perawatan topikal, resep spironolakton, dan diuretik yang digunakan untuk mengobati jerawat hormonal.

Tetapi enam bulan kemudian, jerawat Samantha tidak membaik. Merasa putus asa, ia kembali ke dokter kulitnya dan menemukan jawaban yang sudah lama dia takuti: Sudah waktunya untuk menggunakan Accutane. Setelah menyaksikan teman-temannya minum obat oral ini selama masa remaja mereka, Samantha tahu obat itu datang dengan beberapa efek samping yang serius, dari kekeringan yang luar biasa, mimisan, hingga pengorbanan alkohol yang diperlukan, dan bahkan kemungkinan kaitan dengan depresi.

Ia mengungkapkan ketakutan dan kekhawatirannya tentang Accutane, tetapi dokternya dengan cepat menangkalnya; apa yang dipikirkan dokter untuk wanita 27 tahun itu, sebenarnya dosis rendah dari obat itu.

Ternyata, microdosing tidak hanya dipergunakan untuk ganja dan jamur (walaupun istilah sebenarnya sering dikait dengan obat-obatan psikoaktif). Praktik tersebut sebenarnya dapat diterapkan pada semua jenis obat, termasuk obat resep.

Alasannya sederhana: untuk memanfaatkan manfaat sambil meminimalkan efek samping yang tidak diinginkan.

Accutane dosis rendah atau mikro dosis adalah penggunaan isotretinoin di luar label (Accutane hanyalah salah satu dari banyak nama merek), dengan pasien mengambil jumlah yang lebih kecil dalam jangka waktu yang lebih lama. Pendekatan ini telah mendapatkan daya tarik yang cukup besar dalam beberapa tahun terakhir, karena mengklaim menawarkan manfaat penghilang jerawat yang sama mengesankan dari dosis tradisional tanpa efek samping yang parah. Samantha hanyalah salah satu dari banyak penderita jerawat yang telah menemukan solusi dalam dosis rendah, tetapi mikro dosis obat tidak semudah seperti yang dilihat. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara kerja Accutane dosis rendah, apa yang dapat dilakukannya untuk jerawat, dan apa yang masih harus diperhatikan oleh mereka yang sedang mengonsumsinya.

Apa itu Accutane, dan bagaimana cara kerjanya?

Pertama, sangat penting bagi Anda untuk memahami apa itu Accutane dan cara kerjanya.

Meskipun itulah isotretinoin pertama yang datang ke pasar, sekarang ada banyak merek obat yang tersedia. Meskipun sedemikian, banyak dokter kulit dan pasien masih menyebut berbagai pilihan lainnya sebagai Accutane (seperti bagaimana orang menyebut semua tisu sebagai "Kleenex").

Isotretinoin, dalam istilah yang paling sederhana, turunan dari vitamin A yang secara efektif mematikan kelenjar sebaceous (alias minyak) di kulit. Obat ini bekerja menggunakan sistem dosis kumulatif dalam tubuh Anda, biasanya selama empat sampai enam bulan. Tujuannya tidak hanya untuk mengecilkan kelenjar minyak saat Anda meminumnya, tetapi mencegah timbulnya jerawat agar tidak kembali lagi. “Ini biasanya digunakan untuk pasien dengan jerawat sedang — atau lebih umum, parah — yang belum menanggapi pengobatan lain atau penggunaan antibiotik kronis,” David Goldberg, seorang dokter kulit di Schweiger Dermatology Group di New York City dan New Jersey, menjelaskan.

Dalam banyak hal, Accutane adalah hal yang paling dekat dengan obat jerawat. Meskipun perawatan topikal dan obat oral lainnya dapat membantu meringankan penyebab jerawat tertentu, isotretinoin mengatasi — dan menghentikan — secara fisik timbulnya jerawat dari sumbernya dan biasanya secara permanen.

Apa itu Accutane dosis rendah?

Isotretinoin dosis rendah atau mikro dosis adalah, seperti namanya, dosis obat oral yang lebih kecil. Meskipun secara teknis merupakan penggunaan obat di luar label, banyak dokter kulit merekomendasikan pendekatan ini untuk pasien yang ingin mendapat manfaat dari hasil Accutane tanpa efek samping yang keras (lebih lanjut tentang ini selanjutnya).

“Kandidat terbaik untuk isotretinoin dosis rendah adalah pasien yang memiliki jerawat ringan hingga sedang yang belum dikendalikan oleh terapi yang lebih konvensional, seperti topikal, antibiotik oral, atau obat oral lainnya,” tutur Melissa Levin, dokter kulit di New York City menjelaskan. “​Saya juga ingin memberikannya kepada orang-orang yang benar-benar telah terbukti memiliki respons yang baik terhadap isotretinoin di masa lalu — jadi kami memiliki banyak pasien yang telah menjalani perawatan tradisional isotretinoin lengkap atau yang telah melakukan beberapa kali pengobatan Accutane tradisional, dan jerawat terus kembali.”

Kandidat terbaik untuk isotretinoin dosis rendah adalah pasien yang memiliki jerawat ringan hingga sedang yang belum dikendalikan oleh terapi yang lebih konvensional.

Sementara dosis tradisional isotretinoin biasanya di antara 40 dan 80 mg yang diminum setiap harinya, pendekatan dosis rendah kurang tetap.

Seorang pasien mungkin mengambil 10 mg setiap hari, 10 sampai 20 mg beberapa hari seminggu, atau bahkan 10 sampai 40 mg yang diminum sekali seminggu. "Ada banyak variasi tentang bagaimana orang melakukannya, karena tidak ada uji klinis besar dan kuat yang memandu dokter dalam meresepkan dosis rendah," tutur Melissa. “Ada beberapa penelitian yang melihat pada dosis tujuan, alias, berapa banyak obat yang perlu terakumulasi dalam tubuh di akhir pengobatan, dan mereka menemukan bahwa pembersihan jerawat jangka panjang terlihat setelah 150 hingga 250 mg. Alhasil, jangka pengobatan itu dapat memakan waktu dari empat hingga enam bulan untuk mencapai tujuan, tetapi jika Anda melakukan dosis rendah, itu bisa memakan waktu lebih lama.”

Meski demikian, ada beberapa pasien yang tetap menggunakan Accutane melebihi batas dosis tujuan. “Hal yang disayangkan adalah jerawat merupakan kondisi kronis, dan kami ingin pasien bersih, tanpa lesi jerawat baru, sebelum kami menghentikan pengobatan isotretinoin,” catat Melissa. “Studi menunjukkan bahwa bahkan 12 bulan setelah perawatan, masih ada 30 hingga 40 persen untuk jerawat kambuh, dan itu cukup tinggi. Oleh karena itu, ada beberapa orang yang akhirnya tetap menggunakan dosis rendah selama bertahun-tahun.”

Apa efek samping dari Accutane?

Dalam empat dekade sejak Accutane pertama kali memasuki pasar, obat ini telah mengumpulkan cukup banyak ketenaran karena efek sampingnya, tetapi sebenarnya, mereka sangat berbeda dari orang ke orang. Namun, ada satu hal yang tidak tergantikan, Hadley King, seorang dokter kulit di New York City, mengatakan, adalah efek samping isotretinoin yang paling terkenal: kekeringan. “Semua orang akan mengalami kulit dan bibir kering,” dia memperingatkan. "Ini bisa menjadi dramatis dan dapat menyebabkan bibir pecah-pecah parah, mata kering atau teriritasi, mulut kering, dan mimisan."

Tetapi reaksi juga bisa jauh lebih parah. "Efek samping lain yang mungkin terlihat termasuk penipisan rambut, penurunan penglihatan pada malam hari, dan nyeri-nyeri dari sendi dan otot," tutur Hadley, meskipun ia mencatat bahwa semua efek ini bersifat sementara dan akan kembali normal setelah berhenti menggunakan Accutane. Selain itu, mengonsumsi isotretinoin dapat mempengaruhi kadar trigliserida, menyebabkan kerusakan hati, peningkatan tekanan di otak, dan menyebabkan penyakit radang usus. Dan beberapa penelitian bahkan menemukan bahwa obat tersebut dapat memiliki hubungan dengan depresi dan ide bunuh diri, tetapi penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Terlebih, sangat penting bagi pasien yang menggunakan Accutane — bahkan dosis rendah — untuk tidak hamil, karena dapat menyebabkan kecacatan janin yang serius. Untuk memastikan keamanan, pasien harus menjalani dua kali tes kehamilan negatif sebelum menjalani pengobatan dan harus menjalani tes kehamilan bulanan selama pengobatan. Meskipun hal ini selalu menjadi perhatian para ahli kulit saat meresepkan isotretinoin, hal itu memberi mereka jeda lebih lama dalam beberapa bulan terakhir setelah keputusan Mahkamah Agung untuk membatalkan Roe v. Wade.

Dengan akses ke aborsi — dan bahkan birth control — yang sedang ramai diserang di seluruh Amerika, penyedia dan pasien obat ini khawatir tentang kehamilan yang tidak disengaja saat menggunakan Accutane. Banyak negara di Amerika telah menerapkan undang-undang yang melarang aborsi sepenuhnya, bahkan dalam kasus-kasus dengan risiko lebih terhadap janin dan kecacatan janin, sama seperti efek samping obat teratogenik seperti Accutane.

Apakah masih ada efek samping saat mengonsumsi Accutane dosis rendah?

Pada akhirnya, Accutane dosis rendah tetaplah Accutane. Ini bukannya tanpa efek samping — tetapi bagi banyak orang, dosisnya memang membuat racun. “Efek samping yang berhubungan dengan dosis, seperti kulit kering dan bibir kering, akan berkurang,” kata King, meskipun masih mungkin terjadi sampai batas tertentu. “Efek samping lainnya mungkin yang kita sebut sebagai idiosinkratik — tidak terkait dengan dosis — sehingga risiko efek ini tidak akan berkurang.” Itu sebabnya, bahkan dengan dosis rendah, masih sangat penting bagi pasien untuk tidak hamil, minum dengan pintar, dan hanya pada hari-hari ketika mereka tidak minum obat, jika ada.

Secara keseluruhan, penelitian telah menunjukkan bahwa isotretinoin dosis rendah sebenarnya dapat ditoleransi dengan cukup baik. “Terkadang ada sedikit cheilitis, yaitu bibir pecah-pecah, atau kulit kering, tetapi kami tidak melihat peningkatan kadar trigliserida atau anomali hati, yang merupakan hal menakutkan yang kami khawatirkan dengan isotretinoin,” tambah Melissa.

Apakah ada kerugian lain untuk saat mengambil Accutane dosis rendah?

Karena isotretinoin dosis rendah diambil dalam jangka waktu yang jauh lebih lama daripada kursus empat sampai enam bulan yang biasanya, efek samping dan risiko dari obat ini akan bertahan jauh lebih lama. Ini berarti, paling tidak, Anda akan mengalami bibir pecah-pecah dan kulit kering selama bertahun-tahun, bukan berbulan-bulan, meskipun dengan kondisi yang lebih ringan. Risiko yang lebih serius juga bertahan lebih lama, seperti kesepakatan untuk tetap menggunakan birth control dengan teratur; bagi mereka yang berpikir untuk memulai keluarga, hal ini bisa menjadi alasan untuk melewati Accutane dalam dosis apa pun.

Penting juga untuk mencatat beberapa batasan asuransi seputar isotretinoin dosis rendah. “Biasanya, Accutane adalah kursus perawatan empat hingga enam bulan, dan asuransi Anda menjamin bahwa jika Anda memenuhi kriteria tertentu, tetapi dosis rendah bisa bertahun-tahun, dan itu bukan dosis standar Anda, jadi sulit untuk memiliki asuransi yang menanggungnya,” Melissa jelaskan. “Sebagai dokter kulit, kami ingin memberikan pasien kami apa yang mereka butuhkan untuk kulit mereka, dan ada beberapa pasien yang sebenarnya adalah kandidat yang bagus untuk isotretinoin dosis rendah, tetapi itu bisa menjadi sedikit rumit dengan aturan asuransi.”

Untuk alasan ini, beberapa dokter kulit mulai menulis resep untuk isotretinoin dosis penuh dan menginstruksikan pasien mereka untuk melakukan dosis mikro dengan minum obat hanya pada hari-hari tertentu. Tetapi untuk alasan yang jelas, banyak penyedia tidak merasa nyaman dengan meresepkannya sekaligus, dan kemudian menyuruh pasien untuk melakukan sesuatu yang lain, karena hal ini jauh lebih sulit untuk memantau pengobatan, alhasil sistem ini tetap tidak umum.

Apakah hasil Accutane dosis rendah bertahan dalam jangka panjang?

Ada banyak keuntungan dari isotretinoin dosis rendah, dan mudah untuk melihat mengapa lebih banyak dokter kulit mengambil pendekatan ini dengan pasien mereka. Tetapi masih ada beberapa pertanyaan tentang keabadian hasil dari obat tersebut. “Saat Anda menggunakan isotretinoin dosis rendah, kemungkinan besar, itu akan membuat Anda bersih dan Anda akan memiliki kulit yang benar-benar bersih,” tutur Melissa. “Tetapi ada di antara 30 dan 40 persen — dan terkadang, orang mengutip sebanyak 60 persen — kemungkinan jerawat akan kembali, sehingga beberapa pasien beralih kembali menggunakan dosis yang rendah sekali.”

Ada kemungkinan di antara 30 dan 40 persen bahwa jerawat akan kembali.

Tetapi bahkan jika jerawat kembali, kondisinya mungkin jauh lebih ringan dan akan merespon dengan baik terhadap topikal, perawatan di kantor, atau obat oral lainnya. “Saya menemukan bahwa banyak pasien lebih memilih untuk tidak memerlukan obat oral,” jelaskan Melissa. “Dan terkadang, menggunakan isotretinoin dosis rendah meminimalkan jerawat mereka sehingga mereka dapat bergantung pada terapi yang lebih konvensional di masa depan.”

Apa yang harus diingat?

Tidak dapat disangkal bahwa Accutane telah menjadi pengaruh besar untuk jerawat. Tetapi secara umum, dokter kulit masih melihat Accutane, dengan dosis berapa pun, sebagai tindakan terakhir. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari obat dengan efek samping tingkat rendah, dosis rendah mungkin merupakan cara yang tepat, tetapi ini bukanlah senjata ajaib. Efek sampingnya masih ada — tetapi mungkin hanya bertahan lebih lama — dan dengan tambahan hambatan asuransi, hal itu mungkin tidak sebanding dengan pusing dan sakit kepala.

(Penulis: Gabby Shacknai; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Aimee Mihardja; Foto: Courtesy of BAZAAR US)