Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

19 Tahun Bersama Sang Istri, Maruli Tampubolon: Hubungan Bukan Sebuah Perlombaan

"Kalau berbicara tentang hubungan, itu bagaimana cara kita bisa tata kelola hubungan," ucap Maruli.

19 Tahun Bersama Sang Istri, Maruli Tampubolon: Hubungan Bukan Sebuah Perlombaan
Courtesy of Instagram @marulitampubolon777

Setelah dua minggu tidak berjumpa penonton setianya melalui akun resmi Harper's Bazaar Indonesia (@bazaarindonesia), seri terbaru Brunch with Dave Hendrik kembali dengan mengundang bintang tamu spesial. Seorang figur publik yang dikenal sebagai salah satu "cool dad" untuk anak-anaknya, Maruli Tampubolon, suami dari Mita Soedarjo.

Ditemani dengan menu brunch yang lezat dari Edogin dan The Café, Hotel Mulia Senayan, Jakarta, keduanya berbincang dengan topik besar Being A Public Figure vs Cool Dad. Di luar membicarakan pekerjaan dan anaknya, Maruli juga sempat berbagi mengenai hubungannya bersama sang istri, yang telah menginjak 19 tahun. Hampir dua dekade, 12 tahun dari hubungan itu adalah berpacaran, lalu 7 tahun menjadi seorang pasangan suami dan istri.

Kepada Dave, ia membagikan pengalaman dirinya bisa memelihara sebuah hubungan yang begitu lama, hanya kepada satu perempuan. Simak perbincangannya di bawah ini:

"Apa yang Maruli rasa berubah dari hubungan Maruli dengan Mita dalam hubungan suami istri dalam rentang perjalanan proses 19 tahun tersebut?" tanya Dave.

"Sebenarnya, kalau berbicara tentang hubungan, itu bagaimana cara kita bisa tata kelola hubungan. Jadi, bukan hanya cinta, cinta drive-nya dari emosi. Kita cinta dan sayang itu bagian dari komitmen dan kesetiaan. Tapi kalau tidak bisa mengelolanya dengan pengertian, kebijaksanaan, mengalah bukan berati kalah, dan lainnya, menurut saya tidak akan bertahan lama. Dan jangan berbohong, karena jika Anda berbohong, berapa lama Anda akan berbohong? Pasti seiring dengan berjalannya waktu, akan ketahuan," ucap Maruli.

Ia melanjutkan, "Saya kebetulan, mungkin dinamika dan masalah-masalahnya itu selama 12 tahun banyak. Saya juga bingung kenapa Mita mau dengan saya, sejujurnya. Masuk dalam dunia profesional, setidaknya kita harus berpenampilan rapi, betul mas? Nah, tapi selama 12 tahun itu, saya tidak berpenampilan rapi sama sekali," katanya.

"Bicara mengenai hubungan tidak ada menang dan kalah, karena hubungan bukanlah perlombaan. Kalau bicara tentang pengertian, emang menurut Anda mudah? Itu yang paling sulit. Tapi, semuanya kembali ke diri Anda. Jangan menyalahkan pasangan Anda. Sebagai imam dan kepala keluarga, berikan pertanggungjawaban itu sesuai, yang proposional," lanjut Maruli tentang hubungannya.

Penasaran dengan kelanjutan perbincangan Dave Hendrik dan Maruli Tampubolon? Nantikan episode lengkapnya yang akan segera tayang di kanal YouTube Harper's Bazaar Indonesia.

(Penulis: Gracia Sharon, Foto: Courtesy of Instagram @marulitampubolon777, @bazaarindonesia)