Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Kabar Baik, Festival Mode & Kuliner Terbesar Bertajuk JF3 Kembali Digelar

Jangan lewatkan gempita acara yang berlangsung dari tanggal 23 September hingga 10 Oktober 2021.

Kabar Baik, Festival Mode & Kuliner Terbesar Bertajuk JF3 Kembali Digelar
(Foto: Courtesy of Jakarta Fashion & Food Festival)

Telah secara konsisten digelar selama 17 tahun terakhir, salah satu festival terbesar untuk dunia mode dan kuliner bertajuk Jakarta Fashion & Food Festival atau yang biasa lebih dikenal dengan singkatan JF3 kembali digelar untuk menyapa penggemar setianya.

Terselenggara hasil kolaborasi antara PT Summarecon Agung Tbk dengan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, gelaran JF3 yang dilangsungkan mulai dari tanggal 23 September hingga 10 Oktober 2021 ini tampak masih tetap setia menunjukan konsistensinya untuk mendukung industri kreatif berbasis budaya sekaligus turut mendorong agar para pelaku UMKM dapat bangkit terutama di masa sukar yang terjadi akibat pandemi Covid-19. 

(Foto: Courtesy of Instagram @jfff_info)
(Foto: Courtesy of Instagram @jfff_info)

Mengusung kampanye #JF3TogetherWeAreStronger, JF3 resmi dibuka lewat hadirnya eksibisi Fashion Village yang berlangsung di area koridor Mall Kelapa Gading 3.

Pameran yang terbagi menjadi tiga area utama (Selasar Nusantara, Bazar Mode, dan Padu Padan Lokal) ini menampilkan 50 pelaku usaha skala kecil hingga menengah yang telah dikurasi secara ketat. Beragam hasil karya industri lokal, seperti kain, busana siap pakai, hingga aksesoris yang tersaji dengan sentuhan tren mode terkini dapat Anda nikmati sekaligus miliki.

(Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria terlihat menghadiri acara pembukaan JF3 2021)
(Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria terlihat menghadiri acara pembukaan JF3 2021)

Tak hanya menyuguhkan acara dalam bentuk konvensional saja, ada terobosan baru yang dihadirkan di JF3 tahun ini, pasalnya sekarang jarak dan waktu tak akan lagi menjadi penghalang bagi Anda yang mungkin tak bisa langsung berkunjung berkat kehadiran program virtual shopping yang dapat dinikmati melalui Instagram Live dan yang ditayangkan serentak di akun JFFF, Summarecon Mall Kelapa Gading, Summarecon Mall Serpong, dan Summarecon Mall Bekasi. Berbagai aktivitas digital lainnya pun juga turut digelar untuk memeriahkan rangkaian acara JF3 tahun ini seperti Instagram Live, talkshow, tips dan trick style dari para stylist terpilih.

Belum berakhir, pada penghujung gempita JF3 tahun ini, tepatnya di tanggal 9 Oktober 2021, JF3 juga menggandeng Lakon Indonesia untuk menghadirkan presentasi online bertajuk Gantari, The Final Journey to Java yang merupakan hasil kerjasama Lakon Indonesia dengan para perajin kain di Jawa, artisan, seniman, fashion desainer serta para arsitek untuk memamerkan koleksi teranyar yang disuguhkan dalam budaya dan tradisi khas Indonesia. 

(Foto: Courtesy of Jakarta Fashion & Food Festival)
(Foto: Courtesy of Jakarta Fashion & Food Festival)

Menanggapi perhelatan JF3 terutama di masa pandemi, Soegianto Nagaria selaku Chairman JF3 mengungkapkan, “Kami berharap penyelenggaraan JF3 tahun ini dapat memberikan kontribusi nyata bagi para UKM di industri kreatif lokal, yang tentunya sangat membutuhkan dukungan agar usaha mereka terus berjalan. Seiring dengan dapat beroperasinya kembali pusat perbelanjaan, maka kami pun ingin para UMKM ini untuk dapat berusaha kembali. Bahkan kami juga berupaya agar mereka dapat menjangkau masyarakat lebih luas melalui program-program yang diselenggarakan berbasis digital. Selain itu, melalui presentasi Lakon Indonesia : Gantari, The Final Journey to Java, kami berharap dapat pula memberikan kontribusi bagi para pengrajin dan UMKM di Jawa, agar kita dapat bangkit bersama dan terus bertumbuh.”

Seluruh rangkaian acara JF3 dilangsungkan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti pembatasan jumlah pengunjung dan pengaturan jarak antara peserta pameran, serta tentunya penggunaan aplikasi Peduli Lindungi menjadi syarat utama bagi pengunjung.

Baca juga: 

Raisa dengan Bangga Kenakan Batik dalam Music Video Trust Again untuk Soundtrack Raya and The Last Dragon

Perkawinan Songket dan Batik Parang di Koleksi Terbaru Didit Hediprasetyo

(Foto: Courtesy of Jakarta Fashion & Food Festival, Instagram @jfff_info)