Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

20 Fakta Seputar Jeon So Mi, Sosok Idol Berdarah Blasteran Korea-Belanda

Mengenal lebih jauh sosok Jeon So Mi lewat 20 fakta menarik yang telah Bazaar rangkum berikut ini.

20 Fakta Seputar Jeon So Mi, Sosok Idol Berdarah Blasteran Korea-Belanda
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar Korea)

Cantik, multitalenta, serta idol asal Korea Selatan, siapa yang tak kenal dengan sosok idol muda Ennik Somi Douma atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Jeon So Mi.

Sepak terjangnya di industri musik Korea Selatan memang tak perlu diragukan lagi. Memulai debut sebagai anggota I.O.I yang merupakan grup musik dari survival show bertajuk Produce 101, semangat juangnya dalam menggapai impiannya memang begitu luar biasa hingga akhirnya ia dapat mencapai ketenaran yang ia nikmati saat ini.

Baca juga: 20 Fakta Seputar Kim Woo Bin, Aktor Korea yang Kembali Bangkit Setelah Terkena Kanker

(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar Korea)
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar Korea)

Kini semakin sukses dengan karier solonya, berikut Bazaar rangkumkan 20 fakta menarik seputar sosok idol yang pernah tampil dalam pemotretan utnuk majalah Harper's Bazaar Korea edisi Mei & November 2017 yang layak untuk Anda ketahui:

1. Lahir pada 9 Maret 2001 di Ontario, Kanada, Jeon So Mi yang lahir dari ibu berdarah Korea dan ayah berdarah Belanda-Kanada lahir dengan nama asli Ennik Somi Douma.

(Foto: Courtesy of Allkpop)

(Foto: Courtesy of Allkpop)

2. Enam bulan setelah kelahirannya, tepatnya pada September 2001, So Mi dan keluarganya memutuskan untuk pindah kembali ke Korea setelah ibunya merasa rindu pada kampung halaman.

3. Tergolong sebagai salah satu idol yang tinggi, So Mi memiliki tinggi badan 172 cm.

(Foto: Courtesy of Instagram @somsomi0309)

(Foto: Courtesy of Instagram @somsomi0309)

4. Karena ia memiliki darah blasteran, So Mi kerap kali menghadapi intimidasi dan diskriminasi di sekolah yang akhirnya membuatnya ingin "berbaur" dan terlihat lebih "Korea" dengan mewarnai rambutnya menjadi hitam, mengubah warna matanya, dan bahkan ia sempat tergiur untuk menjalani operasi plastik bagian mata dan hidungnya.

5. Rupanya di usia empat tahun, So Mi sudah melakukan debut penampilan televisi pertamanya. Ia tampil dalam sebuah wawancara dengan ayahnya untuk acara KBS News seraya membersihkan salju di lingkungan mereka.

6. Tak sampai di situ saja, setelah penampilan perdananya di acara KBS News, So Mi juga beberapa kali tampil dalam berbagai acara televisi mulai dari Let’s Go Dream Team Season 2, Hello Counselor, hingga membuat penampilan cameo di film Ode to My Father yang rilis di tahun 2014.

7. Kecintaan So Mi pada dunia tarik suara dan menari telah terlihat dan tumbuh sejak ia duduk di bangku sekolah dasar. Ingin fokus mengejar mimpinya, sedari belia So Mi pun telah mengikuti berbagai audisi yang dihelat oleh perusahaan hiburan di Korea Selatan. Keputusannya untuk mengejar karier di industri hiburan pun didukung penuh oleh kedua orang tuanya.

(Foto: Courtesy of Instagram @somsomi0309)
(Foto: Courtesy of Instagram @somsomi0309)

8. Pada tahun 2014, akhirnya So Mi resmi bergabung dengan agensi JYP Entertainment setelah mengikuti audisi dan membawakan lagu Lonely milik grup musik 2NE1.

9. Di tahun yang sama ia bergabung dengan JYP Entertainment, ia pun dipercayakan untuk membintangi video musik milik grup musik GOT7 berjudul Stop Stop It dengan rekan sesama trainee wanita lainnya.

10. Pada bulan Mei 2015, Jeon So Mi turut berpartisipasi dalam program reality survival yang diselenggarakan oleh Mnet bertajuk Sixteen, di mana ia diadu dengan 15 trainee lain dari JYP untuk merebut tempat di girl grup baru yang akan melakukan debut (yang kemudian disebut dengan Twice). Namun sayangnya ia harus tersingkir di babak final dan akhirnya kembali melanjutkan sebagai trainee di bawah label JYP.

(Foto: Courtesy of Produce 101)
(Foto: Courtesy of Produce 101)

11. Walaupun tak mujur menjadi anggota grup musik Twice, hal ini tak menyurutkan semangat So Mi untuk mewujudkan mimpinya sebagai seorang idol. Pada Januari 2016, So Mi kembali mewakili JYP untuk ikut dalam acara reality survival lainnya bertajuk Produce 101. Ia pun sukses keluar sebagai juara dan resmi memulai debutnya pada tanggal 4 Mei bersama dengan girl grup proyek I.O.I.

12. Setelah 4 tahun bersama, akhirnya pada Agustus 2018 baik pihak Jeon So Mi maupun JYP Entertainment resmi mengumumkan perpisahan mereka setelah kontrak berakhir. Tepat sebulan kemudian, So Mi pun memutuskan untuk bergabung dan menandatangani kontrak eksklusif dengan label anak perusahaan milik YG Entertainment, The Black Label.

13. Pada tanggal 28 Maret 2020, agensi yang menaungi So Mi mengumumkan perilisan reality series miliknya sendiri bertajuk I Am Somi.

14. So Mi lulus dari Hanlim Multi Art School dengan mengambil jurusan Musik Praktis dan Vokal pada 7 Februari 2020.

15. Berkat dorongan sang ayah, So Mi sejak kecil telah berlatih taekwondo yang membuatnya sekarang telah memegang sabuk hitam tingkat tiga di taekwondo tetapi tak bisa mendapatkan gelar keempat karena terhalang usianya yang masih muda.

16. Selain menekuni Taekwondo, So Mi juga kerap kali terlihat melakukan pilates.

(Foto: Courtesy of Shiseido Korea

(Foto: Courtesy of Shiseido Korea)

17. Karena kecantikannya yang luar biasa, pada Mei 2019 Jeon So Mi resmi terpilih menjadi brand ambassador untuk lini kosmetik Shiseido Korea.

(Foto: Courtesy of Instagram @somsomi0309)

(Foto: Courtesy of Instagram @somsomi0309)

18. Tak hanya sukses di industri hiburan, pada Mei 2021 So Mi juga  terpilih sebagai model Kampanye Global untuk Kacamata Louis Vuitton 2021.

19. Beberapa nama panggilan pernah diberikan oleh kepadanya mulai dari VitaSom, hingga Maknae on Top mengingat ia adalah anggota termuda di grup I.O.I.

20. Dalam sebuah wawancara, So Mi mengaku bahwa ia belum terpikir untuk berkencan dengan siapa pun mengingat saat ini ia baru mengijak usia 20 tahun dan fokus utamanya adalah pada pekerjaannya. Namun ia memiliki target untuk menikah pada usia 30 dan satu hal yang ingin ia lakukan ketika ia menemukan pasangan adalah melakukan perjalanan spontan bersamanya.

Baca juga: 26 Fakta tentang Lee Dong Wook, Pelopor Hubungan "Bromance" di Drama Korea

(Foto: Courtesy of Allkpop, Shiseido, Produce 101, Instagram @somsomi0309)