Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Oppo dan Kengo Kuma Berkolaborasi Menciptakan Instalasi Multisensori Untuk Milan Design Week 2021

Instalasi ini bernama Bamboo Ring :|| Weaving a Symphony of Lightness and Form

Oppo dan Kengo Kuma Berkolaborasi Menciptakan Instalasi Multisensori Untuk Milan Design Week 2021

Selain terus berkreasi lewat smartphone, Oppo sebagai produsen dan inovator perangkat cerdas terkemuka juga kian berkembang lewat kolaborasi. Kali ini, brand asal Cina itu menggandeng arsitek asal Jepang yaitu Kengo Kuma, pendiri Kengo Kuma & Associates yang terkenal dengan desain arsitekturnya yang menggabungkan alam dan manusia. Keduanya bermitra menciptakan instalasi Bamboo Ring  :|| Weaving a Symphony of Lightness and Form

Mengusung tema "Creative Connection," Bamboo Ring :|| Weaving a Symphony of Lightness and Form dibuat dari bambu berbentuk cincin dan serat karbon yang disusun menyerupai anyaman. Ini merupakan instalasi multisensori yang menggabungkan arsitektur dengan musik, inovasi desain, teknologi, dan user experience untuk memberikan sensasi akan waktu dan ruang. Oleh karena itu, Bamboo Ring bukanlah sebuah instalasi semata, melainkan juga dapat menjadi sebuah instrumen yang menciptakan pengalaman sensori unik saat dipadukan dengan musik.

Karya seni ini sebenarnya merupakan perkembangan dari instalasi Bamboo Ring hasil kerja sama Kengo Kuma dan Oppo yang pernah ditampilkan untuk pertama kalinya di London Design Festival 2019. Disempurnakan dengan teknologi dari Oppo, kelima indra para pengunjung yang melihatnya akan dihidupkan. Aransemen musik orkestra yang diciptakan oleh pemain biola ternama asal Jepang, Midori Komachi dan Musicity, menjadi pelengkap experience. Alunan musik tersebut dimainkan melalui O Relax, sebuah aplikasi kesehatan digital dari Oppo yang diciptakan dengan tujuan memberikan ketenangan jiwa dengan berbagai pilihan suara alam dan perkotaan hasil rekaman dari berbagai lokasi di seluruh dunia termasuk Reykjavik, Beijing, dan Tokyo.

Bukan hanya O Relax, instalasi tersebut juga menyematkan teknologi suara struktural yang dikembangkan oleh Oppo London Design Centre. Teknologi inovatif ini meliputi haptic motor, strip speaker MEMS, dan exciter yang saling berpadu menghasilkan suara mendalam dan berfrekuensi tinggi sehingga dapat membuat bambu bergema dengan vibrato biola dan efek instrumen perkusi.

Kengo Kuma sang arsitek menjelaskan, “Saat saya mendesain sebuah arsitektur, saya lebih tertarik menciptakan ritme dan nada dibandingkan dengan siluet. Musik kontemporer memberikan kita banyak pelajaran tentang cara membuat ritme dan nada baru dalam arsitektur. Karya seni ini merupakan salah satu eksplorasi perpaduan ritme dan nada baru dalam arsitektur yang menyajikan pengalaman visual dan akustik untuk para pengunjung.”

Bamboo Ring :|| Weaving a Symphony of Lightness and Form  ditampilkan di halaman Cortile dei Bagni di Milan selama pelaksanaan Milan Design Week sampai tanggal 19 September 2021. Setelahnya, Oppo akan mendonasikannya kepada Arte Stella Park yang merupakan museum seni kontemporer di Trentino, Italia. Di sanalah Bamboo Ring ini akan terus dipamerkan.


Foto courtesy of Oppo, Instagram: @oppo