Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Drama-Drama Korea Paling Romantis yang Tak Boleh Anda Lewatkan Seumur Hidup

Sukses bikin baper, adakah drama Korea favorit Anda dalam daftar ini?

Drama-Drama Korea Paling Romantis yang Tak Boleh Anda Lewatkan Seumur Hidup

Bagi Anda pencinta drama Korea sejati, Anda tentu sudah pernah menonton berbagai judul drama Korea degnan ragam pilihan genre yang tersedia. Terkenal dengan genre romansanya yang tak jarang dapat menyayat hati berkat jalan ceritanya yang begitu manis namun terkadang juga menyedihkan. Judul drama Korea bergenre romance apa yang menjadi favorit Anda sepanjang masa? 

Jika Anda masih ragu ketika harus menjawab pertanyaan tersebut karena merasa belum menemukan satu judul drama Korea yang benar-benar membekas di hati, berikut Bazaar rangkumkan 15 judul drama Korea paling romantis sepanjang masa yang tak boleh Anda lewatkan seumur hidup!

Baca juga: Penuh Pesan Moral, Ini 10 K-Drama yang Harus Anda Tonton!

1. When My Love Blooms

Dapat disaksikan di: Netflix & Viu

Dibintangi oleh Yoo Ji Tae dan Lee Bo Young, Park Jin Young, dan Jeon So Nee, When My Love Blooms bercerita mengenai sepasang kekasih yang kembali bertemu setelah 20 tahun terpisah. Sama-sama merupakan cinta pertama bagi masing-masing, keduanya bertumbuh menjadi pribadi yang benar-benar berbeda dengan diri mereka versi muda.

Jae Hyun versi muda yang diperankan oleh Park Jin Young adalah sosok mahasiswa yang memegang teguh prinsip dan aktif mengikut gerakan mahasiswa dan demonstrasi. Namun semua itu berubah ketika dirinya dewasa (Yoo Ji Tae), ia menjadi sosok yang ambisius dan menantu dari keluarga konglomerat.

Berbeda dengan Ji Soo, kehidupannya penuh dengan kesulitan yang tak kunjung selesai, Ji Soo dewasa (Lee Bo Young) telah memiliki anak namun telah bercerai. Mengadopsi alur cerita maju-mundur, saksikan bagaimana cinta Jae Hyun dan Ji Soo kembali bersemi setelah berpisah selama lebih dari 20 tahun serta bagaimana keduanya menghadapi rintangan yang berusaha untuk memisahkan keduanya, baik ketika mereka masih muda maupun kini ketika keduanya telah memiliki keluarga masing-masing.

2. Something in The Rain

Dapat disaksikan di: Netflix

Mempertemukan bintang ternama Son Ye Jin dengan aktor Jung Hae In, bagi Anda penggemar  kisah cinta penuh adegan manis, Anda tentu tak boleh melewatkan drama yang satu ini. Mengikuti kisah seorang wanita bernama Yoon Jin A (Ye Jin), ia merupakan seorang wanita lajang yang berusia 30-an namun merasa hidupnya hampa dan tak memiliki target spesifik dalam hidupnya. Hingga akhirnya ia dipertemukan kembali dengan sosok Seo Joon Hee ( Hae In) yang merupakan adik dari sahabat karibnya. 

Tak pernah benar-benar menganggap Joon Hee sebagai “seorang laki-laki”, lambat laun hatinya pun luluh dengan sifat Joon Hee yang begitu lembut dan penuh pengertian pada dirinya. Namun ketika akhirnya keduanya menerima perasaan yang dirasakan dan memutuskan untuk menjadi sepasang kekasih meskipun adanya pautan usia yang cukup jauh, masalah pun mulai menghampiri keduanya, akankah keduanya dapat bertahan melewati ujian hidup ini? Atau akhirnya mereka akan memutuskan untuk menyerah?

Baca juga: 25 Fakta Jung Hae In, Aktor Korea dengan Wajah Baby Face

3. Autumn in My Heart

(Foto: Courtesy of IMDb) 

Rilis pada akhir tahun 2000 dan menjadi salah satu proyek drama yang melambungkan nama ketiga pemerannya, Autumn in My Heart yang tergabung dalam seri Endless Love persembahan sutradara Yoon Seok Ho menceritakan kisah cinta segita pilu yang melibatkan dua saudara (yang akhirnya diketahui bukan saudara kandung) Eun Suh (Song Hye Kyo), Joon Seo (Song Seung Heon), dan juga sahabat baik Joon Seo bernama Tae Seok (Won Bin). 

Seolah takdir yang mempermainkan mereka belum cukup, Eun Suh pun harus mendapati kenyataan bahwa ia mengidap penyakit leukemia....

Baca juga: 17 Fakta Song Hye Kyo, Aktris Korea dengan Kecantikan Abadi

4. Winter Sonata

Menyusul kesuksesan Autumn in My Heart, sutradara Yoon Seok Ho di tahun 2002 kembali melengkapi seri Endless Love-nya dengan merilis lagi-lagi serial hits lainnya yang behasil membuka gerbang kejayaan industri hiburan di skala internasional. 

Winter Sonata yang dilakoni oleh dua aktor besar, Bae Young Joon dan Choi Ji Woo mengikuti perjalanan tragis Jung Yoo Jin (Ji Woo) yang harus kehilangan cinta pertamanya Jun Sang (Young Joon). Mengira telah menutup babak hidupnya yang pilu karena kehilangan Jun San, Yoo Jin pun memutuskan untuk memulai lembaran baru dan bahkan berencana untuk menikah dengan Sang Hyuk. Namun apa jadinya ketika pria yang tampak seperti cinta pertamanya muncul di hadapannya sepuluh tahun kemudian, tepat sebelum ia akan menikah?  

5. The Time We Were Not In Love

Anda salah satu pencinta drama Korea dengan tema sahabat yang berubah menjadi sepasang kekasih? Jika iya, ini adalah drama yang tepat untuk Anda. Mempertemukan Lee Jin Wook yang berperan sebagai Choi Won, ia merupakan seorang pramugara sekaligus sahabat Oh Ha Na (Ha Ji Won) selama 17 tahun.

Selalu ada untuk Ha Na dalam segala keadaan terutama saat ia terjebak dalam masalah, Choi Won pun selama ini tak pernah berani untuk mengutarakan perasaannya kepada sang sahabat. Lalu bagaimana akhirnya ketika Choi Won melangkah lebih jauh dan memutuskan untuk mengubah status hubungannya dengan Ha Na? Apakah Ha Na juga merasakan hal yang sama seperti yang dirasakan oleh Choi Won?

6. Tomorrow With You

Dapat disaksikan di: Netflix

Mengangkat tema cerita yang cukup unik yaitu mengenai seorang pria bernama Yoo So Joon (Lee Je Hoon) yang memiliki kemampuan untuk melakukan perjalanan waktu. Ia kemudian secara tak sengaja menyelamatkan sosok wanita bernama Song Ma Rin yang juga merupakan sosok kunci yang dapat menjelaskan kemampuan supranaturalnya yang datang kepada dirinya secara tak terduga. 

Yang awalnya ia memiliki misi untuk mendekati Ma Rin hanya untuk mendapatkan jawaban atas teka-teki kehidupannya pun tanpa disadari luluh akan sikap Ma Rin dan jatuh hati padanya. Keduanya pun akhirnya menikah dan membangun kehidupan bersama, namun kehidupan tak berjalan mulus, So Joon pun mulai diperhadapkan pada situasi-situasi sulit, terutama ketika dirinya tetap kukuh melakukan perjalanan ke masa depan tanpa Ma Rin mengetahui rahasia besarnya ini.

7. Stairway to Heaven 

Drama klasik lainnya yang tak boleh Anda lewatkan datang dari tahun 2003 yang mempertamukan aktris Choi Ji Woo dengan aktor Kwon Sang Woo berjudul Stairway to Heaven.

Song Joo (Sang Woo) dan Jung Seo (Ji Woo) merupakan sahabat dekat dan bahkan tumbuh bersama sejak kecil. Namun karena Song Joo merupakan satu-satunya putra dari keluarga konglomerat, ia pun terpaksa harus berpisah dengan Jung Seo untuk menimba ilmu di luar negeri. Bahkan sebelum kepergian Song Joo, Jung Seo dan Song Joo  bertukar kalung seolah-olah mereka memberikan separuh jiwa mereka.

Waktu berlalu dan Song Joo akhirnya kembali dari studinya, namun takdir tak berpihak pada cinta mereka,  kecelakaan tragis terjadi yang membuat Jung Seo menderita amnesia. 

8. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

Dapat disaksikan di: Viu

Menjadi salah satu drama paling populer di tahun 2016 dan juga bertabur bintang, drama yang berlatar di era Goryeo ini mengikuti perjalanan seorang wanita bernama Hae Soo (IU) yang mendapati dirinya melakukan perjalanan waktu kembali ke era kerajaan. Di sana ia bertemu dengan para pangeran kerajaan mulai dari Wang Wook (Kang Ha Neul) yang merupakan iparnya, Baek A (Nam Joo Hyuk), Wang Eun (Baekhyun), Wang Jung (Ji Soo), dan juga Wang So (Lee Joon Gi) yang mana ia menaruh hati padanya. 

Lantas seperti apa petualangan Hae Soo dalam bertahan hidup dan menyesuaikan diri di masa yang selama ini hanya  ia dengar dari cerita sejarah?

9. Find Me In Your Memory

Dapat disaksikan di: Netflix

Walaupun terpaut usia yang cukup jauh antar pemain utamanya, namun Kim Dong Wook dan Moon Ka Young berhasil menampilkan chemistry yang luar biasa ketika keduanya berperan sebagai seorang penyiar TV bernama Lee Jung Hoon (Dong Wook) dan aktris ternama bernama Yeo Ha Jin (Ka Young).

Jung Hoon yang mengidap hyperthymesia, suatu kondisi yang memungkinkan dirinya untuk mengingat hampir setiap momen dalam hidupnya “dipertemukan kembali” dengan sosok Ha Jin yang memiliki sifat riang, bebas, dan juga pelupa. Akankah sejarah keduanya akan menghalangi mereka untuk bersatu dan merajut asmara?

10. It's Okay, That's Love

Dibintangi oleh deretan artis papan atas Korea mulai dari Jo In Sung, Gong Hyo Jin, Lee Sung Kyung, Lee Kwang Soo, hingga Sung Dong Il, drama It’s Okay, That’s Love menampilkan kisah seorang penulis ternama dan radio DJ, Jang Jae Yeol (In Sung) yang di balik segala kesuksesan yang ia raih rupanya ia bergelut dengan gangguan Obsessive Compulsive Disorder (OCD) dan skizofrenia yang dideritanya. 

Sedangkan Ji Hae Soo (Hyo Jin) adalah seorang dokter fellow untuk bidang psikiatri yang juga memiliki trauma yang ia pendam. Saksikan bagaimana perjalanan Hae Soo dan Jae Yeol saling menyembuhkan satu sama lain.

11. Sad Love Song

Mempertemukan Kim Hee Seon dan Kwon Sang Woo dalam satu layar, Sad Love Song menceritakan kisah tragis antara seorang laki-laki bernama Joon Young (Sang Woo) yang bertemu dengan cinta pertamanya bernama Hye In (Hee Seon) yang sayangnya tak dapat melihat. Dan ketika Hae In berimigrasi ke Amerika mengikuti bibinya dan pamannya, di sana ia bertemu dengan Keon Woo (Yeon Jeong Hun), yang merupakan sahabat Joon Young. Setelah ia menerima surat dari temannya, Hwa Jeong yang mengatakan bahwa Joon Young telah meninggal, Hye In memutuskan untuk menerima cinta Keon Woo. Setelah operasi, dan Hye In bisa melihat lagi, secara tak terduga ia kembali dipertemukan dengan kekasih lamanya yang ia pikir telah meninggal.

12. The Hymn of Death 

Dapat disaksikan di: Netflix

Diangkat dari kisah nyata dua sejoli bernama Kim WooJin dan Yun Sim Deok, Woo Jin (Lee Jong Suk) adalah seorang penulis drama panggung saat Korea berada di bawah pendudukan Jepang. Ia sudah berstatus menikah tetapi jatuh cinta pada Yun Sim Deok (Shin Hye Sun) yang merupakan penyanyi sopran Korea pertama. Ia pun kemudian merekam lagu “Praise of Death” yang menjadi lagu pop Korea pertama pada tahun 1926 terlepas nasib Kim Woo Jin dan Yun Sim Deok yang berakhir tragis.

13. Chocolate

Dapat disaksikan di: Netflix

Lee Kang (Yoon Kye Sang) tumbuh di kota tepi laut kecil bersama dengan ibunya dengan mimpi menjadi seorang kaki. Namun karena suatu hal, ia sekarang menjadi ahli bedah saraf yang memiliki kepribadian yang dingin dan kaku. Ketika akhirnya ia dipertemukan kembali dengan cinta masa kecilnya, Moon Cha Young (Ha Ji Won), lambat laun ia pun mulai berubah menjadi dirinya yang semula. 

14. My Blooming Days

Dibintangi oleh salah satu member grup musik SNSD, Choi Sooyoung dan aktor veteran Kam Woo Sung, My Blooming Days mengikuti perjalanan seorang dietician bernama Lee Bom Yi (Sooyoung) yang pernah menjalani operasi transplantasi jantung. Merasa terberkahi karena mendapat kesempatan kedua, ia pun menjalani hidupnya secara positif sebagai penghormatan kepada orang yang menyumbangkan hatinya untuknya dan menjalin kasih dengan dokter Kang Dong Wook (Lee Joon Hyuk). 

Segalanya memang tampak berjalan mulus hingga akhirnya takdir mempertemukan dirinya dengan Kang Dong Ha (Woo Sung) seorang CEO perusahaan distributor daging sapi. Sejak ia kehilangan istrinya dalam sebuah kecelakaan, ia harus membesarkan kedua anaknya seorang diri. Bukan kebetulan, ia juga merupakan kakak laki-laki dari dokter Kang, kekasih Bom Yi. Dengan cepat cinta segita pun hadir kedalam hati ketiga pemeran utama ini. Belum lagi di tambah dengan kondisi kesehatan Bom Yi yang memburuk. Keputusan apa yang diambil oleh Bom Yi?

15. Youth of May

Dapat disaksikan di: Viu

Salah satu drama yang rilis pada tahun 2021 ini memang tak boleh Anda lewatkan! Kembali mempertemukan aktor penuh talenta  Lee Do Hyun dengan aktris Go Min Si setelah keduanya pernah bertemu dalam proyek drama Sweet Home dan berperan sebagai saudara, kini keduanya dipasangkan sebagai sepasang kekasih dengan takdir cinta yang traagis.

Berlatar tahun 1980, tepatnya selama masa pergolakan Pemberontakan Gwangju, Hwang Hee Tae (Do Hyun) yang adalah seorang mahasiswa kedokteran bertemu dengan seorang perawat bernama  Kim Myung Hee (Min Si), keduanya pun saling jatuh cinta. Namun seolah takdir tak berpihak pada keduanya, berbagai kemalangan terus menghampiri keduanya, mungkinkah keduanya dapat bersatu dan menjalani kehidupan bahagia selamanya? Atau justru mereka akan terpisah oleh keadaan?

Setelah membaca sinopsis singkat di atas, manakah yang menarik hati dan menjadi pilihan Anda untuk dijadikan tontonan selanjutnya?

(Layout: Tevia Andriani; Foto: Courtesy of IMDb, Soompi, AsianWiki, SBS, MBC, JTBC)