Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Johnnie Walker Princes Street Telah Dibuka Sebagai Destinasi Wisata Wiski di Edinburgh

Bukan hanya untuk mencicipi berbagai varian wiski, namun Anda juga diajak untuk mendalami sejarah brand wiski asal Skotlandia ini

Johnnie Walker Princes Street Telah Dibuka Sebagai Destinasi Wisata Wiski di Edinburgh
Foto courtesy of Johnnie Walker

Berbicara mengenai destinasi wisata, Edinburgh memiliki banyak tempat cantik yang menyimpan segudang cerita. Sebut saja seperti Kastil Edinburgh, Royal Mile, Bukit Calton, dan Princes Street beserta tamannya. Princes Street ini terkenal sebagai pusat perbelanjaan terkemuka di Edinburgh dengan pemandangan kastil-kastil kuno di sekelilingnya. Di sana pula, tepatnya di 145 Princes Street, Anda akan menemui rumah wiski Johnnie Walker yang belum lama ini resmi dibuka sebagai destinasi wisata wiski di ibu kota Skotlandia.

Lewat bangunan seluas 6.642,5 meter persegi bekas department store tradisional berusia 100 tahun, brand wiski asal Kilmarnock, Skotlandia, tersebut akan mengajak Anda untuk menjelajah rasa dalam sebuah perjalanan yang dipersonalisasi. Sebagai pelengkap perjalanan, Anda juga akan diajak untuk menyimak histori menarik dari Johnnie Walker yang sudah berdiri selama 200 tahun hingga menjadi salah satu jenama terlaris di dunia. Di sini juga tersedia lebih dari 800 kombinasi rasa dalam sistem dispensasi yang inovatif, yang artinya setiap pengunjungnya dapat mengunjungi Jonnie Walker Princes Street setiap hari selama dua tahun dan akan selalu menemukan pengalaman yang berbeda.

Johnnie Walker Princes Street. Foto courtesy of Johnnie Walker
Johnnie Walker Princes Street. Foto courtesy of Johnnie Walker

Ada sejumlah experience yang ditawarkan di Johnnie Walker Princes Street. Dalam tur Johnnie Walker Journey of Flavour, pengunjung akan mendapatkan sebuah pengalaman full sensory selama 90 menit dan ditemani oleh seorang pemandu ahli. Selain itu, tiga minuman wiski Scotch yang diramu sesuai selera tamu baik berupa minuman beralkohol maupun non alkohol akan disiapkan sebagai penyempurna perjalanan. Siapkan biaya sebesar 25 Pound Sterling atau sekitar 500.000 rupiah jika Anda berencana mengikutinya.

Whisky Makers' Cellar. Foto courtesy of Instagram @johnniewalkerprincesstreet
Whisky Makers' Cellar. Foto courtesy of Instagram @johnniewalkerprincesstreet

Ada pula Whisky Makers' Cellar yang berdurasi 90 menit yang dirancang bagi Anda pencinta wiski untuk mencicipi minuman langsung dari cask privat ditambah dengan kreasi ekslusif racikan master makers Johnnie Walker. Experience ini ditawarkan seharga 95 Pound Sterling atau sekitar 1,8 juta rupiah per orang. Di puncak bangunan ada dua bar yang tak kalah epik yakni Explorers' Bothy dan 1820 Rooftop Bar and Dining. Lewat experience bertajuk Whisky Explorers' at The Explorers' Bothy, pengunjung akan dimanjakan dengan sensory tasting yang dipandu oleh para spesialis wiski Johnnie Walker selama 45 menit dengan membayar sebesar 35 Pound Sterling (sekitar 700.000 rupiah). Explorers' Bothy juga menyediakan sebanyak 150 wiski berbeda.

Explorers' Bothy. Foto courtesy of Johnnie Walker
Explorers' Bothy. Foto courtesy of Johnnie Walker

Sementara itu, 1820 Rooftop Bar and Dining merupakan tempat yang ideal untuk bersantai menikmati panorama Kastil Edinburgh dan kotanya yang bersejarah dari ketinggian bangunan berlantai delapan ini. Tempatnya menyajikan makanan, cokctail kelas dunia, dan beragam pilihan minuman alkohol atau non alkohol.

Johnnie Walker Princes Street Rooftop. Foto courtesy of Johnnie Walker
Johnnie Walker Princes Street Rooftop. Foto courtesy of Johnnie Walker

1820 Bar. Foto courtesy of Instagram @johnniewalkerprincesstreet
1820 Bar. Foto courtesy of Instagram @johnniewalkerprincesstreet

Johnnie Walker Princes Street dibuka dengan Green Tourism Gold Award yang merupakan penghargaan keberlanjutan tertinggi dan memiliki daya tarik bagi pengunjungnya. Selain kedua bar tadi, di bagian atap bangunannya terdapat teras atap untuk menanam tumbuhan yang digunakan sebagai garnish  dan sarang burung untuk menjaga keanekaragaman hayati.


Foto courtesy of Johnnie Walker, Instagram: @johnniewalkerprincesstreet