Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Lama Tak Muncul di serial TV, Lee Jung Jae Siap Menyapa Anda di Squid Game, Apa Alasan Ia Bergabung?

Persiapkan diri Anda untuk ikut serta dalam permainan menegangkan yang dapat Anda saksikan di Netflix pada tanggal 17 September ini!

Lama Tak Muncul di serial TV, Lee Jung Jae Siap Menyapa Anda di Squid Game, Apa Alasan Ia Bergabung?
(Foto: Courtesy of Netflix)

Kabar bahagia kembali hadir bagi Anda pencinta drama Korea, terkhususnya karya-karya orisinal persembahan Netflix. Bagaimana tidak setelah bulan Agustus kemarin merilis salah satu drama yang telah lama dinanti-nanti dengan judul D.P. yang dilakoni oleh Jung Hae In, bulan ini Anda akan kembali dimanjakan dengan proyek drama lain yang tak kalah menarik dengan judul Squid Game

Baca juga: Ini 8 Judul Drama Korea yang akan Tayang di Bulan September

Dimeriahkan oleh penampilan dari aktor papan atas mulai dari aktor veteran Lee Jung Jae, hingga Park Hae Soo dan Wi Ha Joon, berikut adalah beberapa fakta menarik yang berhasil Bazaar himpun ketika berkesempatan untuk menghadiri acara press conference yang digelar secara virtual:

(Para pemeran Squid Game ketika menghadiri acara press conference pada 15 September 2021)
(Para pemeran Squid Game ketika menghadiri acara press conference pada 15 September 2021)

Mengangkat tema survival game 

Menceritakan tentang kisah seorang pengangguran bernama Ki Hoon (Lee Jung Jae), ia memiliki kepribadian yang selalu bahagia dan optimis, namun karena sang ibu mengidap penyakit, ia pun akhirnya memutuskan untuk ikut dalam sebuah survival game dengan total hadiah 45,6 miliar won untuk pemenangnya. Sementara itu, Sang Woo (Park Hae Soo) adalah teman masa kecil Ki Hoon. Namun karena keputusan salah yang ia ambil, ia akhirnya memutuskan untuk ikut dalam survival game ini. Lantas apa yang akan terjadi pada Ki Hoon dan Sang Woo? Akankah keduanya dapat bertahan hingga akhir?

Baca juga: Fakta Terkini Mengenai Remake Money Heist yang akan Dibuat Jadi Drama Korea

Diangkat dari permainan tradisional masa kecil yang populer di Korea Selatan, ini alasan sutradara Hwang memilih mengangkat tema ini

Squid Game adalah jenis permainan yang biasa saya mainkan saat kecil di halaman sekolah atau di jalan kecil di sekitar lingkungan tempat tinggal saya. Dan Squid Game merupakan kisah anak yang dulu pernah memainkan permainan ini sebagai seorang anak-anak, mereka akhirnya kembali lagi sebagai orang dewasa dan bermain untuk memenangkan hadiah uang tunai. Dan alasan mengapa saya memilih nama Squid Game sebagai judulnya adalah karena ini merupakan permainan yang paling melibatkan aktivitas fisik diantara jenis permainan lain yang saya mainkan waktu kecil dan ini juga permainan favorit saya. Selain itu, ini juga dapat menjadi representasi atau simbol yang sempurna untuk menunjukkan berbagai aspek dari kehidupan masyarakat masa kini yang kompetitif,” cerita sutradara Hwang Dong Hyuk pada acara press conference

(Foto: Courtesy of Netflix)
(Foto: Courtesy of Netflix)

Begini perjalanan tak mudah hingga akhirnya Squid Game dapat diproduksi...

Menjadi debut sutradara sekaligus penulis naskah drama Hwang Dong Hyuk di layar kaca, tahukah Anda bahwa sebetulnya naskah drama ini telah selesai ditulis sejak tahun 2008? 

Ya, dijumpai pada press conference, sutradara Hwang mengaku bahwa sebenarnya drama Squid Game telah tercipta lebih dari satu abad yang lalu namun karena di saat itu tak ada pihak yang mau berinvestasi dan mengembangkannya, maka dengan berat hati ia harus mengesampingkan drama ini. 

“Tahun 2008  tepat setelah masa debut, saya sering membaca komik dan membuat saya berpikir untuk membuat sesuatu seperti cerita komik di Korea dan saya menyelesaikan naskahnya pada tahun 2009. Namun pada saat itu tema cerita seperti ini rasanya masih sangat asing, sesuatu yang sangat brutal, sehingga banyak pihak berpikir proyek ini akan terlalu rumit dan mungkin sesuatu yang tidak menjual.  

Saya tidak mendapatkan investasi, casting juga sangat sulit di masa itu, sehingga saya harus menguburnya. Namun setelah satu dekade berlalu, sekarang zaman telah berubah, dan banyak orang mengatakan kepada saya bahwa cerita ini cukup mencerminkan apa yang sebenarnya terjadi di dunia,  tentang hal-hal yang terjadi dalam situasi yang sangat sulit ini, jadi saya akhirnya memutuskan untuk kembali mengembangkan cerita ini sekitar 2 tahun yang lalu, dan sekarang kita berada di momen ini,” ceritanya.  

Alasan Lee Jung Jae memilih proyek drama ini & bagaimana transformasi karakternya dengan pribadi yang selama ini dikenal dan melekat padanya

(Lee Jung Jae dan Park Hae Soo)
(Lee Jung Jae dan Park Hae Soo)

Bagi Anda yang belum familier dengan rekam jejak aktor veteran Lee Jung Jae, ia bukanlah nama baru di industri hiburan Korea. Telah eksis di dunia perfilman sejak tahun 1993, terakhir ia menyapa penggemar di layar kaca lewat perannya yang ikonis sebagai Jang Tae Jun di drama Chief of Staff yang tayang di tahun 2019 silam. 

Untuk itu kembalinya sang aktor ke layar kaca memang terasa sangat istimewa. Ia pun turut mengutarakan alasannya memilih drama ini sebagai proyek comeback-nya.  “Bagi saya pribadi, saya selalu ingin bekerja dengan sutradara Hwang, jadi ketika ia menghubungi saya, saya sangat senang dan terhormat dapat bergabung dan membaca naskah dari drama ini, dan ketika saya membaca naskahnya, ada berbagai emosi dan berbagai situasi yang semuanya benar-benar terasa apik dengan cara yang menarik. Jadi saya pikir ini akan menjadi cerita yang menarik dan saya benar-benar bertanya-tanya bagaimana permainan ini akan dihidupkan, tetapi setiap hari di lokasi syuting suasana dipenuhi dengan kegembiraan dan saya sangat menikmatinya,” cerita Jung Jae ketika ditanya mengenai apa alasan utamanya memilih proyek drama ini. 

Tak sampai di situ saja, ketika berbicara mengenai karakter yang ia lakoni dalam drama ini, aktor yang juga merupakan sahabat dari aktor Jung Woo Sung ini memang terkenal dengan kharisma serta ketampanannya. Untuk itu ketika kita melihat cuplikan trailer yang telah dirilis, Jung Jae yang memerankan karakter Ki Hoon memang terlihat sangat bertolak belakang dengan penggambaran karakter yang selama ini dilihat oleh publik. 

Menanggapi transformasi ini, Jung Jae pun turut angkat bicara,  “Ia (Ki Hoon) adalah pribadi yang sangat positif, optimis tetapi memiliki banyak beban di pundaknya. Ia memiliki seorang ibu yang sakit, tetapi ia tidak menghasilkan banyak uang dan tidak memiliki pekerjaan yang stabil, jadi itu sebabnya ia mengambil bagian dalam permainan ini dengan tujuan untuk mendapatkan hadiah uang tunai yang besar. 

Walaupun karakter yang saya mainkan ini sangat berbeda dengan apa yang selama ini orang-orang lihat dari pribadi saya, namun saya tidak menyebutnya perubahan yang negatif, maksudnya saya memang harus mempromosikan serial dan diri saya sendiri, namun harus  saya akui ketika berkesempatan untuk menonton versi final dari drama ini, saya tertawa terbahak-bahak karena sangat terkejut ketika melihat diri saya memerankan karakter Ki Hoon.”

Turut dimeriahkan oleh deretan aktor serta aktris Korea 

(Deretan aktris serta aktor lain yang turut memeriahkan drama Squid Game)
(Deretan aktris serta aktor lain yang turut memeriahkan drama Squid Game)

Tak hanya akan menampilkan penampilan luar biasa dari Lee Jung Jae dan Park Hae Soo (Prison Playbook, Money Heist), Squid Game juga akan turut dimeriahkan oleh deretan aktor serta aktris berbakat lainnya seperti Heo Sung Tae (Beyond Evil, Watcher), Wi Ha Joon (Something in The Rain, Romance is a Bonus Book), hingga aktor pendatang baru yang merupakan model Jung Ho Yeon. Bahkan rumornya aktor ternama Gong Yoo akan menjadi cameo dalam drama ini!

Baca juga: Fakta Drama Korea The Sea of Silence yang Dibintangi oleh Gong Yoo, serta Diproduseri oleh Aktor Tampan Jung Woo Sung

Akan tayang pada tanggal 17 September ini di platform streaming Netflix

Tak perlu menunggu berlama-lama, proyek drama ini akan resmi tayang secara global di platform streaming Netflix pada tanggal Jumat, 17 September 2021. Anda sudah siap ikut dalam perjalanan Ki Hoon dan Sang Woo yang menegangkan ini?

(Foto: Courtesy of Netflix)