Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

20 Fakta Seputar Kim Woo Bin, Aktor Korea yang Kembali Bangkit Setelah Terkena Kanker

Mengenal lebih dekat perjalanan karier sekaligus berbagai fakta unik dari seorang Kim Woo Bin.

20 Fakta Seputar Kim Woo Bin, Aktor Korea yang Kembali Bangkit Setelah Terkena Kanker
(Foto: Courtesy of Instagram @____kimwoobin)

Memulai karier sebagai seorang model kemudian merambah ke dunia hiburan ketika memulai debutnya di tahun 2011, aktor dengan tinggi mencapai 190 cm ini tentu sudah tak asing di mata Anda. Dikenal dengan nama panggung Kim Woo Bin, perjalanan hidup sekaligus kariernya bisa dibilang penuh tantangan, tak selalu bahagia, ketika dirinya sedang berada di puncak kariernya, ia harus menerima kenyataan pahit bahwa di usia yang relatif muda, tepatnya 27 tahun ia sudah harus berjuang melawan kanker nasofaring yang memaksanya hiatus dari industri yang telah membesarkan namanya. 

Untuk mengetahui apa saja yang sudah dilalui oleh seorang Kim Woo Bin, mulai dari masa awal hingga puncak karier, berbagai torehan prestasi, hingga hubungan asamaranya, beriku telah Bazaar rangkumkan 20 fakta menarik tentang aktor yang juga pernah menghiasi sampul wajah untuk majalah Harper's Bazaar Korea edisi November 2013 ini:

(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar Korea)
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar Korea)

1. Berzodiak cancer, Kim Woo Bin lahir dengan nama asli Kim Hyun Joong pada 16 Juli 1989 di Seoul.

2. Rupanya alasan mengapa ia menggunakan nama berbeda ketika debut di industri hiburan adalah karena ia tak ingin membuat fans bingung, sebab ada aktor lain yang juga memiliki nama yang sama dengannya yaitu salah satu anggota grup K-pop SS501 yang telah terlebih dahulu populer ketika memerankan karakter Yoon Ji Hoo di drama ikonis Boys Over Flowers yang rilis di tahun 2009 silam.

(Sewing Boundaries Spring/Summer 2016)
(Sewing Boundaries Spring/Summer 2016)

3. Tak langsung terjun ke dunia hiburan, Woo Bin awalnya debut sebagai seorang runway model di tahun 2009. Rupanya cita-citanya sebagai seorang model profesional telah tumbuh sejak ia duduk di bangku sekolah menengah atas. Di usianya yang genap 20 tahun, ia pun mulai melaju di berbagai peragaan busana seperti di Seoul Fashion Week.

4. Seraya karier modelingnya mulai berjalan, ia pun juga lambat laun mendapat tawaran membintangi iklan yang akhirnya membuatnya mulai ikut sekolah akting. Ia pun sempat mengutarakan, “Saya menemukan diri saya merasakan sensasi dan antusiasme yang sama seperti apa yang saya rasakan pertama kali ketika saya debut berjalan di runway."

5. 2 tahun kemudian, tepatnya di tahun 2011, Kim Woo Bin pun resmi melakukan debut di layar kaca ketika tampil dalam serial White Christmas dan juga Vampire Idol.

6. Namun kariernya di dunia akting baru benar-benar bersinar di tahun 2013, tepatnya ketika ia membintangi drama remaja bertajuk School 2013 yang berhasil mengantarkannya meraih penghargaan 2nd APAN Star Awards untuk kategori Aktor Baru Terbaik.

(Foto: Courtesy of IMDb)
(Foto: Courtesy of IMDb)

7. Masih di tahun yang sama, ia juga berhasil mengamankan posisinya dalam jajaran pemain drama hits karya Kim Eun Sook bertajuk The Heirs. Bersama dengan deretan aktor lainnya mulai dari Lee Min Ho, Kang Ha Neul, Park Hyung Sik, Kim Ji Won, hingga Park Shin Hye, dan Krystal proyek serial ini membawa Kim Woo Bin menjadi hallyu star.

Baca juga: Aktor Korea dengan Karakter Second Lead Syndrome Terbaik Sepanjang Masa

(Foto: Courtesy of KBS2)
(Foto: Courtesy of KBS2)

8. Melanjutkan kesuksesannya, di tahun 2016  Kim Woo Bin resmi naik menjadi peran utama pria lewat drama Uncontrollably Fond dan berkesempatan untuk beradu peran dengan bintang besar lainnya, yaitu Bae Suzy.

(Foto: Courtesy of Calvin Klein)
(Foto: Courtesy of Calvin Klein)

9. Tak hanya bersinar di industri hiburan, dengan latar belakangnya sebagai seorang model profesional, tak heran jika Kim Woo Bin dilirik oleh brand-brand mode ternama untuk mempresentasikan label mereka. Di tahun 2013, Woo Bin sempat didapuk untuk membintangi kampanye untuk Calvin Klein Watches & Jewelry. Dengan prestasinya ini, ia berhasil menjadi model Asia Timur pertama yang membintangi video kampanye untuk merek tersebut.

10. Bukan hanya piawai berakting, Kim Woo Bin juga membuktikan kemampuan bernyanyinya ketika ia menyumbangkan suaranya untuk tak hanya satu melainkan dua lagu dari original soundtrack dari drama yang ia bintangi dengan judul Uncontrollably Fond.

11. Pada bulan April 2017, Kim Woo Bin ditunjuk sebagai duta kehormatan untuk ajang Olimpiade Musim Dingin 2018 yang berlangsung di Pyeongchang, Korea Selatan. Ia dijadwalkan untuk mempromosikan acara tersebut. Namun belum sempat menyelesaikan tugas besar yang dipercayakan padanya, ia terpaksa harus mengundurkan diri di bulan Oktober, menyusul berita bahwa dirinya mengidap kanker nasofaring yang diumumkan pada tanggal 24 Mei 2017.

12. Akibat dari kanker yang dideritanya, Kim Woo Bin dibebastugaskan dari kewajiban setiap warga negara Korea Selatan untuk mengikuti wajib militer.

13. Pada 11 Maret 2020, lewat pernyataan resmi yang dirilis oleh agensinya, AM Entertainment, sang manajemen mengumumkan bahwa setelah lima tahun hiatus, Kim Woo Bin akan melakukan comeback-nya ke industri hiburan lewat film sci-fi bertajuk Alien yang rencananya tayang di tahun 2021 ini.

14. Berbincang dengan salah satu majalah ternama mengenai kembalinya ke industri hiburan, Kim Woo Bin berbagi bahwa ia merasa tak canggung untuk kembali ke dunia hiburan, “Anda mengatakan ini sudah lima tahun membuat saya sadar bahwa itu adalah waktu yang sangat lama. Tapi jujur saja, rasanya tidak selama itu. Saya pikir ini semua akan terasa asing, tetapi sekarang setelah saya bertemu Anda, saya masih merasakan familier. Ini adalah perasaan yang sama ketika syuting film. Saya sangat gugup karena sudah lama sekali, tetapi begitu saya benar-benar siap, saya berpikir, 'Ini tidak terasa asing seperti yang saya harapkan.'”

(Foto: Courtesy of Soompi)
(Foto: Courtesy of Soompi)

15. Dalam sebuah wawancara, Kim Woo Bin mengaku bahwa dirinya tergabung dalam sebuah kelompok pertemanan yang beranggotakan Bae Sung Woo, Cha Tae Hyun, Jo In Sung, Song Joong Ki, Lee Kwang Soo, Kim Ki Bang, Im Joo Hwan, dan Do Kyungsoo  atau D.O. EXO. “Ada total 9 anggota di lingkaran pertemanan kami, dan kami tidak memiliki nama spesifik untuk grup pertemanan ini,” ujarnya.

16. Hobi Woo Bin jika tidak sedang disibukkan dengan kegiatan syuting adalah berjalan-jalan santai di sepanjang sungai Han yang kemudian dilanjutkan dengan menyantap semangkuk ramen.

17. Menjadi salah satu pasangan Korea yang tergolong awet, Kim Woo Bin dan rekan sesama aktris Shin Min Ah telah merajut kasih selama 6 tahun. Keduanya bertemu pertama kali saat membintangi kampanye untuk sebuah brand pakaian di Januari 2015. Tonton video kampanye mereka di sini.

(Foto: Courtesy of Giordano)
(Foto: Courtesy of Giordano)

18. Enam bulan berselang, sebuah media besar di Korea mewartakan bahwa keduanya telah resmi berpacaran selama kurang lebih dua bulan. Kabar ini kemudian diperkuat dengan pernyataan seorang sumber yang dekat dengan kedua artis bahwa keduanya "mulai saling tertarik sejak bulan Februari, ketika mereka syuting iklan bersama, dan secara resmi mulai menjadi sepasang kekasih setelah bulan Mei.” Di hari yang sama ketika berita hubungan keduanya mencuat ke publik, keduanya pun langsung mengonfirmasi berita tersebut lewat perwakilan dari agensi keduanya.

19. They’re still going strong! Ketika berita mengenai sang kekasih mengidap kanker terbesar ke publik, Shin Min Ah pun degan sigap merilis pernyataan melalui agensinya yang berbunyi, "Saya akan membantu agar Kim Woo Bin dapat menjalani perawatannya dengan baik." Dan hal tersebut terbukti lewat tindakan nyatanya, dalam berbagai kesempatan, Shin Min Ah terlihat menemani  Woo Bin di  rumah sakit di mana ia menerima terapi dan radiasi. Orang dalam industri pun sempat angkat bicara mengenai pasangan ini dengan menyatakan: "Banyak orang di rumah sakit mengatakan bahwa mereka tidak bisa tidak memberikan dukungan kepada pasangan itu karena keduanya selalu terlihat tersenyum bahkan di tengah situasi yang sangat sulit."

(Foto: Courtesy of Soompi)
(Foto: Courtesy of Soompi)

20. Keduanya dikabarkan akan bermain dalam satu drama yang sama! Yes, akan menjadi proyek kembalinya Woo Bin ke layar kaca, ini terasa lebih spesial, pasalnya sang kekasih juga akan turut bergabung dalam drama dengan judul Our Blues. Walaupun tak akan dipersatukan menjadi sepasang kekasih, drama yang akan turut dimeriahkan oleh deretan nama-nama tenar seperti Lee Byung Hun, Han Ji Min, Cha Seung Won dijadwalkan mulai syuting pada paruh kedua tahun 2021. Are you excited?

Baca juga:

30 Fakta Aktor Lee Min Ho dan Alasan Dijuluki King of Hallyu

26 Fakta tentang Lee Dong Wook, Pelopor Hubungan "Bromance" di Drama Korea

(Foto: Courtesy of Instagram @____kimwoobin, Sewing Boundaries, IMDb, KBS2, Soompi, Calvin Klein)