Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Langkah Penting dari Dena Rachman untuk Mengatasi Masalah dalam Kegelapan

Semuanya berujung pada penerimaan diri.

Langkah Penting dari Dena Rachman untuk Mengatasi Masalah dalam Kegelapan
Courtesy of Instagram @denarachman

Bertemu kembali dengan penonton setia seri Brunch with Dave Hendrik, yang disiarkan langsung pada akun Instagram resmi Harper's Bazaar Indonesia (@bazaarindonesia), hari Sabtu (04/09) ini. Topik besar kali ini yang bertajuk Makna Keberagaman, membicarakan masalah sosial menarik yang masih banyak diabaikan oleh banyak orang.

Tidak ada lagi tamu yang lebih cocok untuk membicarakan topik di atas selain, Dena Rachman. Salah satu sosok yang dikenal sebagai aktivis yang menyuarakan isu keberagaman. Pada obrolannya yang menarik, Dave sempat menanyakan mengenai langkah dirinya saat menjalani masa transisinya. Dena menjawabnya dengan rinci untuk berani dan akhirnya berhasil mengatasi masalah tergelap dalam hidupnya. Berikut ini perbincangannya:

"Tadikan Dena mengatakan saat Anda came out kepada orang tua dan memutuskan untuk menjalani proses transisi ini. Yang saya suka adalah nasehat dari orang tua Dena yang bilang 'pilihan hidup ini akan menjadi sedikit lebih sulit dibandingkan manusia lain' di mana itu sangat benar. Buat teman-teman di luar sana yang mungkin sedang struggling untuk menerima keberbedaan dalam diri mereka. Apa proses atau langkah yang Dena bisa bagikan supaya mereka tidak salah langkah?" tanya Dave.

Begini langkah yang Bazaar rangkum:

1. Sadari bahwa Anda tidak sendiri

"Penting untuk mengetahui bahwa kita tidak sendiri. Karena ketika kita sedang sendirian dalam kegelapan, biasanya hal negatif akan muncul. Entah menjadi depresi, saya pernah suicidal," katanya. Dena melanjutkan, "Yang paling penting adalah mencari support system. Kalau memang tidak bisa mendapatkannya dari keluarga atau dari manapun, cari komunitas untuk Anda bisa berbicara. Karena hanya dengan sharing, itu sudah bisa membantu Anda, setidaknya punya semangat."

2. Assurance

"Biasanya setelah share, akan muncul dalam diri Anda 'oh saya tidak sendiri kok'. Dari situ Anda baru akan menyadari bahwa kita semua sudah sempurna di mata Tuhan. Kita dicintai, dipilih, dan berharga," ucap Dena.

3. Accepting

"Ketika kita sudah merasakan hal tersebut, akan muncul sedikit demi sedikit menerima. Walaupun itu tidak gampang ya," tegasnya. "Dari penerimaan itu, akan muncul cinta pada diri sendiri, ketika Anda sudah mencintai diri sendiri, baru Anda akan bisa mencintai orang lain. Kalau menurut saya begitu urutan langkahnya," jelasnya. Pesan terakhirnya adalah "bring your problem to the light."

Untuk Anda yang ketinggalan episode terbaru Brunch with Dave Hendrik bersama Dena Rachman, Nantikan perbincangan lengkapnya yang akan segera tayang di Youtube Harper's Bazaar Indonesia.

(Penulis: Gracia Sharon, Foto: Courtesy of Instagram @denarachman, @bazaarindonesia)