Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Rekomendasi Tempat di Jakarta yang Menawarkan Mooncake dalam Kemasan Mewah

Pilihan tepat bagi Anda yang ingin berbagi kebahagiaan di Festival Musim Gugur tahun ini.

Rekomendasi Tempat di Jakarta yang Menawarkan Mooncake dalam Kemasan Mewah
Phoenix Lantern Mooncake Gift Box dari Four Seasons Hotel Jakarta

Satu tradisi yang tidak pernah terlewatkan selama ribuan tahun ketika memasuki masa panen musim gugur adalah festival mooncake. Perayaan yang juga dikenal sebagai Mid-Autumn Festival tersebut dirayakan pada hari kelima belas di bulan kedelapan kalender Cina dan tahun ini akan jatuh pada tanggal 21 September mendatang.

Jika ditelusuri lebih jauh, mooncake atau kue bulan bukanlah sekadar makanan pemanis perayaan tahunan ini. Di balik bentuk-bentuk cantik kue bulan yang sudah bisa Anda temui terkandung komposisi cerita yang sarat makna. Bagi orang-orang Cina yang masih memegang erat tradisinya, perayaan Mid-Autumn Festival merupakan bentuk pemujaan kepada Dewi Bulan. Di saat itulah, para wanita akan mempersiapkan sebuah meja persembahan dengan hiasan patung kelinci bulan serta buah-buahan seperti melon dan delima yang melambangkan kesuburan. Untuk melengkapinya, dihadirkan pula kue bulan sebanyak jumlah bulan di kalender Cina yaitu 13. Kue bulan kemudian akan diiris sesuai dengan jumlah keluarga dan dinikmati di bawah sinar bulan purnama. Kebersamaan keluarga dan kebahagiaan di perayaan itu pun dilambangkan lewat bentuk kue bulan yang bulat sempurna.

Selain di Cina, tradisi menikmati mooncake juga dirayakan di belahan benua Asia lainnya seperti Taiwan, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan tak terkecuali Indonesia. Seiring berjalannya waktu, kue bulan tampil dalam berbagai rasa dan bentuk yang cantik. Bagi Anda yang ingin mencicipi kenikmatan kue bulan dan berbagi dengan orang-orang tercinta, kami merekomendasikan beberapa tempat yang menyediakan kue bulan dalam kemasan luks untuk dijadikan sebagai pilihan.


1. Four Seasons Hotel Jakarta

Foto Courtesy of Four Seasons Hotel Jakarta
Foto Courtesy of Four Seasons Hotel Jakarta

Tahun ini Four Seasons Hotel Jakarta mempersembahkan mooncake spesial dalam Phoenix Lantern Mooncake Gift Box yang terinspirasi dari legenda burung phoenix. Seperti yang kita ketahui, burung phoenix melambangkan pembaharuan dan harapan.

Phoenix Lantern Mooncake Gift Box ini berisi kue bulan dengan berbagai rasa seperti Silky Black Sesame with Yolk, Traditional Mung Bean Paste, Royal Pearl White Lotus with Yolk, dan Classic Green Tea.

2. The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place

Foto Courtesy of Instagram @ritzcarltonjakarta
Foto Courtesy of Instagram @ritzcarltonjakarta

Sebuah kotak unik berwarna merah dengan aksen emas yang satu ini dengan mudah mengingatkan kita akan sebuah bangunan khas Negeri Tirai Bambu. Isi di dalamnya pun tak kalah menarik sebab Anda dapat menemui mooncake dengan rasa premium seperti Truffle, Lotus with Charcoal Skin, Lotus Turmeric Skin with Rum, Five Grain, Hazelnut Praline Lotus with Candied Beetroot Skin, dan Valrhona Chocolate Lotus in Cocoa Skin. Bukan hanya kreasi rasa itu, ada pula seleksi rasa klasik dengan original skin yakni Plain Lotus Paste, Single and Double Yolk Lotus Paste, Red Bean Lotus Paste, dan Black Sesame Lotus Paste.


3. JW Marriott Hotel Jakarta

Foto Courtesy of JW Marriott Hotel Jakarta
Foto Courtesy of JW Marriott Hotel Jakarta

Pearl Chinese Restaurant milik JW Marriott Hotel Jakarta menawarkan kue bulan dengan rasa favorit yang disajikan oleh Executive Chinese Chef Daniel Foong seperti White Lotus plain, Black Sesame, dan Pandan yang pilihan isi satu atau dua kuning telur serta Kacang Merah. Tahun ini mereka juga menampilkan kreasi baru kue bulan yang terdiri dari Snow Skin with Durian, Snow Skin with Chocolate Truffle, dan Snow Skin with Chinese Potato and Cheese Custard. Varian mooncake tersebut dapat Anda pilih ke dalam kemasan kotak berisi empat kue.


4. Mandarin Oriental, Jakarta

Foto Courtesy of Mandarin Oriental, Jakarta
Foto Courtesy of Mandarin Oriental, Jakarta

Tim kuliner restoran Li Feng dari Mandarin Oriental, Jakarta, menghadirkan koleksi kue bulan dengan rasa klasik yang dikemas dalam kotak border bunga yang elegan. Dibuat dengan menggunakan resep dan cetakan kayu tradisional, kue bulan dari Li Feng menghasilkan lapisan kulit kue yang ringan dan halus kaya rasa dengan isian white lotus seed yang lembut. Rasa yang ditawarkan di antaranya adalah The Signature - Black Sesame with Salted Egg Yolk, The Delicious - White Lotus with Salted Egg Yolk, dan the all-time favourite termasuk Red Bean dan Red Lotus.

5. Raffles Jakarta

Foto Courtesy of Instagram @raffleshoteljakarta
Foto Courtesy of Instagram @raffleshoteljakarta

Kotak-kotak cantik berwarna pastel dan dengan elemen bunga chinoiserie telah disiapkan sebagai tempat untuk mengantar bingkisan kue bulan hasil tangan terampil Chef Anom Putra dari Raffles Jakarta. Dalam kemasan kotak berisi empat atau enam mooncake, Anda bisa memilih bermacam-macam pilihan rasa seperti Raffles Signature - Chinese Dates with Pecan Nuts dan Macadamian, Aromatic Pandan, White Lotus and Salted Egg, Red Bean Paste with Sunflowers and Pumpkin Seeds, Black Sesame, dan Green Tea.

6. Hotel Indonesia Kempinski

Foto Courtesy of Instagram @hotelindonesia_kempinski
Foto Courtesy of Instagram @hotelindonesia_kempinski

Salah satu hotel bersejarah di Indonesia yang satu ini juga tidak melewatkan momen Festival Musim Gugur nanti. Kue bulan dengan empat pilihan rasa yakni Lotus Egg Yolk, Red Bean Egg Yolk, Plain Green Tea, dan Plain Pandan dikemas dalam kotak hamper mewah yang tentunya bisa menjadi opsi terbaik sebagai hadiah bagi orang-orang terdekat kita.

Foto courtesy of Four Seasons Hotel Jakarta, JW Marriott Hotel Jakarta, Mandarin Oriental, Jakarta, Instagram: @ritzcarltonpacificplace, @raffleshoteljakarta, @hotelindonesia_kempinski