Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Gaun Pernikahan Putri Beatrice Dipamerkan di Istana Windsor

Sang putri berkunjung ke istana untuk melihat gaun pernikahannya sebelum dinikmati publik.

Gaun Pernikahan Putri Beatrice Dipamerkan di Istana Windsor

Penggemar keluarga kerajaan akan melihat gaun pernikahan Putri Beatrice lebih dekat. Gaun yang dipinjamkan kepadanya oleh sang nenek, Ratu Elizabeth II, kini telah dipamerkan di Istana Windsor. Gaun rancangan Sir Norman Hartnell yang menawan ini pertama kali dikenakan Sang Ratu pada 1960-an dan dipinjamkan kepada Putri Beatrice pada pernikahannya dengan pengembang properti, Edoardo Mapelli Mozzi.

Sentuhan vintage dalam rancangan ini terbuat dari peau de soies taffeta berwarna putih gading, dilengkapi dengan detail sulaman di bagian tubuh gaun, dan disempurnakan dengan kain satin pada bagian rok dengan warna senada. Pada hari pernikahannya, Putri Beatrice memadukan gaunnya dengan mahkota yang dikenakan Sang Ratu pada pernikahannya.

Mulai dari hari Kamis, gaun pernikahan Putri Beatrice akan dipamerkan di Ruang Makan Kenegaraan di Istana Windsor, salah satu ruangan yang dibuka untuk umum setiap tahun antara bulan September dan Maret. Ruang pameran dirancang sebagai apartemen pribadi dari George IV, kini digunakan Ratu Elizabeth untuk hiburan dari kerajaan. Sang putri juga berkunjung ke pameran gaun pernikahannya sebelum dibuka untuk publik.


Sir Norman Hartnell, seorang desainer yang banyak berjasa dalam berbagai penampilan khas sang Ratu sepanjang awal kepemimpinannya, termasuk gaun yang dikenakan dalam pernikahannya dengan Pangeran Philip pada 1947 dan gaun yang ia kenakan saat penobatannya menjadi Ratu pada 1953.

Pernikahan Putri Beatrice, secara mengejutkan, melaksanakan upacara pernikahan yang lebih sederhana dibandingkan pernikahan keluarga kerajaan lainnya. Akibat pandemi virus COVID-19, rencana pernikahan Putri Beatrice di Istana Buckingham terpaksa dibatalkan mengikuti protokol kesehatan Inggris. Putri Beatrice dan Edoardo Mapelli Mozzi melangsungkan pernikahan yang intim di Istana Windsor dihadiri sekitar 30 orang keluarga dan sahabat keduanya.

(Penulis: Bianca Betancourt; Alih Bahasa: Vanessa Masli; Artikel ini disadur dari BAZAAR US; Foto: Courtesy of BAZAAR US)