Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Tips Sikapi Culture Shock Buat Para Perantau dari Anggun

Jadikan pengalamannya menetap di negara orang sebagai cara untuk memperkaya diri.

Tips Sikapi Culture Shock Buat Para Perantau dari Anggun

“Pertama kali memutuskan pindah ke Prancis, ke Paris, mengalami culture shock enggak sih, Anggun?” tanya Dave Hendrik ketika berbincang dengan penyanyi Prancis Indonesia, Anggun dalam seri Brunch With Dave Hendrik pekan ini. Anggun telah menetap dan meniti karier sebagai musisi di Prancis sejak tahun 1996.

“Sebenarnya lebih ke thermal shock atau temperature shock,” candanya. Namun ia mengakui bahwa dirinya tidak terlalu merasakan perbedaan budaya yang signifikan setelah sebelumnya menetap di London selama satu tahun. “Kalau misalnya kita siap-siap di kepala bahwa satu tempat akan berbeda sekali, semuanya bisa kita terima dengan gampang sih sebenarnya.”

Bagi Anggun, ketika mengunjungi atau tinggal di sebuah negara, pentingnya untuk belajar menyesuaikan diri baik dari cara berkomunikasi hingga kriteria kesopanan. Namun, proses adaptasi tidak lantas mengubah siapa sosok diri yang sebenarnya, “Karena you are who you are. Kemana pun kamu pergi, kamu adalah satu produk dari orang tua, satu asahan dari bahasa dan lingkungan hidup yang selama ini kamu punya. Jadi kemana pun akan selalu kamu bawa.”


Selain itu, Anggun menambahkan, “Dimana pun kamu berada, sebisanya meng-absorb pengetahuan dari sini, mengambil ilmu dari sana. Jadi itu yang membuat kita semakin kaya, buat gue kalau kita tinggal di luar, kita traveling, itu adalah salah satu cara untuk memperkaya diri.”

Dengan pengalamannya menetap di beberapa negara seperti Kanada dan Inggris, Anggun mengaku dirinya menjadi pribadi yang multibudaya tanpa melupakan jati dirinya dan ia berharap masyarakat Indonesia dapat mencoba belajar dari banyak orang di sekitar mereka untuk memperkaya diri. “Punya teman dari semua sisi sosial, itu yang membuat elo kaya dan setelah itu, nanti pasti ada sesuatu yang bisa elo ambil dan ini akan jadi suatu kekayaan yang akan elo jaga seumur hidup,” ungkapnya.

Perbincangan Dave Hendrik dan Anggun dapat segera Anda saksikan dalam seri Brunch With Dave Hendrik di kanal YouTube Harper’s Bazaar Indonesia. Keduanya juga membahas tentang kerinduan akan tanah air serta pentingnya membangun rasa percaya diri.

Baca Juga: Anggun Melepas Kerinduan Akan Tanah Air dari Aroma Nasi!

Baca Juga: Cara Anggun Kenalkan Budaya Pada Anak: Gunakan Bahasa Ibu!

Baca Juga: Anggun: "Bedakan Antara Rasa Percaya Diri dan Angkuh"

Baca Juga: Pernah Tolak Bond's Girl, Kini Anggun Siap Dalami Seni Peran


(Penulis: Vanessa Masli; Foto: Courtesy of Instagram @bazaarindonesia)