Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara Anggun Kenalkan Budaya Pada Anak: Gunakan Bahasa Ibu!

“Jadi ada kayak komunikasi tiga arah kadang-kadang,” ungkap sang musisi.

Cara Anggun Kenalkan Budaya Pada Anak: Gunakan Bahasa Ibu!

Dengan kehidupannya dan keluarga yang bermukim di Paris serta suami kelahiran Jerman, Anggun memiliki cara tersendiri dalam memperkenalkan budaya Indonesia. Dalam perbincangan bersama Dave, perempuan 46 tahun ini membagikan caranya dalam mengajarkan budaya Indonesia kepada putri semata wayangnya, Kirana.


“Gampang sih, nggak gampang-gampang juga. Soalnya gini, kan aku ngomong sama Kirana dengan bahasa Indonesia. Di rumah kita ngomongnya pakai bahasa Inggris, karena suamiku orang Jerman,” jelas Anggun. Ia pun menceritakan bahwa terkadang putrinya juga ingin diceritakan oleh sang suami dalam bahasa Jerman.

“Jadi, ada kayak komunikasi tiga arah kadang -kadang, gue ngomong ke dia (Kirana) pakai bahasa Indonesia, dia ngomong ke suami kadang-kadang pakai bahasa Prancis dan Inggris. Suami ngomong ke gue pakai bahasa Inggris. Jadi di rumah tuh banyak banget bahasa.”

Anggun menceritakan keputusannya untuk menyekolahkan sang putri ke sekolah negeri di Prancis, “Kirana itu sekolahnya di sekolah Prancis, di sekolah negeri ya. Aku enggak masukin dia sekolah swasta karena di sini sistem sekolahnya sudah bagus sekali dan kalau sekolah swasta itu membuat dia jadi dikotak-kotakkan. Gue tuh maunya dia bergaul dengan semua orang, semua warna, semua agama, dan semua tingkat sosial. Di sini termasuk sistem edukasi yang lumayan dibanggakan kalau di Prancis.”

Selain membahas tentang sang anak, Anggun juga berbagi cerita hidupnya berkelana dari satu negara ke negara lain, serta mengungkapkan alasan mulai menerima tawaran untuk meniti karier di dunai seni peran setelah sebelumnya pernah menolak tawaran menjadi Bond Girl. Simak obrolan selengkapnya dalam seri Brunch With Dave Hendrik yang dapat segera Anda saksikan di kanal YouTube Harper’s Bazaar Indonesia.

Baca Juga: Anggun Melepas Kerinduan Akan Tanah Air dari Aroma Nasi!

Baca Juga: Tips Sikapi Culture Shock Buat Para Perantau dari Anggun

Baca Juga: Anggun: "Bedakan Antara Rasa Percaya Diri dan Angkuh"

Baca Juga: Pernah Tolak Bond's Girl, Kini Anggun Siap Dalami Seni Peran


(Penulis: Vanessa Masli; Foto: Courtesy of Instagram @bazaarindonesia and @anggun_cipta)