Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Anggun: "Bedakan Antara Rasa Percaya Diri dan Angkuh"

Anggun tekankan pentingnya memerhatikan setiap langkah hidup untuk bangun rasa percaya diri.

Anggun: "Bedakan Antara Rasa Percaya Diri dan Angkuh"

Di penghujung seri Brunch With Dave Hendrik bersama Anggun, Dave pun bertanya tentang makna percaya diri bagi penyanyi kelahiran Jakarta pada April 1974 silam. “Apa arti percaya diri untuk Anggun dan bagaimana menumbuhkannya?”

Bagi Anggun, rasa percaya diri tumbuh dari pengalaman yang dijalani, “Sebenarnya itu survival instinct sih, misalnya kamu ada suatu pekerjaan dan kamu mulai ragu, Keraguan itu sesuatu yang bagus, jangan kita merasa sombong. Ada perbedaan antara rasa percaya diri dan angkuh ya. Kepercayaan diri adalah sesuatu yang kita bina.”

Percaya terhadap diri sendiri menjadi kunci utama yang perlu dimiliki seseorang, “Kalau kamu enggak percaya dengan diri sendiri, gimana orang lain bisa percaya sama kamu. Sebenarnya itu sesuatu yang sangat manusiawi sekali karena kepercayaan diri itu sesuatu yang kita bina, dicoba dulu tapi ini datangnya dari pengalaman.”


Anggun juga menekankan pentingnya bagi setiap orang untuk selalu memperhatikan setiap langkah hidup yang dijalankan, “Setiap kali kita melakukan sesuatu enggak pernah sama, selalu ada tantangan baru, ada situasi baru dari situ kita belajar. Jadi next time dikasih pengalaman jadi teringat pengalaman yang mirip sebelumnya. Kuncinya pay attention dari semua tahap di dalam diri dan harus punya ingatan yang besar karena ini yang akan membangun jati diri dan rasa percaya diri. Semua dari pengalaman ya,” ungkap Anggun kepada Dave.

Dave dan Anggun juga berbincang tentang berbagai hal seputar Indonesia dan perubahan kultur yang menjadi bagian hidup sang legenda dalam seri Brunch With Dave Hendrik yang dapat Anda saksikan segera di kanal YouTube Harper’s Bazaar Indonesia.

Baca Juga: Anggun Melepas Kerinduan Akan Tanah Air dari Aroma Nasi!

Baca Juga: Cara Anggun Kenalkan Budaya Pada Anak: Gunakan Bahasa Ibu!

Baca Juga: Tips Sikapi Culture Shock Buat Para Perantau dari Anggun

Baca Juga: Pernah Tolak Bond's Girl, Kini Anggun Siap Dalami Seni Peran


(Penulis: Vanessa Masli; Foto: Courtesy of Instagram @bazaarindonesia dan @anggun_cipta)