Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Pameran Dior di Melbourne

Rekam jejak perjalanan rumah mode yang diprakarsai oleh Christian Dior sejak 70 tahun silam.

Pameran Dior di Melbourne

Bertempat di tengah pusat kota Melbourne, National Gallery of Victoria menjadi tuan rumah untuk selebrasi Dior Haute Couture yang memasuki usia ke-70 tahun ini. Bertajuk "The House of Dior: Seventy Years of Haute Couture", merupakan pameran Dior pertama yang diselenggarakan di luar kota Paris.  



Ekshibisi yang berlangsung sejak 27 Agustus lalu hingga 7 November mendatang, menampilkan retrospeksi berjumlah 140 busana Haute Couture rancangan Monsieur Christian Dior dan enam desainer penerusnya. 



Memasuki area ekshibisi, pengunjung akan disambut oleh visual fasat atelier pertama Christian Dior yang bertempat di 30 Avenue Montaigne, Paris. 



Rancangan Monsieur Christian Dior di awal karirnya. Salah satu ciri khasnya adalah gaya tailoring yang modern dengan penekanan pada siluet garis pinggang yang ramping. 



Rancangan Yves Saint Laurent yang pertama setelah ia ditunjuk sebagai penerus untuk menggantikan Christian Dior ketika ia berusia sangat muda. 


Ketika Yves Saint Laurent terpaksa meninggalkan rumah mode Dior untuk menjalankan tugas militer, Ia digantikan oleh Marc Bohan. Perancang yang pernah bekerja untuk desainer Jean Patou, menjadi kepala kreatif untuk Dior selama 30 tahun hingga posisinya digantikan oleh Gianfranco Ferre. 


Berikut adalah sebagian kecil dari karya salah satu desainer fenomenal John Galliano untuk Dior. Ia memberikan nafas baru melalui rancangan yang dinilai 'out of the box'  setiap musimnya. 


Namun modernisasi busana dikembalikan oleh Raf Simons pada tahun 2012. Berikut adalah versi Bar Jacket Raf Simons yang terinspirasi dari Bar Jacket ikonis karya Christian Dior di tahun 1947.


Dan kini legasinya diteruskan oleh Maria Grazia Chiuri. Ia adalah desainer wanita pertama dalam sejarah rumah mode Dior. Koleksinya menuai respon positif berkat desain Haute Couture yang feminin dan wearable untuk wanita di semua kalangan usia. 



Tidak hanya divisi busana, pameran ini turut menampilkan aksesori lansiran rumah mode Dior dari masa ke masa. Seperti topi rancangan Stephen Jones, alas kaki, dan tas tangan yang menjadi salah satu highlight kesuksesan Dior.  


(Foto: Courtesy of Dior)