Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Tips Memilih Teman Seperjalanan

Saat solo traveling sedang tak memungkinkan, menentukan mitra saat berwisata bisa jadi tak semudah membalikkan telapak tangan.

Tips Memilih Teman Seperjalanan

Simak beberapa kriteria yang mestinya ada agar Anda tetap bisa jalan-jalan dalam sebuah grup dengan nyaman dan berkesan.

1. Latar belakang yang sama
Jika Anda dan teman mempunyai minat atau background yang satu suara (misalnya teman sekampus atau sama-sama memiliki hobi mengoleksi barang antik), obrolan pun pasti bergulir terus tanpa mudah basi.

Tak hanya itu, begitu mudah bagi Anda semua untuk merencanakan itinerary perjalanan seperti pergi ke museum atau pasar tradisional yang menjual benda-benda vintage

2. Toleran
Tak ada aturan yang mengharuskan untuk pergi dengan seseorang yang berumur tak jauh dari usia Anda.

Namun jika harus pergi dengan manula atau malah anak-anak yang masih belia, pastikan Anda pun memilih kegiatan-kegiatan dan tempat hang out yang relevan selama berlibur di destinasi impian. Sebaliknya, pastikan bahwa Anda pun dapat mengkomunikasikan soal kebutuhan diri sendiri kepada mereka.

3. Kooperatif
Sebisa mungkin, berbagilah 'tugas' dengan orang yang diajak pergi bersama mulai sejak saat merencanakan keberangkatan. Saat Anda sudah memesan tiket penerbangan, yang lain bisa melakukan riset soal hotel dan transportasi selama berada di kota tujuan.

Sesampainya di sana, Anda bisa menyetir mobil sewaan dan kawan-kawan yang membaca petanya. Anda juga bisa saling meminjamkan barang guna memperingkas bawaan, contohnya kabel extension ataupun alat pengering rambut untuk dipakai bergiliran.

4. Solider
Meskipun sudah sangat berhati-hati, bukan mustahil Anda bisa mengalami musibah saat berpelesir.

Misalnya saja saat hanya Anda yang kehilangan dompet atau paspor, akan sangat melegakan bila orang yang pergi bersama Anda memiliki rasa senasib sepenanggungan dan tak angkat tangan terhadap masalah ini begitu saja.

Bantuan mereka pasti akan sangat Anda butuhkan di saat-saat genting tersebut.

 

Selamat merencanakan liburan berikut Anda!

 

(Foto: djile/Shutterstock/Click Photos)