Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Arti Mimpi Ditunjuk Sebagai Pemimpin Hingga Pasangan Selingkuh!

Menurut para ahli, mimpi bisa berarti sesuatu, atau kemungkinan alam bawah sadar Anda sedang mencoba untuk memberitahu Anda tentang sesuatu hal. 

Arti Mimpi Ditunjuk Sebagai Pemimpin Hingga Pasangan Selingkuh!

Beberapa mimpi bisa menghilang begitu saja ketika Anda terbangun. Tetapi, beberapa mimpi lainnya tetap berada di ingatan, bahkan setelah berjam-jam atau berhari-hari kemudian. Mimpi-mimpi seperti itu akhirnya membuat Anda mulai bertanya-tanya tentang apa arti mimpi yang sebenarnya tersimpan di baliknya?

Menurut analis mimpi bersertifikat, Lauri Loewenberg, sering kali, mimpi yang Anda alami hanyalah bunga tidur dan umumnya tidak memiliki banyak arti. Mimpi dapat terjadi karena suatu ingatan tentang peristiwa di hari itu masih diproses oleh otak Anda. Tapi di sisi lain, mimpi juga bisa berarti sesuatu, atau kemungkinan alam bawah sadar Anda sedang mencoba untuk memberitahu Anda tentang sesuatu hal. 

Dari arti mimpi ditunjuk sebagai pemimpin hingga arti mimpi pasangan selingkuh, inilah beberapa arti mimpi yang sering dialami banyak orang, menurut para ahli. 

1. Arti mimpi ditunjuk sebagai pemimpin

Menurut dr. William Braun, psikolog, jika Anda bukanlah seseorang yang memiliki jabatan tinggi di kehidupan nyata, arti mimpi ditunjuk sebagai pemimpin adalah sebuah bentuk kompensasi untuk mengatasi ketidakberdayaannya do dalam dunia nyata. Namun, Anda bisa menjadikan mimpi semacam ini sebagai motivasi untuk pertumbuhan pribadi dan peningkatkan kepercayaan pada kemampuan diri Anda sendiri. Serta, bersiap untuk lebih banyak tanggung jawab dan menegaskan eksistensi diri. 


2. Arti mimpi tersesat

Jika Anda bermimpi tersesat, menurut Valentina Dragomir, psikoterapis, itu bisa menunjukkan adanya kekhawatiran dan kecemasan di dalam diri Anda. Arti mimpi tersesat dapat berkaitan dengan perubahan besar baru dalam hidup. Semisal, Anda baru saja pindah ke lingkungan baru atau memulai pekerjaan baru. Perubahan besar baru dalam hidup tersebut bisa memicu munculnya mimpi semacam ini. Ini juga bisa mewakili bahwa Anda sedang merasa bingung, takut, tidak stabil, dan kehilangan arah. 


3. Arti mimpi telanjang

Arti mimpi telanjang tergantung pada emosi yang Anda rasakan dari mimpi tersebut. Apakah itu perasaan malu dan tidak berdaya? Atau justu perasaan bebas?

Jika dominan perasaan malu dan tak berdaya, menurut psikolog Manuela Schmitten, arti mimpi telanjang dapat mengarah pada perasaan insecure atau khawatir akan sesuatu dalam aspek kehidupan. “Mimpi telanjang seringkali berhubungan dengan perasaan malu, tidak percaya diri, dan perasaan rentan yang berkaitan dengan penampilan fisik,” tambah dr. William. 

Namun, jika di dalam mimpi Anda tidak merasa malu untuk tampil telanjang di depan umum, Manuela mengatakan bahwa, “Arti mimpi telanjang dapat dikaitkan dengan perasaan kelegaan dalam artian positif .” Itu juga terkait dengan perasaan ingin dilihat, diakui, dikagumi," tambah dr. William. 


4. Arti mimpi berhubungan badan

Terbangun dari mimpi berhubungan badan, baik itu dengan orang yang Anda kenal, tidak kenal, mantan, atau bahkan selebriti, bisa terasa sangat membingungkan dan juga menakutkan. Mimpi seperti ini tidak berarti bahwa Anda benar-benar ingin berhubungan badan dengan orang itu. 

Secara umum, bermimpi seperti ini bisa berarti bahwa Anda tertarik pada salah satu kualitas yang dimiliki orang dalam mimpi itu, bisa kualitas emosionalnya atau fisiknya. 

Namun, Lauri mengatakan bahwa, secara khusus, arti mimpi berhubungan badan dengan mantan bisa berarti bahwa masih merindukannya dan kesedihan tentang kepergiaan mantan masih belum terselesaikan. “Berhubungan badan dengan mantan dalam mimpi sebenarnya bisa menjadi tanda bahwa Anda perlu berdamai dengan masa lalu dan move on,” tambah Lauri. 

“Mimpi semacam ini juga bisa muncul ketika Anda mungkin teringat kembali dengan mantan,” kata Rhonda Milrad, LCSW, seorang psikolog dan seksolog klinis bersertifikat. Mungkin Anda tidak sengaja teringat tanggal penting dalam hubungan yang lalu. Atau Anda mungkin tidak sengaja melihat teman menandai fotonya di Instagram. 

Sementara itu, jika Anda bermimpi berhubungan badan dengan selebriti atau orang terkenal itu karena mungkin ada kualitas dalam diri sang bintang yang Anda inginkan, menurut Lauri. Rhonda menambahkan, paling sering arti mimpi berhubungan badan dengan selebriti mencerminkan keinginan Anda untuk merasa istimewa dan mendapat perhatian.


5. Arti mimpi berciuman

Mimpi berciuman sering kali memiliki arti yang positif.

Lauri mengatakan bahwa, arti mimpi berciuman bisa menandakan bahwa Anda memiliki perasaan yang kuat untuk orang tersebut dan menginginkan kualitas diri yang dimiliki orang dalam mimpi tersebut. Secara spesifik, Lauri menambahkan jika Anda bermimpi mencium mantan, itu bisa berarti bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk menjauh dari sesuatu yang tidak baik untuk Anda. 


6. Arti mimpi pasangan selingkuh 

Jika Anda terbangun dari mimpi seperti ini, jangan langsung mengartikan kalau pasangan Anda benar-benar berselingkuh. Pasalnya, mimpi pasangan selingkuh bisa terjadi berdasarkan kecemasan dari pengalaman yang sama di masa lalu. Menurut Aimee Barr, psikoterapis, jika sebelumnya Anda pernah menjadi korban perselingkuhan, sangat wajar jika Anda bermimpi tentang perselingkuhan itu terjadi lagi.

“Dan, arti mimpi pasangan selingkuh itu bisa menandakan bahwa Anda memiilki rasa ketidakpercayaan yang cukup tinggi kepada pasangan,” tambah Michael Ceely, seorang terapis pernikahan dan keluarga. 

Selain itu, “bermimpi pasangan selingkuh juga bisa bentuk kekhawatiran Anda jika pasangan akan meninggalkan Anda untuk orang lain,” ujar Alex Ribbentrop, psikoterapis.


7. Arti mimpi Anda berselingkuh dari pasangan

Mimpi berselingkuh dari pasangan tidak selalu berarti Anda ingin benar-benar berselingkuh.

Tapi secara umum, menurut Eliza Boquin, psikoterapis berlisensi dan terapis seks, "Arti mimpi Anda berselingkuh dari pasangan sering kali mewakili adanya keraguan tentang kesetian, ketidakamanan dalam hubungan, dan mungkin merasa ada sesuatu yang hilang.”

“Namun penting juga untuk melihat bagaimana perasaan Anda tentang mimpi tersebut,” kata Dr. Fran Walfish, seorang psikoterapis keluarga dan hubungan. "Misalnya, Anda mungkin merasakan euforia dan kebebasan. Mungkinkah selama ini Anda merasa terkekang dalam hubungan dan menginginkan lebih banyak kebebasan?,” tambahnya. 


8. Arti mimpi hamil

Mimpi hamil sebenarnya adalah salah satu mimpi yang cukup umum dialami banyak orang. Lauri menegaskan bila mimpi seperti ini membawa arti yang positif.

“Jika Anda sedang tidak berusaha untuk memiliki anak atau pun belum menikah, dan Anda mendapati diri tengah hamil di dalam mimpi, artinya ada sesuatu yang sedang tumbuh dan berkembang dalam diri Anda,” jelas Lauri.

Dengan kata lain, arti mimpi hamil bisa mewakili sebuah kehidupan baru bagi Anda. Itu bisa berupa pekerjaan baru, menjalin hubungan baru, atau apa yang sedang Anda kerjakan membuahkan hasil dan memberikan kehidupan baru bagi Anda. 


9. Arti mimpi terjatuh

Dr. William mengungkapkan bahwa, bermimpi terjatuh bisa dikaitkan dengan perasaan yang tidak terkendali, tidak berdaya, atau tengah kewalahan.

“Arti mimpi terjatuh juga menunjukkan adanya ketakutan dan kecemasan yang muncul karena kehilangan kendali atas hal-hal penting,” kata Dr. Nereida Gonzalez-Berrios, M.D, psikiater bersertifikat. Selain itu, mimpi ini juga berhubungan dengan diri Anda yang merasa kurang mendapat dukungan dan tidak percaya diri.


10. Arti mimpi gigi tanggal 

“Arti mimpi gigi tanggal bisa mewakili perasaan tidak berdaya dan rentan dalam hidup Anda,” ujar Gonzalez-Berrios.

Mimpi tentang gigi tanggal bisa terbentuk sebagai akibat kecemasan, ketidakbahagiaan, kegelisahan, dan ketidakpastian, yang terpendam dalam diri Anda sendiri. Mimpi ini tergolong sangat umum, dan seorang psikiater terkenal, Carl Jung, percaya bahwa bermimpi tentang gigi tanggal juga bisa melambangkan kelahiran kembali atau transformasi.


11. Arti mimpi dikejar

Bermimpi sedang dikejar termasuk tema mimpi yang paling umum. Arti mimpi dikejar tergantung pada siapa yang mengejar Anda. Umumnya, orang-orang bermimpi sedang dikejar oleh monster. “Monster merupakan bentuk manifestasi dari rasa tidak percaya diri, kecanduan, atau hutang,” ujar dr. William. 

Sementara itu, menurut Leslie Ellis, Ph.D., terapis dan pakar mimpi, jika Anda bermimpi dikejar oleh seseorang tidak dikenal, bisa berarti Anda sedang merasa terancam tetapi tidak benar-benar mengetahui atau memahami sumber ancaman tersebut. Ini bisa menjadi cerminan kecemasan dalam kehidupan nyata yang sering kali muncul tanpa alasan.

Jika Anda bermimpi sedang dikejar oleh binatang, “itu bisa berarti bahwa Anda mungkin sedang bersembunyi dari kemarahan, nafsu, dan perasaan Anda sendiri,” kata Leslie. "Atau Anda bisa mempertimbangkan sifat spesifik dari hewan yang ada dalam mimpi Anda dan apa yang membuat Anda takut,” jelasnya. Misalnya, jika Anda bermimpi dikejar seekor beruang, itu bisa mengindikasikan bahwa ada sesuatu yang besar yang membuat Anda merasa tertekan akhir-akhir ini.


12. Arti mimpi datang terlambat menghadiri acara yang sangat penting

Lauri berpendapat bahwa bermimpi seperti ini bisa terjadi karena Anda mungkin sedang berurusan dengan timeline dan sedang berada dalam tuntutan di kehidupan nyata. Mendapati diri Anda datang terlambat menghadiri acara yang sangat penting dalam mimpi barangkali karena Anda ingin mencapai suatu target di waktu yang sudah ditentukan. 


13. Arti mimpi orang tua meninggal

Mimpi orang tua meninggal tentunya bukanlah mimpi terbaik untuk dimiliki.

Arti mimpi orang tua meninggal tidak selalu menjadi pertanda kematian yang sebenarnya. Melihat orang tua meninggal dalam mimpi mungkin saja merupakan manifestasi dari kecemasan dan ketakutan Anda sendiri di kehidupan nyata akan kematian orang tua, yang akhirnya memicu munculnya mimpi seperti ini. Tetapi, arti mimpi orang tua meninggal bisa mengisyaratkan kesedihan, penyesalan, ketakutan, dan kecemasan mendalam. 


14. Arti mimpi kerabat yang telah meninggal dunia 

Dalam mimpi, Anda melihat diri Anda bersama dengan kerabat yang Anda kenal, yang telah meninggal dunia.

Tentunya, mendapatkan mimpi seperti ini bisa sangat mengejutkan. “Arti mimpi kerabat yang telah meninggal dunia bisa mengisyaratkan kerinduan dan keinginan Anda untuk membawa mereka hidup kembali,” tutur dr. William.


15. Arti mimpi sedang mengikuti ujian

Satu lagi, bermimpi sedang mengikuti ujian adalah mimpi yang cukup umum. Menurut Craig Hamilton-Parker, penafsir mimpi, arti mimpi sedang mengikuti ujian bisa mewakili ketakutan akan kegagalan. "Ujian dalam mimpi adalah refleksi dari tantangan yang mungkin sedang Anda hadapi di dunia nyata,” tambah Lauri. 

Mimpi seperti ini kerap muncul ketika Anda merasa diuji dan harus menunjukkan kualitas diri, baik ketika Anda sedang berusaha untuk mendapatkan klien baru, akan menghadapi evaluasi, atau sedang dalam upaya untuk mendapatkan promosi.

(Teaser photo by Jill Burrow on Pexels)