Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Kim Seo Ryong Berkolaborasi Dengan Iwan Tirta

Desainer busana pria Kim Seo Ryong memilih Batik Iwan Tirta untuk koleksi terbarunya.

Kim Seo Ryong Berkolaborasi Dengan Iwan Tirta

Desainer asal Korea Selatan, Kim Seo Ryong, mengolah Batik Iwan Tirta dan menginfusikannya ke dalam koleksi terbarunya.

Kolaborasi ini difasilitasi oleh KBRI Seoul dalam rangka mempertemukan Iwan Tirta Private Collection dengan desainer Kim Seo Ryong, yang mana koleksi ini akan mencerminkan betapa Batik tak hanya berperan sebagai warisan budaya bangsa tetapi juga sebagai wearable arts dan produk kreativitas yang tentunya disambut hangat oleh masyarakat Korea Selatan. Hal tersebut, ditekankan oleh Gandi Sulistiyanto, Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea yang turut menyatakan kolaborasi ini sebagai awal dari Festival Indonesia 2022 untuk mempromosikan sektor ekonomi kreatif dan budaya Tanah Air di Negeri Gingseng.

itpc

itpc

Pada kolaborasi antara label batik maestro Indonesia Iwan Tirta Private Collection (ITPC) dengan Kim Seo Ryong, keduanya memiliki perspektif untuk melakukan redefinisi busana pria modern melalui keindahan Batik. Bertepatan dengan sosok Kim Seo Ryong yang awalnya merupakan seorang pelukis, ia pun turut menaruh apresiasi tinggi terhadap Batik terutama batik tulis yang dikerjakan dengan tangan.

Menurutnya, mengolah kain Batik adalah sebuah tantangan dikarenakan ukuran kain yang kadang terbatas serta memiliki motif sakral di mana peletakkan motif harus sesuai dengan pakem dan tidak bisa dalam posisi yang terbalik atau salah.

iptc

ITPC

Kim Seo Ryong yang popularitasnya sudah tak asing lagi di kalangan selebriti Korea Selatan seperti Lee Min Ho dan lainnya, lantas berhasil menerima tantangan ini dengan penuh hormat. Ia pun kemudian mengaplikasikan motif-motif Batik Iwan Tirta Private Collection ke atas potongan bomber jacket, flare pants, jas, hingga mantel panjang seluruhnya dalam proporsi kontemporer modern untuk pria masa kini dan tak lekang oleh waktu. Palet warna terang dipilihnya sebagai penyempurna potongan dekonstruktif dan arsitektural di koleksi miliknya. Setiap motif yang memiliki pakem tersendiri tak lepas dari esensinya dengan ia kemas dalam wujud busana effortless yang subtil lewat potongan tailored yang kokoh.

Temukan koleksi Kim Seo Ryong yang menggunakan kain Batik Iwan Tirta secara eksklusif di butiknya yang berlokasi di kawasan Gangnam, mulai bulan Agustus 2022 atau lihat koleksinya di www.kimseoryong.com dan akun Instagram @kimseoryong_official.

(Foto: Courtesy of Iwan Tirta Private Collection & Kim Seo Ryong)