Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ini Arti 'Sisterhood' Sebenarnya, Dan 5 Alasan Mengapa Itu Penting!

Sisterhood berarti saling menerima, menghormati, mendukung satu sama lain.

Ini Arti 'Sisterhood' Sebenarnya, Dan 5 Alasan Mengapa Itu Penting!

Dewasa ini, frasa “sisterhood” telah menjadi sangat umum digunakan di banyak kalangan, mulai dari kalangan bisnis, kelompok komunitas, perkumpulan mahasiswi, dan sejenisnya.

Tetapi, mungkin ini pertama kalinya Anda mendengar mengenai istilah sisterhood setelah seorang teman mengatakan bahwa “kita adalah sistehood”, kemudian bertanya-tanya apa sebenarnya arti sisterhood? 

Sisterhood artinya adalah sebuah ikatan persaudaraan wanita yang terlibat dalam komunitas kuat dan terikat bersama oleh pengalaman dan minat yang sama. Itu berarti saling menerima, menghormati, mendukung, selalu berkata jujur, saling menyayangi, dan menginspirasi satu sama lain. Sisterhood memiliki sebutan lainnya, seperti sister-friend atau sister-squad. 

Lalu, mengapa memiliki ikatan persaudaraan wanita atau sisterhood itu penting? Ini beberapa alasannya, antara lain:

1. Sisterhood menciptakan kebersamaan dan rasa saling memiliki

Sisterhood dapat menciptakan kebersamaan, hubungan yang kuat, dan memberikan rasa saling memiliki. Ini memberikan ruang aman dan nyaman untuk berbagai pikiran dan perasaan. 

Menurut Mahzad Hojjat, PhD, seorang profesor psikologi di University of Massachusetts, berada dalam satu kelompok tertentu bisa memberikan rasa saling memiliki yang dapat melengkapi kebutuhan emosional dasar penting. Bahkan, menurut sebuah riset dalam jurnal Psychiatry, terpenuhinya kebutuhan emosional dasar ini dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri dan perasaan diterima, yang bisa mencegah berkembangnya gejala depresi, stres kronis, putus asa, dan anxiety. 

Hal yang serupa juga diungkapkan oleh asisten profesor klinis psikiatri di Columbia University Irving Medical Center, Kelli Harding, MD., “menerima dukungan positif dari para sisters dapat meredakan emosi negatif, perasaan cemas, dan stres.”

2. Sisterhood bisa menginspirasi dan memberdayakan

Memiliki sisterhood dapat membantu Anda menjadi yang terbaik dengan mendorong Anda untuk selalu bertumbuh dan berkembang dalam semua aspek kehidupan. Sisterhood dapat membantu mendorong satu sama lain untuk meraih pencapaian terbaik. Prestasi, tidak peduli seberapa besar atau kecil, dapat membantu menginspirasi secara kolektif, dan dengan dukungan dari kelompok yang kuat itu dapat membantu membangun kepercayaan diri untuk meraih pencapaian terbaik bersama. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2015 dalam jurnal PLoS One, membuktikan bahwa menjadi bagian dari kelompok tertentu dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri karena dukungan, semangat, dan energi positif  yang akan diberikan oleh sesama anggota kelompok.

3. Sisterhood dalam memperkuat kesejahteraan secara keseluruhan

Berkat dukungan dari sesama sisters itu dapat membantu kesejahteraan secara keseluruhan. Hal itu dibuktikan pada satu penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari UCLA telah menunjukan bahwa koneksi, persahabatan, dan rasa persaudaran cenderung mampu meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan.

Studi lain dalam jurnal Social Science & Medicine, menunjukkan bahwa jumlah teman yang dimiliki seorang wanita dikaitkan dengan gangguan kesehatan yang mungkin terjadi di kemudian hari, serta berdampak pada kualitas hidup. Jadi, memiliki sisterhood yang kuat dapat membantu meningkatkan kualitas hidup seorang wanita melalui ikatan emosional yang kuat yang terbentuk.

4. Sisterhood memberikan kasih sayang tidak bersyarat dan bertahan selamanya

Sisterhood menyiratkan bahwa ikatan persaudaraan dan rasa saling menyanyangi bersifat selamanya dan tanpa syarat. Itu artinya, para sisters tidak hanya ada untuk merayakan saat-saat bahagia tetapi juga mendukung dan menghibur selama masa-masa sulit. Dengan kata lain, sisters akan selalu ada untuk Anda. 

Satu penelitian kecil tahun 2015 dalam Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, menemukan bahwa wanita yang mengalami kasus kelahiran mati (stillbirth) dapat melewati masa sulit karena dukungan dari para sahabat (rasa saudara) wanitanya. Memiliki orang-orang dalam hidup yang bisa diandalkan adalah salah satu hal yang penting untuk melewati masa-masa sulit dan traumatis. 

5. Sisterhood bisa meningkatkan kebahagiaan

Sudah pasti, memiliki sahabat-sahabat yang sudah seperti sisters bisa meningkatkan perasaan bahagia. Faktanya, penelitian dalam jurnal PLos One, menunjukan bahwa memiliki kelompok persaudaraan kuat dapat meningkatkan perasaan bahagia. 

(Teaser: Photo by Cottonbro on Pexels)