Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Kolaborasi 4 Chef Michelin Star di The Apurva Kempinski Bali

Pengalaman kuliner ini dihadirkan dalam rangkaian A Celebration of the Culinary Arts.

Kolaborasi 4 Chef Michelin Star di The Apurva Kempinski Bali
Suasana di dalam Koral Restaurant yang merupakan salah satu restoran akuarium pertama di Bali

The Apurva Kempinski Bali baru-baru ini mengundang empat chef bintang Michelin untuk melakukan kolaborasi menarik bertajuk A Celebration of the Culinary Arts.

Selama satu bulan mulai 14 Juli hingga 14 Agustus 2022, Chef Eric Cocollos selaku direktur kuliner The Apurva Kempinski Bali dan Meilleur Ouvrier de France Chef Jean-Yves Leuranguer menggandeng juru masak kelas dunia yakni Chef Olivier Elzer, Chef Damien Piscioneri, Chef Marc Lahoreau, dan Chef Gaëtan Fiard.

Harper's Bazaar Indonesia - The Apurva Kempinski Bali
Chef Eric Cocollos, Chef Olivier Elzer, Chef Damien Piscioneri, Chef Andrea Astone, Meilleur Ouvrier de France Chef Jean-Yves Leuranguer

Rangkaian selebrasi bulan ini terdiri dari French Bastille Day Koral Restaurant (14 Juli), Izakaya by Oku's Special Omakase (20 Juli), A Laid Back Afternoon Tea di Selasar Deli (22-23 Juli), dan Chef's Collaboration Brunchcation (17 dan 24 Juli 2022).

Dalam kesempatan ini, Bazaar menghadiri French Bastille Day yang berlokasi di salah satu restoran akuarium pertama di Bali yakni Koral Restaurant. Pengalaman yang ditawarkan restorannya terbilang unik dengan konsep bistronomic. Kita dapat menikmati hidangan dengan pemandangan beragam ikan berlatar belakang akuarium berpadu dengan latar musik bertema akuatik.

Harper's Bazaar Indonesia - The Apurva Kempinski Bali
Suasana Brunchcation di The Apurva Kempinski Bali

Harper's Bazaar Indonesia - The Apurva Kempinski Bali
Suasana di dalam Koral Restaurant yang merupakan salah satu restoran akuarium pertama di Bali

Bazaar mencicipi lima set menu hasil kolaborasi dari guest chef yang pernah dinobatkan sebagai salah satu dari 22 koki muda terbaik di Prancis oleh pemandu Gault Millau pada tahun 2007 yakni Chef Olivier Elzer. Ia adalah seorang profesional berpengalaman yang bekerja di restoran Michelin bintang dua dan tiga. Chef Olivier Elzer juga dianugerahi Michelin bintang dua di L'Envol Hong Kong. Chef kelahiran Jerman ini mendirikan perusahaan Olivier Colony Limited dan ikut andil dalam pembentukan laboratorium O'chef. Ia juga memiliki restoran Prancis modern bernama Clarence yang menyajikan perpaduan teknik Prancis dan metode memasak Asia, termasuk konsep "Yakifrenchy" yang dipatenkannya. Ia akan bekerja sama dan menunjukkan keterampilannya di dapur bersama dengan Chef Damien Piscioneri. Wine pilihan turut dihadirkan untuk menemani santap hidangan. Salah satu menu signature-nya adalah Le Caviar yg merupakan perpaduan scallop dengan haddock emulsion dan seaweed butter kenyal dengan Caviar press toast.

Kombinasi keduanya menghasilkan rasa kenyal dan gurih yang berkesan.

Harper's Bazaar Indonesia - The Apurva Kempinski Bali
Chef Damien Piscioneri dan Chef Olivier Elzer

Selanjutnya adalah hidangan kreasi Chef Andrea Astone sang Executive Sous Chef of Koral Restaurant. Bersama Chef Olivier Elzer, ia menciptakan Le Homard À La Nage yang terbuat dari lobster dicampur dengan flavored citrus, menghasilkan rasa asam namun segar di mulut. Hidangan ketiga adalah Le Turbot D’Atlantique kreasi Chef Olivier Elzer dan Chef Eric Cocollos. Ini merupakan campuran ikan turbot yang dimasak dengan saus champagne serta diberi irisan Australian truffle di atasnya yang membuat aromanya semakin menggugah selera. Menu keempat terdiri dari olahan daging sapi yang diberi susu, disiram dengan sauce bercy, lalu dihidangkan dengan olahan kentang dan sayuran yang disebut Le Veau Sous La Mère hasil kolaborasi M.O.F Chef Jean-Yves Leuranguer dengan Chef Olivier Elzer.

Harper's Bazaar Indonesia - The Apurva Kempinski Bali
Calisson De Provence salah satu hidangan dessert hasil kolaborasi dari Chef Damien Piscioneri

Acara makan malam ditutup dengan hidangan manis dari Chef Damien Piscioneri, seorang pastry chef ternama dengan pengalaman pastry dan kompetisi artistik selama lebih dari 25 tahun. Chef Piscioneri telah memimpin Café Pouchkine yang terkenal di Moskow dan Paris serta berkarier di Caesars Palace di Las Vegas sebagai Executive Pastry Chef. Ia telah berpengalaman bekerja di restoran bintang dua dan tiga Michelin seperti Pierre Gagnaire, La Rotonde, dan L'Oasis.

Chef Piscioneri juga dikenal sebagai pemilik grup Damiano yang dibuka pertama kali pada akhir 2019 di jantung distrik Montparnasse. Di kesempatan ini ia berkolaborasi dengan Chef Gusde menciptakan Calisson De Provence dan Valrhona Guanaja Chocolate. Semua hidangan tersebut hanya tersedia saat acara berlangsung, namun Anda dapat menikmati menu autentik lainnya yang ditawarkan oleh Koral Restaurant.

Harper's Bazaar Indonesia - The Apurva Kempinski Bali
Chef Gaëtan Fiard dan Chef Marc Lahoreau

Rangkaian acara masih berlanjut hingga Agustus. Chef Marc Lahoreau yang saat ini adalah Co-Executive Chef and Trainer di Paul Bocuse Institute akan mengambil alih bersama Chef Gaëtan Fiard dalam serangkaian acara yakni French Fine Dining di Koral Restaurant (11 Agustus), Selasar Deli’s Exquisite Afternoon Tea (5-6 dan 12-13 Agustus), dan Chef's Collaboration Brunchcation (7 dan 14 Agustus). Chef Gaëtan Fiard sendiri merupakan sosok terpandang di dunia pastry dan memiliki prestasi mengesankan termasuk di dalamnya adalah Penghargaan Junior Khusus di European Sugar Art Trophy di Sirha. Keempat chef tersebut pernah dibimbing oleh Chef Jean-Yves Leuranguer dan acara ini sekaligus menjadi ajang reuni bagi mereka.

Harper's Bazaar Indonesia - The Apurva Kempinski Bali
Meilleur Ouvrier de France Chef Jean-Yves Leuranguer dan Chef Eric Cocollos

“Ini adalah kolaborasi yang benar-benar istimewa bagi kami,” ungkap Culinary Director Chef, Eric Cocollos. “Ini merupakan sebuah kesempatan langka untuk menyatukan begitu banyak chef dengan latar belakang Michelin di satu tempat. Kami telah menyiapkan sebuah pengalaman kuliner yang begitu unik dan kami berharap semua tamu dapat menikmatinya sama seperti kami senang membuatnya."

(Foto: Courtesy of The Apurva Kempinski Bali)